You are on page 1of 23

Asal -usul istilah birokrasi

:
Istilah biro ‘Bureau’ Kratos : meja tulis, : kekuasaan

Ia diartikan sebagai ‘ suatu tempat yang disana para pejabat bekerja’

Pengertian
 

Birokrasi merupakan salah satu bentuk oganisasi Birokrasi lebih tepat diterapkan pada suatu aktivitas yang memerlukan koordinasi ketat terhadap kegiatan sejumlah orang dan sangat terspesialisasi So, Org. birokrasi sangat dekat dengan organisasi besar Birokrasi mrp kebutuhan bagi peradaban modern

Hubungan impersonal di antara pekerja. Hirarkhi otorita 3. . Pembagian tugas 2. Peraturan dan ketentuan yang terperinci 4.Karakteristik Birokrasi (1)  Menurut Dennis H Wrong Setiap organisasi birokratuik memiliki ciri struktural sebagai berikut: 1.

Hubungan antar anggota yang bersifat impersonal ( tidak bersifat pribadi) 4. Rekruitmen yang didasarkan atas kemampuan teknis 5. Struktur kewenangan hirarkhi dg batas kewenangan yang jelas 3. Tingkat spesialisasi yang tinggi 2. Diferensiasai pendapatan resmi dan pribadi .Karakteristik Birokrasi (2)  Menurut Weber : 1.

melaksanakan pengendalian rakyat dlm semua bidang kehidupan. ekspansi kekuasaan baik untuk kepentingan birokrasi maupu tuannya ( Proses birokratisasi) .Karakteristik Birokrasi (3)   Birokrasi alat/mekanisme untuk efisiensi implementasi dari tujuan tertentu. Birokrasi instrumen kekuasaan.

security.s role in initiating policy) 3.Pentingnya Birokrasi  Peranan birokrasi dalam pembuatan keputusan ( Robert Prestus): 1. Hasrat internal birokrasi utk memperoleh kekuasaan. and loyalty) . keamanan dan kepatuhan ( bureacracy’s internal drive for power. Pemrakarsa Kebijakan (bureacracy. Pembuatan Paraturan dibawah peraturan perUU ( delegated Legislation) 2.

Aktivitas organisasi menuntut kapasitas pekerja secara penuh 6. 3. 2.Menurut weber 1. 4. Berlakunya aturan-aturan umum mengenai manajemen . 5. Ada prinsip pasti & wilayah yurisdiksi yang resmi  diatur dg hukum / peraturan adm Prinsip hirarkhi dan tkt otorita yang mengatur sistem Manajemen yg didasarkan atas dokumen – terprlihara dalam bentuk asli Spesialisasi & pengembangan pekerja melalui diklat.

melaksanakan pengendalian rakyat dlm semua bidang kehidupan.SN Eisenstads adanya 2 pandangn dlm manifestasi sosiologis ini. Birokrasi sebagai alat/instrumen kekuasaan. Birokrasi maupun kepentingan tuannya (proses birokratisasi .   Birokrasi sbg alat/mekanisme utk efisiensi implementasi dari tuj ttt. Melangsungkan ekspansi kekuasaan baik kepentingan.

2. dengan penekanan berlebih pada rasionalitas Ada dua dampak dari konsep weber  Regulation: dengan semakin meningktanya aturanaturan yang harus dipatuhi Akibatnya kecenderungan hubungan dengan pimpinan dengan amat formal. Standard efisiensi fungsional.Kelemahan dan problema birokrasi (1) 1.  Poor organization org birokrasi gagal menjalankan fungsi koordinasi karena over departementalism ( terlalu kaku dengan rasionalitas dan hirarkhi) . impersonalitas hirarkhi   Dikesampingkan struktur informal. Penekanan yang berlebihan terhadap rasionalitas.

Identik dengan bureaucratic dysfungctions  trained incapacity.  Penyelewengan tujuan Kecenderungan utk setia dan patuh pada paraturan  peraturan sebagai tujuan diri sendiri. yaitu kemampuan yang berfungsi secara tidak tepat ( Robert K Merton)   . Akibatnya kurang fleksibel. berlebihan tidak masuk akal terhadap perubahan. kaku.Kelemahan dan problema birokrasi (2) 3.

yang mengakibatkan berkepanjaganya/penundaan dan kemandekan .Kelemahan dan problema birokrasi (3) 4.  Pita merah Suatu istilah yang dimaksudkan untuk menunjukkan adanya prosedur-prosedur birokratik yg mempunyai ciri ketaatan mekanis pada peraturan formalitas yang berlebihan dan lebih banyak memperhatikan hal-hal yang rutin.

Birokrasi sebagai organisasi yang rasional (Rational organization) Birokrasi sebagai Inefisiensi Organisasi (Organizational inefficiency) Birokrasi sebagai kekuasaan oleh para pejabat Rule of official) Birokrasi sebagai administrasi Negara (Public Administration). 2. 3. Birokrasi sebagai Administrasi yang dijalankan oleh para pejabat (Administration by officials) Birokrasi sebagai sebuah organisasi (Type of organization with specific characteristic and quality as hierarchies and rules) Birokrasi sebagai Masyarakat modern ( As an essential quality of modern society) . 5.TUJUH KONSEP BIROKRASI Menurut Martin Albrow 1. 6. 7. 4.

Birokrasi dalam pengertian yang netral (Value Free). . birokrasi sebagai suatu penyakit (Bureau pathology) (Karl Mark. Lasky. Fred Luthan) 3. Yaitu tidak terkait dengan pengertian baik dan buruk. pita merah. Robert Michels. Warwick. Donald P. Michael Crozier. 2. Birokrasi dalam pengertian yang buruk.KEDUDUKAN PENGERTIAN BIROKRASI 1. Birokrasi dalam pengertian yang baik atau rasional (Bureau-rationality) : Dalam Hegelian bureaucracy dan weberian bureaucracy.

(weber) . organisasi tidak lebih merupakan alat untuk mencapai suatu tujuan tertentu.Birokrasi dalam pengertian yang baik atau rasional (1)   birokrasi merupakan institusi yang menjembatani kepentingan umum dan ‘civil society’ yang memanifestasikan kepentingan khusus dalam masyarakat (Hegel) Birokrasi inilah yang merupakan unsur terpenting bagi pertumbuhan dan perkembangan organisasi.

3. dengan promosi yang didasarkan 4. termasuk pendelegasian wewenang dari atas ke bawah dalam organisasi. dan standard formal yang mengatur tata kerja organisasi dan tingkah laku anggotanya.Birokrasi dalam pengertian yang baik atau rasional (2)  1. Adanya aturan-aturan. Ada empat ciri utama dari birokrasi ideal: Adanya suatu struktur hirarkhi. Adanya serangkaian posisi-posisi jabatan yang masing-masing memiliki tugas dan tanggung jawab yang tegas. regulasi-regulasi. Adanya personel yang secara teknis memenuhi syarat yang dipekerjakan atas dasar karir. 2. pada kualifikasi dan penampilan .

Birokrasi = pita merah / sbg penyakit    Menurut Harold Lasky:  Birokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan dimana kekuasaan ada pada pejabat-pejabat negara yang diselenggarakan sedemikian rupa sehingga merugikan atau membahayakan warga negara. Robert Michel  Birokrasi sebagai suatu struktur yang mesti mengambil bentuk oligarkhy. oleh karenanya pandangan ini sering disebut sebagai ‘ the iron law of oligarkhi ( hukum besi dari oligarkhi) Crozier:  Birokrasi adalah suatu organisasi yang tidak dapat mengoreksi tingkah lakunya dengan cara belajar dari kesalahan .

berkaitan dengan jenjang yang kompleks dan tunduk pada pembuat peran formal  Lance Castles  Birokrasi mrp orang-orang yang bergaji yang melaksanakan fungsi pemerintah.Birokrasi = organisasi netral  Almond dan Powel  Birokrasi pemerintah mrp sekumpulan tugas dan jabatan yang terorganisasi secara formal. Tentu saja termasuk didalamnya adalah para pejabat dan birokrasi militer. .

Birokrasi = organisasi netral   La Palombara  Birokrat adalah mereka yang pada umumnya menduduki peran manajerial yang mempunyai kapasitas memerintah baik badanbadan sentral maupun di lapangan. yang pada umumnya digambarkan dalam bahasa Administrasi Negara sebagai manajemen ‘menengah’ atau ‘atas’ Priyo Budi santoso  Birokrasi adalah keseluruhan organisasi pemerintah yang menjalankan tugas-tugas negara dalam berbagai unit organisasi pemerintah di bawah departemen dan lembaga –lembaga nondepartemen. Dari tingkat pusat ke tingkat desa/kelurahan . baik di pusat maupun di daerah.

Birokrasi Sebagai setiap organisasi yang berskala besar .KESIMPULAN    Birokrasi sebagai keseluruhan pejabat negara di bawah pejabat politik. Birokrasi sebagai keseluruhan pejabat negara pada cabang eksekutif.

 yaitu rangkaian organisasi pemerintahan yang menjalankan tugas-tugas pemerintahan umum termasuk memelihara ketertiban dan keamanan.BIROKRASI DI INDONESIA (1)  Birokrasi Pemerintahan umum. dari tingkat pusat sampai daerah (desa) Tugas tersebut lebih bersifat mengatur atau regulatif function. .

seperti pertanian.  yaitu organisasi pemerintahan yang menjalankan salah satu bidang/sektor khusus guna mencapai tujuan pembangunan. pendidikan. industri . . Fungsi pokok adalah development and adaptive function.BIROKRASI DI INDONESIA (2)  Birokrasi Pembangunan. kesehatan.

Fungsi utamanya adalah service secara langsung kepada masyarakat. .  yaitu unit organisasi pemerintahan yang pada hakekatnya merupakan bagian dan berhubungan dengan masyarakat.BIROKRASI DI INDONESIA (3)  Birokrasi Pelayanan.

 THANK YOU .