ASPEK HUKUM

KEBIDANAN

KEBIDANAN
ILMU PENGETAHUAN YANG TERKAIT DENGAN PELAYANAN KEBIDANAN YANG MULTI DISIPLIN, ANTARA LAIN ILMU KEDOKTERAN, KESEHATAN MASYARAKAT, SOSIAL, BUDAYA, PERILAKU, MANAJEMEN

BIDAN PEKERJAAN BIDAN ADALAH PEKERJAAN YANG DIGOLONGKAN KEPADA PROFESI YAKNI PEKERJAAN YANG DILAKUKAN BERDASARKAN ILMU PENGETAHUAN FORMAL TERTENTU. BAIK UNTUK MENCARI NAFKAH MAU PUN BUKAN UNTUK MENCARI NAFKAH .

JUGA MEMPUNYAI ASPEK SOSIAL DAN ASPEK HUKUM PROFESI BIDAN DAPAT MANDIRI DAPAT PULA MEMPUNYAI HUBUNGAN KETENAGAKERJAAN (HUB BURUH DAN MAJIKAN) .PROFESI BIDAN SELAIN MEMPUNYAI ASPEK KEBIDANAN.

KETERTIBAN DSB) . ETIKA.HUKUM HUKUM ADALAH KUMPULAN PERATURAN HUKUM HUKUM ADA YANG TERTULIS DAN HUKUM TIDAK TERTULIS (ADAT/ KEBIASAAN) ADA HUKUM DAN NON HUKUM (MORAL. KESUSILAAN.

TIDAK ADA HAK .HUKUM DAN NON HUKUM HUKUM MENGATUR YANG BOLEH DAN TIDAK BOLEH NON HUKUM MENGATUR YANG BAIK DAN TIDAK BAIK HUKUM SELALU BERISI HAK DAN KEWAJIBAN TIMBAL BALIK NON HUKUM HANYA BERISI KEWAJIBAN SAJA.

JASA PELAYANAN. HUB KETENAGAKERJAAN. SEWA MENYEWA.HUBUNGAN HUKUM DI BIDANG HUKUM KELUARGA (SEDARAH: SUAMI – ISTRI. AYAH – ANAK DSB. PINJAM MEMINJAM. PERIPARAN /SEMENADA) DI BIDANG HUKUM HARTA KEKAYAAN (JUAL BELI. DSB) .

STANDAR PROFESI BIDAN KEWENANGAN (SIPB) KEMAMPUAN RATA-RATA KETELITIAN YANG UMUM .

KEWENANGAN (AUTHORITY) KEWENANGAN ADALAH KEKUASAAN YANG DISAHKAN KEKUASAAN (POWER) ADALAH KEMAMPUAN SESEORANG MEMPENGARUHI PIHAK LAIN DALAM BIDANG ILMU PENGETAHUAN KEKUASAAN DISEBUT SEBAGAI KOMPETENSI .

YAKNI DEPKES CQ DINKES .KEWENANGAN BIDAN DALAM MELAKUKAN PRAKTIK KEBIDANAN. BIDAN HARUS MEMPUNYAI SURAT IJIN PRAKTIK BIDAN YANG DIKELUARKAN OLEH INSTITUSI YANG BERWENANG (BERHAK) MEMBERIKAN.

KEMAMPUAN RATA-RATA KEMAMPUAN SEORANG BIDAN DIUKUR DENGAN KEMAMPUAN TEMAN SEJAWAT DENGAN KATEGORI YANG SAMA. KONDISI DAN SITUASI YANG SAMA BUKAN UKURAN TERTINGGI TETAPI RATA-RATA (AVERAGE) .

KETELITIAN YANG UMUM KETELITIAN SEORANG BIDAN DIUKUR DENGAN TEMAN SEJAWAT SECARA UMUM DENGAN KATEGORI. SITUASI DAN KONDISI YANG SAMA BUKAN UKURAN TERTINGGI. NAMUN YANG UMUM SAJA .

MALPRAKTIK KETIDAKMAMPUAN. DALAM ARTI TIDAK CERMAT /SEKSAMA ATAU LALAI (NEGLIGENT) . DALAM ARTI TIDAK MEMPUNYAI KEMAMPUAN YANG MMAMADAI (LACK OF SKILL) KETIDAKTELITIAN.

TANMGGUNGJAWAB HUKUM (LIABILITY) TANGGUNGJAWAB HUKUM TIMBUL APABILA ADA: 1. DAN 3. KESALAHAN/KELALAIAN. 2. KERUGIAN. HUBUNGAN SEBAB AKIBAT ANTARA KESALAHAN/ KELALAIAN DENGAN KERUGIAN .

MEMALSUKAN DATA) KELALAIAN (NEGLIGENCE) ADALAH KEKURANG-HATIHATIAN (TIDAK CERMAT – TIDAK SEKSAMA) .KESALAHAN/KELALAIAN KESALAHAN ADA UNSUR KESENGAJAAN (ABORTUS PROVOKATUS.

KERUGIAN KERUGIAN MATERIL DAN IMATERIAL KERUGIAN IMATERIAL DAPAT BERUPA KERUGIAN PSIKIS (RASA TAKUT) DAN FISIK (CACAT S/D KEMATIAN) SEMUA KERUGIAN ITU HARUS DIKONVERSI DENGAN UANG .

HUBUNGAN SEBAB AKIBAT KESALAHAN/KELALAIAN MENYEBABKAN KERUGIAN KESALAHAN/KELALAIAN TANPA KERUGIAN. ATAU KERUGIAN TANPA KESALAHAN/KELALAIAN. MAKA TIDAK DAPAT DIGUGAT GANTI RUGI .

DAPAT TERJADI PADA SIAPA SAJA.RESIKO SESUATU YANG TIDAK DAPAT DIHINDARI. KAPAN SAJA DAN DI MANA SAJA TERTERA DI DALAM KEPUSTAKAAN TEMAN SEJAWAT DAN STANDAR PROFESI YANG MENJADI UKURAN .

DIBUKTIKAN BIDAN TELAH BEKERJA SESUAI DENGAN STANDAR PROFESI. SEHARUSNYA TIDAK DAPAT DIMINTAKAN TANGGUNGJAWAB HUKUM (TIDAK DAPAT DIGUGAT GANTIRUGI) .TANGGUNGJAWAB HUKUM RESIKO APABILA TERJADI RESIKO.

TANGGUNGJAWAB MAJIKAN (VICARIUS LIABILITY) BIDAN YANG BEKERJA DI RUMAH SAKIT SEBAGAI BURUH. MAKA APABILA ADA KESALAHAN/KELALAIAN YANG DILAKUKAN OLEH BIDAN. MAKA RUMMAH SAKIT DAPAT DIGUGAT GANTIRUGI ANTARA MAJIKAN NDAN BURUH TERGANTUNG ISI PERJANJIANNYA .

SEKIAN DAN TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful