You are on page 1of 14

HUKUM-HUKUM

DASAR

Hukum lavoisier (Hukum kekekelan massa) Massa sebelum reaksi dan sesudah reaksi sama .

massa unsure kedua dalam masing-masing senyawa berbanding sebagai bilangan bulat dan sederhana.untuk massa salah satu unsure sama. .Hukum Dalton (Hukum perbandingan berganda) Bila unsure-unsur dapat membentuk dua macam senyawa atau lebih .

Hukum perbandingantetap (Hukum Proust) Dalam suatusenyawa. .perban dingan massa unsure-unsur penyusunnya selalu tetap.

Hukum perbndingan volum (Hukum Gay Lussac ) Pada temperature dan tekanan yang sama.perbandingan volume gas-gas yang bereaksi dan volume gas hasil reaksi merupakanperbandingan bilangan bulat dan sederhana. .

Hipotesis Avogadro Gas gas yg volumenya sama jika diukur pada temperature dan tekanan yg sama.mengandung jumlah molekul yg sama pula. .

.Hipotesis Avogadro dan Gay Lussac disatukan menjadi Hukum Gay Lussac-Avogadro yaitu Perbandingan volume gas –gas yang bereaksi dan gas –gas hasil reaksi jika diukur pada temperature dan tekanan yang sama akan sesuai dengan perbandingan jumlah molekulnya dan akan sama dengan perbandingan koefisien reaksi.

SOAL-SOAL .

 1 .4 gram magnesium di udara dihasilkan 4 gram magnesium oksida. Berapa gram oksigen yang terpakai dalam reaksi itu? .Pada pembakaran 2.

Dalam senyawa AB perbandingan massa A : B = 2 : 1. tentukan massa masing-masing unsur dalam senyawa! . 2. Jika terdapat 120 gram senyawa AB.

Dalam pembentukan senyawa tembaga (II) sulfida (CuS) perbandingan massa tembaga (Cu) dengan belerang (S) adalah  2 : 1. Bila direaksikan 1. 3.5 gram tembaga dengan 0.  berapa gram tembaga sulfida terbentuk?  berapa gram zat tersisa? .5 gram belerang.

.. Apabila diukur pada suhu 125oC dan tekanan 1 atm.. volume gas setelah reaksi adalah. (4) 5 liter gas etana CH4 dibakar dengan 20 liter gas oksigen sehingga terbentuk gas CO2 dan uap air.... Pada keadaan tersebut volume gas karbondioksida yang terjadi pada pembakaran arang/C dengan 100 liter udara adalah.. (5) Pada suhu 25oC dan tekanan 1 atm diketahui kadar oksigen di udara 20% volum..  ..

 5. Jumlah gas CO2 dan uap air yang terbentuk 700 mL. Bila udara mengandung 20% volume gas O2 dan semua gas diukur pada suhu dan tekanan sama.Sejumlah gas C3H8 telah dibakar habis dengan udara. hitunglah!   volume gas C3H8 yang dibakar! Volume udara yang diperlukan! .

. Pada keadaan tersebut volume 8X molekul gas CO2 adalah. .. 6.. X molekul NH3 bervolume 0...Pada suhu dan tekanan tertentu.25 liter.