REFERAT STENOSIS MITRAL

Oleh: Ahmad Suheil Pulungan, S.Ked Pembimbing : dr.Haryadi Sp.Rad

(0818011046)

Latar belakang
 Mitral stenosis merupakan kelainan katup yang

utama, awalnya terjadi pada orang dewasa yang merupakan kelanjutan dari penyakit jantung rematik yang didapat pada masa anak-anak.  Stenosis mitral merupakan penyebab utama terjadinya gagal jantung kongestif di negaranegara berkembang

 penelitian yang dilakukan diberbagai tempat di

Indonesia, penyakit jantung valvular menduduki urutan ke-2 setelah penyakit jantung koroner dari seluruh jenis penyebab penyakit jantung.  etiologi penyakit jantung di poliklinik Rumah Sakit Mohammad Hoesin Palembang selama 5 tahun (1990-1994) didapatkan angka 13,94% dengan penyakit katup jantung.

ANATOMI .

DEFINISI  Stenosis Mitral adalah gangguan katup mitral jantung yang memisahkan ruang atas dan bawah di sisi kiri jantung. berupa penyempitan lubang dan mengakibatkan meningkatnya aliran tahanan darah dari atrium kiri ke ventrikel kiri .

INSIDEN DAN EPIDEMIOLOGI  masih cukup tinggi insidensinya. penyakit jantung valvular ini menduduki urutan ke-2 atau ke-3 sesudah penyakit jantung koroner dari seluruh jenis penyebab penyakit jantung. namun insiden mulai berkurang. terutama di negara-negara yang sedang berkembang.  penelitian di berbagai tempat di Indonesia. .

 insiden lebih tinggi di kota yang miskin  Demam reumatik merupakan sekuele faringitis akibat streptokokus B-hemolitikus grup A.  Kemajuan dari penyakit mitral stenosis sangat cepat pada daerah tropis dan subtropics .

Fabry disease. rheumatoid arthritis (RA).  Miksoma . obat fenfluramin/phentermin. kalsifikasi annulus katup akibat proses degeneratif.ETIOLOGI  demam rematik  stenosis mitral kongenital  systemic lupus eritematosus (SLE). Wipple’s disease.

Untuk mengisi ventrikel dengan adekuat dan mempertahankan curah jantung.  Peningkatan tekanan dan volume atrium kiri dipantulkan ke belakang ke dalam pembuluh darah paru. . atrium kiri harus menghasilkan tekanan yang lebih besar untuk mendorong darah melampaui katup yang menyempit.FATOFISOLOGI  Stenosis mitralis menghalangi aliran darah dari atrium kiri ke ventrikel kiri selama fase diastolik ventrikel.

5 cm2 5-10 mmHg Berat <80 msec <1 cm2 >10 mmHg . Derajat stenosis A2-OS interval Area Gradien Ringan >110 msec >1.5 cm2 <5 mmHg Sedang 80-110 msec >1 cm2-1. tekanan arteria pulmonalis harus meningkat akibat peningkatan kronis resistensi vena pulmonalis.

DIAGNOSIS  GAMBARAN KLINIS  Mild mitral stenosis umumnya tidak menyebabkan      gejala Dispnea Ortopnea (PND) Hemoptisis Palpitasi Nyeri dada .

PEMERIKSAAN FISIK  bising mid diastolik yang bersifat kasar.  bunyi tambahan opening snap  Elektrokardiogram  gelombang P melebar dan bertakik (paling jelas pada sadapan II) dikenal sebagai “P” mitral). .bising menggenderang(rumble). bunyi jantung satu yang mengeras.

.  pembesaran atrium kiri dan penurunan ukuran lubang pada katup mitral saat diastole.  berfungsi untuk melihat tingkat keparahan stenosis mitral.Gambaran Radiologis  Echocardiography  penebalan pada puncak katup mitral.

.

CT Scan .

pembesaran atrium kiri (LA) kalsifikasi di katup mitral .

.MRI  Jika ekokardiografi tidak cukup atau tidak     konsisten. luas dari atrium dan perbandingan pembesaran dari atrium kiri dengan ukuran normal ventrikel kiri. Gambaran yang didapatkan : penebalan dan bulging pada katup mitral. menentukan tingkat keparahan stenosis mitral berdasarkan abnormal flow jet pada saat diastole.

Gambaran MRI pada stenosis mitral .

Pendorongan oesophagus ke dorsal  4. Pendorongan oesophagus ke lateral kanan ( jarang ke kiri)  5. Contour yang ganda  6. Aorta thorakalis descendens yang menjauhi vertebra. Auricle kiri yang menonjol  2. Main bronchus kiri yang terangkat  3. .X-ray  Pembesaran dari atrium kiri :  1.

terutama pada lobus bagian atas. Arteri polmunal yang dekat hilus membesar. 2. Penyempitan arteri polmunal pada bagian lobus bawah . KERLEY-B LINES (S)  vaskular paru supra hilar kanan/kiri bertambah     memberikan gambaran kranialisasi Hipertensi polmunal : 1. 3. Penonjolan pada segmen arteri polmunal.

 Ventrikel kiri normal. aorta kecil oleh karena volume darah berkurang  Hemisiderosis : bentuk granuler halus tersebar pada paru  Efusi pleura .

.Arcus aorta dalam keadaan baik. terlihat fissure horizontal yang menunjukkan adanya edema cairan. Arteri pulmonalis utama (MAP) diluar batas kiri menunjukkan hipertensi pulmonal.Ukuran jantung normal tetapi aurikel artei kiri menonjol (LAA). Pembesaran arteri pulmonal kiri (LPA) dan arteri pulmonal kanan (RPA) sedang.

pembesaran atrium kiri elevasi main bronkus kiri Vaskular di apeks paru lebih menonjol daripada vascular di basal .

.Pembesaran ventrikel kanan (1) Pembesaran atrium kiri(2) Bronkus kiri utama terangkat (3).

Gambaran kerley lines .

Gambaran kerley lines Terlihat sebagai garis horizontal opak sepanjang 1-2 cm di bagian subpluera. Khas terlihat seperti tangga ke sisi paru dimulai dari sudut costophrenikus .

Proyeksi Lateral.Proyeksi Postero-Anterior (PA) • batas kanan jantung menonjol dan batas kiri jantung mencembung • Bronkus utama kiri terangkat. . • menggunakan kontras • pembesaran atrium kiri yang mendorong esofagus 1/3 tengah ke belakang.

.

• Ventrikel kiri normal. Proyeksi Oblik Kiri Depan(LAO) • Daerah terang yang normal antara antrium kiri dengan bronkus utama kiri menghilang • elevasi bronkus utama kiri.Proyeksi Oblik Kanan Depan(RAO) • Deviasi yang minimal dari esophagus • Posisi ini tidak begitu membantu untuk diagnosis mitral stenosis. . Tetapi secara umum jantung kanan dalam keadaan normal. • Teradapat sedikit penonjolan dari atrium kanan.

Penatalaksanaan Medikamentosa • antibiotik • inotropik negative seperti ßblocker atau Ca-blocker. • digitalis • Antikoagulan warfarin Pembedahan • Closed mitral commissurotomy • Open commissurotomy (open mitral valvotomy) • Mitral valve replacement .

Prognosis  atrium fibrilasi prognosisnya kurang baik (25% angka harapan hidup 10 tahun) dibandingkan pada kelompok irama sinus (46% angka harapan hidup 10 tahun). .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful