You are on page 1of 20

RESTORASI PASCA -ENDO II

RESTORASI SEMENTARA
• Harus dapat bertahan selama diperlukan • Tidak bocor, dapat melindungi jaringan gigi, memenuhi fungsional dan estetik

Preparasi pasak dan inti sementara : • Mempertahankan saluran yang bersih • Hindari penekanan terhadap gusi • Memenuhi estetik

A. Dari klip kertas buat kawat yang pas ke preparasi pasak pada satu ujungnya dan ke amhkota di ujung yang lain. . Jangan sampai masuk S. Masukkan kapas kedalam saluran setidaknya separuh terisi 2. polikarbonat yang sesuai 3. 4. Pilih M.Caranya (DIREK) 1. segera tempatkan kawatnya . Campur akrilik (Cold Cure) sampai konsistensi dempul masukkan ke M polikarbonat.

Stabilkan dan tahan mahkota pada posisi yang baik sampai akrilik keras 7.5. Keluarkan mahkota 8. Pasang mahkota sehingga ujung kawat menonjol masuk ke dalam saluran 6. 9. Mahkota sementara + kawat pasak disemenkan ke akar gigi dengan semen sementara (ZOE) . Kelebihan akrilik dibuang dan cek oklusinya.

.

Bila teknik pengisiannya sampai orifice perlu pengambilan gutaperca.PREPARASI PASAK (TEKNIK) : 1. Angkat gutaperca dari saluran dengan pemampat (plugger/spreader) yang dipanaskan tinggalkan kira-kira 4-5 mm di apikal untuk mendapatkan ukuran yang benar pemampat diberi tanda (stop) lakukan 2 – 3 kali .

Bila .A.2. dipreparasi mulai dari nomor yang terkecil 3. Sediakan reamer dan file no 60 -110 dan 4 -5 mm lebih pendek dari apikal S. Desain pasak bervariasi dapat berbentuk elips / segitiga. Ø pasak dipreparasi sampai tidak boleh lebih dari 1/3 Ø akar (patokan umum) 4.

.

.

Jika preparasi pasak cukup panjang (1 -1 ½ x panjang mahkota) tekanan yang diterima mahkota akan tersebar ke seluruh akar yang tidak ditunjang oleh tulang. Panjang pasak lebih penting daripada lebarnya .BEBERAPA PERTIMBANGAN UNTUK RANCANGAN PASAK Tujuan pasak intraradikuler : Menyediakan retensi dan kekuatan bagi restorasi mahkota 1. Jika preparasi pasak terlalu pendek kemungkinan patahnya akar lebih besar 2.

.

Jika preparasi pasak terlalu lebar fraktur kara. Jika preparasi pasak sempit kesulitan mencetak fraktur pada pasaknya .3. Perforasi akar 4.

.

BAHAN YANG DAPAT DIPAKAI UNTUK MEMBUAT PASAK : 2 macam bentuk : • ENDOPOST Campuran logam bertitik lebur tinggi dibuat sesuai standart alat endo ukuran 70 -140 • ENDOWEL PIN dari plastik berukuran standart 80 -140 .

.

A akan mencegah terlepasnya pasak kecuali jika diputar • Bahaya : kemungkinan fraktur akar pada waktu pemasangannya hati-hati • Pasak dapat disekrupkan dalam S. .PASAK YANG DISEKRUPKAN DENGAN INTI AMALGAM /GLASS IONOMER/KOMPOSIT • Pasak yang disekrupkan dalam S. pada akar tunggal /ganda kemudian dibangun dengan amalgam /G.C /komposit untuk membuat inti.I.A.