You are on page 1of 9

Nama Kelompok: Adri Pribagusdri Annisa Anugra Heni Jefry Manatar Mutiara Fadila Rania Kelas 3E

tegangan keluaran penyearah dapat diatur-atur dengan mengatur sudut penyalaan pulsa gatenya. artinya tegangan output yang dihasilkan bisa diatur dengan pengaturan penyalaan sudut β sesuai dengan kebutuhan. Pulsa trigger dibangkitkan secara khusus oleh rangkaian trigger. Penyalaan ini dilakukan dengan memberikan pulsa trigger pada gate thyristor.  Penyearah dengan thyristor adalah penyearah terkendali (Controlled Rectifier). Bila sudut penyalaan α kecil. dalam hal ini.180°. tegangan dan daya keluarannya akan kecil. dari 0 . Dengan demikian. Tegangan keluaran penyearah thyristor dapat diubahubah atau dikendalikan dengan mengendalikan sudut penyalaan α dari thyristor. bila sudut α besar. berarti thyristor konduksi secara dini sehingga tegangan dan daya keluaran akan besar. . Sebaliknya.

Sebuah Thyristor Q1 dan sebuah beban resistif RL dihubungkan dengan listrik AC (Gambar 10. maka Thyristor akan konduksi dan mengalirkan arus ke beban. Pada gate Thyristor diberikan penyalaan sebesar α. Dengan beban resistif RL maka arus dan tegangan yang dihasilkan sephasa. Tegangan negatif di blok tidak dilewatkan. Kondisinya berbeda jika beban mengandung induktor.  Kelebihan dari penyearah Thyristor. Pada gate diberikan pulsa penyulut α. . tegangan outputnya bisa diatur dengan mengatur sudut penyalaan gate Thyristor. di mana antara tegangan dan arus ada beda phasa. maka tegangan positif saja yang dilewatkan oleh Thyristor (Gambar 10. khususnya karena bebannya resistif RL.29).30).

.

Dengan: Saat α maka Vdc akan maksimum: .

Pada beban resistif RL.  .  Dengan beban resistif RL. Q2. masing-masing diberikan pulsa penyulut pada sudut α untuk siklus positif dan siklus negatif tegangan sumber. bentuk tegangan searah antara tegangan dan arus sephasa. Q3 dan Q4 dalam hubungan jembatan (Gambar 10. dan pada tahap berikutnya menyusul Thyristor Q2 dan Q3 konduksi.36). pada sudut penyalaan α maka Thyristor Q1 dan Q4 akan konduksi bersamaan.Penyearah terkendali penuh satu phasa dengan empat buah Thyristor Q1. Pasangan Thyristor adalah Q1-Q4 dan Q2-Q3.