FITOTERAPI PENYAKIT INFEKSI

Obat Infeksi

Anti Protozoa

Antibiotik, Anti Fungi dan Anti Virus

Insektisida

Alam

Sintetis

Alam

Sintetis

Alam

Sintetis

ANTI PROTOZOA
Tanaman obat yang digunakan untuk obat anti protozoa diantaranya:
 Kina  Lapacho

 Sweet

Wormwood

KINA, CINCHONA SPP. (CINCHONAE CORTEX) Bagian yang digunakan biasanya adalah kulit kayu dengan kandungan kimia berkhasiatnya adalah alkaloid kuinolin, senyawa utamanya adalah kuinin, dengan kuinidi, sinkonin, sinkonidin, turunan epi dan hidronya, dan kuinamin.

.

spasmolitik dan astringen. Sedangkan kuinin dalam bentuk garamnya digunakan untuk pencegahan kram malam (dosis untuk tujuan ini 200-300 mg kuinin sulfat atau bisulfat) dan untuk beberapa obat analgesic. pilek dan obat flu digunakan dalam dosis rendah. kuinin dan isomer kuinidinnya. tetapi kini hanya digunakan untuk ekstraksi alkaloid. oreksigenik. tonik. Efek Farmakologis dan Khasiat Klinis:  Kuinidin dan Kuinin digunakan sebagai Antimalaria dan Antiaritmia. .  Kulit kayu digunakan sebagai penurun panas.

 Kina dan kuinin tidak boleh digunakan dalam dosis besar selama kehamilan kecuali untuk mengobati malaria. dam gangguan penglihatan. . yang dicirikan oleh sakit kepala. ruam. Toksisitas  Overdosis kronis dapat meyebabkan kondisi yang disebut sinkonisme. nyeri abdomen.

5%. Alkaloid ini dapat berfluoresensi. Identifikasi dilakukan dengan kromatografi lapis tipis (KLT). . dengan 30%-60% berupa tipe kuinin. Pemastian Mutu dan Analisis  Kandungan alkaloid total didalam kulit kayu tidak boleh kurang dari 6.

CONTOH PRODUK QUININE Komposisi Setiap 5 ml mengandung : Quinine Sulphate 150 mg .

tidak hanya pada skizon tetapi juga stadium aseksual yang lain seperti bentuk cincin. P. trofozoit stadium lanjut) dengan aktivitas terhadap Plasmodium falciparum.vivax. P. Kina bertindak terutama sebagai schizontocide darah (bekerja pada stadium eritrositik.ovale dan P.malariae .

ANTIVIRUS. anti bakteri dan anti fungi adalah:  Balsam Lemon  Pohon teh dan minyak pohon teh  Bawang Putih . ANTIBAKTERI DAN ANTIFUNGI Tanaman yang digunakan untuk obat anti virus.

dan glikosida seperti sativosida B1. dialil disulfida. dialil tetrasulfida. dialil trisulfida. ALLIUM SATIVUM L.BAWANG PUTIH. . alilmetil trisulfida. alilpropil disulfida. (ALLII SATIVUS BULBI) Bagian yang digunakan adalah umbi dengan kandungan kimia berkhasiatnya adalah alisin.

dan kondisi sejenis. aterosklerosis. . flu. ekspektoran.  Bawang putih sering digunakan sebagai profilaktik untuk infeksi dan penyakit kardiovaskular. Efek Farmakologis dan Khasiat Klinis:  Bawang putih bersifat antibiotik. serta untuk perlindungan kardiovaskular dari penggumpalan darah. paling sering digunakan untuk infeksi pernafasan seperti pilek. dan bronkitis. dan antitrombotik.

antivirus. dan bahkan antifungi yang lebih kuat. .  Dialil sulfida diduga menghambat aktivasi karsinogen melalui metabolme oksidatif yang diperantarai oleh sitokrom P450. Senyawa alil sulfidanya memiliki sifat antibakteri.  Bawang putih memiliki aktivitas imunomodulasi dan juga kompreventif terhadap karsinogenesis pada berbagai model eksperimen. yang secara in vitro terbukti sinergis dengan amfoteresin B.

 Toksisitas  Ekstrak bawang putih dianggap tidak memiliki toksisitas. . meskipun interaksi dengan obat antiplatelet harus dipertimbangkan pada terapi jangka panjang atau dalam dosis tinggi.

CONTOH PRODUK BAWANG PUTIH Komposisi: Garlic oil .

Daya ini mencegah penyakit jantung koroner. tekanan darah tinggi dan lain-lain. . Bawang putih mengandung minyak atsiri. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol. yang bersifat anti bakteri dan antiseptik.

INFEKSI SALURAN KEMIH Tanaman yang digunakan sebagai obat infeksi saluran kemih adalah  Bearberry  Jus Cranberry .

BEARBERRY. ARCTOSTAPHYLOS UVA-URSI L. dan juga terdapat hidrokuinon bebas. senyawa flavanoid dan tanin.  Kandungan lainnya adalah terpenoid seperti αamirin dan β-amirin. (UVAE URSI FOLIUM)  Bagian yang digunakan adalah daun dengan kandungan kimia berkhasiat glikosida arbutin. .

.

EFEK FARMAKOLOGIS DAN KHASIAT KLINIS Bearberry memiliki aktivitas antimikroba terhadap beberapa organisme. dan Shigella spp.  . Eschericia coli. Staphylococcus aureus.  Penggunaan uva-ursi yang lebih modern dipusatkan pada pengobatan infeksi saluran urine. * Uva-ursi memerlukan urine basa untuk menghasilkan sifat antiseptiknya sehingga makanan asam harus dihindari selama pengobatan.  Bearberry juga bersifat diuretik lemah dan antiliturik. termasuk Bacillus subtilis. Mycobacterium smegmatis.

hidrokuinon juga bersifat sitotoksik dan mutagenik sehingga dosis yang berlebihan harus dihindari. namun. yang merupakan antiseptik urine yang efektif. . arbutin dihidrolisis menjadi hidrokuinon. Toksisitas  Selama ekskresi ginjal .

asam galat dan hidrokuinon sebagai baku pembanding. Pemastian Mutu dan Analisis  Farmakope Eropa menggunakan metode identifikasi KLT dengan arbutin. dan metode KCKT untuk menentukan kadar arbutinnya. .

CONTOH PRODUK BEARBERRY/UVA URSI Komposisi Tiap Kapsul mengandung: Uva ursi 200 mg (Standar untuk 20% Arbutin) .

coli.  Sebuah penelitian in vitro menunjukkan bahwa ekstrak air dari daun bearberry adalah meningkatkan hidrofobisitas bakteri gram negatif (Escherichia coli dan Acinetobactoer baumanii ).Arbutin telah dibuktikan aktif terhadap Candida albicans. Staphylococcus aureus dan E.  . Dengan demikian. partikel bakteri mungkin lebih mudah dikumpulkan dan dibuang.

SENYAWA INSEKTISIDAL Tanaman yang digunakan pada kasus insektisidal adalah:  Bunga Piretrum  Kayu Kuassia .

sinerin I dan II dan jasmolin I dan II.BUNGA PIRETRUM (SERANGGA). Senyawa-senyawa tersebut dikenal sebagai piretrin I dan II. yakni ester asam krisantemat dan piretrat yang merupakan zat-zat aktifnya. .  Bagian yang digunakan adalah bunga dengan kandungan kimia berkhasiatnya adalah piretrin. CHRYSANTHEMUM SPP.

.

 Piretrin I memiliki efek mematikan terhadap serangga.EFEK INSEKTISIDAL Piretrin alami digunakan untuk mengobati infestasi kutu dan skabies serta untuk membunuh jenis serangga lainnya (lalat rumah.  . dan lain-lain) yang tidak mengakibatkan infestasi kulit.

tetapi penggunaannya harus hati-hati karena dapat menyebabkan reaksi iritasi dan alergi. .TOKSISITAS  Piretroid jauh lebih tidak toksik terhadap manusia dibandingkan insektisida sintesis.

CONTOH PRODUK DARI BUNGA PYRETHRUM Komposisi: Pyrethrum Piperonyl butoxide .

 .Pyrethrin adalah insektisida yang bekerja dengan cepat pada serangga.  Piperonyl butoksida mencegah piretrin detoksifikasi serangga dan mempercepat laju kematian.

PERBANDINGAN OBAT BAHAN ALAM DAN OBAT SINTETIS .

MEKANISME KERJA DARI KUININ (KINA) Menekan pengambilan oksigen dan metabolisme karbohidrat Membentuk khelat dengan DNA Mengganggu duplikasi dan transkripsi parasit Berefek terhadap distribusi kalsium dalam jaringan otot Menurunkan eksitabilitas pada akhir syaraf motorik .

MEKANISME KERJA DARI KLOROKUIN Dimakannya Hb oleh Parasit Klorokuin Kurangnya Asam Amino untuk sintesis DNA menghambat .

EFEK SAMPING KUININ KLOROKUIN          Sinkonisme. pruritus) Jarang-jarang depresi sumsum tulang . yang ditandai dengan: Sakit kepala Nyeri abdomen Ruam Gangguan penglihatan.   Gangguan saluran cerna Sakit kepala Kejang Gangguan penglihatan Depigmentasi atau rambut rontok Reaksi kulit (ruam.

yang memiliki sifat antiseptik dan astringen.  Arbutin dihidrolisis oleh ß-glukosidase menjadi senyawa aktif hidrokuinon. coli).MEKANISME KERJA DARI ARBUTIN (BEARBERRY) Arbutin merupakan senyawa yang mempunyai aktivitas antimikroba dimana mekanisme kerjanya bergantung pada aktivitas ß-glukosidase mikroorganisme (E.  .

 Trimetoprim menghambat produksi asam tetrahidrofolat dengan menghambatt enzim dihidrofolat reduktase  .MEKANISME KERJA DARI SULFAMETOKSAZOLTRIMETOPRIM Sulfametoksazol menghambat sintesis asam dihidrofolat bakteri berkompetisi dengan asam para aminobenzoat.

muntah. agranulositosis dan purpura) Reaksi alergi Diare Anoreksia Kerusakan hati Sakit kepala Depresi Konvulsi . trombositopenia.EFEK SAMPING BEARBERRY  SULFAMETOKSAZOL-TRIMETOPRIM   Sitotoksik Mutagenik         Mual. ruam (termasuk sindrom Steven’sJohnson) Gangguan darah (neutropenia.