You are on page 1of 10

ASKEP LANSIA PADA DEMENSIA

KELOMPOK 8

DIMENSIA Suatu keadaan seseorang yang mengalami penurunan kemampuan daya ingat dan daya pikir tanpa adanya penuruna fungsi kesadaran ETIOLOGI Ada beberapa macam penyebab • Dimensia Alzheimer • Dimensia Vasculer .

Tanda dan gejala • Meningkatnya kesulitan dalam melaksanakan kegiatan seharihari • Mengabaikan kebersihan diri • Sering lupa akan kejadiankejadian yang dialami • Pertanyaan sering diulang-ulang • Tidak mengenal waktu dan tempat • Kurang konsentrasi • Sifat dan prilaku berubah menjadi keras kepala dan cepat .

MEKANISME KOPING * Regresi.stess terhadap prilaku dan merupakan ciri khas dr suatu taraf perkembangan * Denial.ketidaksetujuan terhadap realitas * Kompensasi.proses memperbaiki citra diri dengan menonjolkn keistimewaan/kelebihan yg dimiliki .

Gangguan proses pikir 2.ketoilet berhubung dengan tidak mampu berkonsentrasi atw menyelesaikan tugas . 5. Defisit perawatan diri dlm mandi/hygiene berpakean. 4. Resiko trauma berhubung dengan perubahan fisiologis dalam stuktur fungsi otak 3. 3. 2.Data yang perlu dikaji 1. Riwayat Kaji penampilan umum dan prilaku motorik Mood dan Efek Proses dan isi pikir Peran dan hubungan DIAGNOSA KEPERAWATAN 1.makan.

Gangguan proses pikir 2 Intervensi Rasional Pasien tidak dapat lagi melihat angka atau tulisan Bantu klien untk mengenal waktu dengan menggunakan jam dinding dgn angk yg besar dan kalender yg mempunyai lembar perhari yg besar Bantu pasien u/ mengenal barang milik pribadinya Dengan mengenal barang miliknya klien dapat melakukan aktivitasnya Intervensi Buat agar lingkungan aman singkirkan semua benda yg 2.Resiko trauma berpotensi Singkirkan semua obat-obatan yang tidak diresepkan Rasional Penatalaksanaan lingkungan adalah sebuah prioritas Tindakan ini agar klien tidak memiliki akses dan mengkomsumsi obat yang berpotensi berbahaya .1.

e 3 Defisit perawatan diri e Intervensi Rasional Pantau dan kaji dalam aktifitas pengolahan makanan dan saat makan Memantau klien memberikan informasi meng mengenai makanan terbaik Pantau asuhan makanan dan minuman Klien mungkin tidak makan dan minum secara adekuat .

Klien tidak mengabaikan kebersihan diri.EVALUASI Klien: 1. Bisa menerima kondisi yang terjadi pada dirinya. Klien terhindar dari resiko trauma.  . 3. 2. Klien tidak kebingungan terhadap hal-hal yang dilupakan. 4.

2. 3.Keluarga: 1.  . Keluarga membantu klien dalam mengingat hal-hal penting. Keluarga menerima kondisi yang terjadi pada klien. 4. Keluarga tidak merasa takut kepada klien. Keluarga membantu klien dalam melakukan ADL.

Mandiri Dan Produktif SEKIAN DAN TERIMA KASIH .Siapkan Diri Anda Menuju Masa Tua Yang Sehat.