You are on page 1of 6

SIKLUS MENSTRUASI

Lukmanul Hakim 08700138

Pecahnya pembuluh darah dalam endometrium menyebabkan darah dan sel2 tsb keluar melalui vagina. sehingga menyebabkan suplay O2 menurun.Fase Menstruasi 1-5 hari Menurunnya progesteron dan estrogen menyebabkan pembuliuh darah pada endometrium menegang. karena tidak terjadi kehamilan maka endometrium mengalami degenerasi yang di tandai luruhnya sel sel pd dinding uterus. .

Hormon ini merangsang pertumbuhan endometrium yaitu dengan memperkuat lapisan endometrium dan membentuk pembuluh darah serta kelenjar.Fase folikuler 6-10 hari terjadi proses penyembuhan akibat pecahnya pembuluh darah. Fase ini di pengaruhi oleh hormon estrogen yang di hasilkan oleh folikel. .

hormon2 ini berperan mematangkan folikel dan merangsang terjadi ovulasi yaitu lepasnya ovum dari ovarium. pada saat spt ini wanita tsb dalam masa fertil/subur shg ovum siap di buahi. Apabila LH meningkat maka folikel memproduksi progesteron. . Ovum ini bergerak sepanjang tuba falopii.Fase Fertil 11-18 hari Meningkatnya hormon estrogen dapat memacu di hasilkan LH.

lembutt banyak darah. Jika tidak ada kehamilan berdegenerasi menjadi korpus albikans. .Fase luteal 19-28 hari Pada saat ovulasi. Adanya LH menyebabkan korpus rubrum berubah menjadi korpus luteum untuk menghasilkan hormon progesteron yg bersifat mempersiapkan endometrium menerima embrio. Pada saat ini endometrium tebal. folikel de graaf pecah berubah menjadi korpus rubrum yg mengandung banyak darah.