You are on page 1of 12

ENERGI DAN SUHU

Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan yang terjadi hanyalah transformasi/perubahan suatu bentuk energi ke bentuk lainnya. energi suara. energi kimia. satuan energi sama dengan satuan usaha dan energi juga merupakan besaran scalar. misalnya dari energi mekanik diubah menjadi energi listrik pada air terjun. energi cahaya. dan sebagainya. Besarnya energi suatu system sama dengan besarnya usaha yang mampu ditimbulkan oleh system tersebut. energi dapat digolongkan menjadi beberapa macam antara lain : Energi mekanik (energi kinetik + energi potensial) . energi panas .ENERGI Suatu system dikatakan mempunyai energi/tenaga. Dalam fisika. energi listrik. energi nuklir. jika system tersebut mempunyai kemampuan untuk melakukan usaha. Oleh karena itu. .

22 Ek ½ m Ek == ½ m vv Ek = Energi kinetik .A. v = kecepatan benda SATUAN BESARAN Energi kinetik (Ek) SATUAN joule Kg m/det Massa (m) Kecepatan (v) .ENERGI KINETIK. Energi kinetik suatu benda besarnya berbanding lurus dengan massa benda dan kuadrat kecepatannya. m = massa benda . Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh setiap benda yang bergerak.

karena benda yang diam-pun dapat memiliki tenaga potensial.ENERGI POTENSIAL GRAFITASI Energi potensial grafitasi adalah energi yang dimiliki oleh suatu benda karena pengaruh tempatnya (kedudukannya). Energi potensial ini juga disebut energi diam.B. .

benda akan jatuh. Maka benda melakukan usaha. h . Ep = w . h = m . karena adanya gaya berat (w) yang menempuh jarak h. g .Sebuah benda bermassa m digantung seperti di bawah ini. g m h Jika tiba-tiba tali penggantungnya putus. Besarnya Energi potensial benda sama dengan usaha yang sanggup dilakukan gaya beratnya selama jatuh menempuh jarak h.

Energi potensial yang dimiliki benda karena elastik pegas. x2 Hubungan usaha dengan Energi Potensial : W = Ep = Ep1 – Ep2 .ENERGI POTENSIAL PEGAS. Gaya pegas (F) = k . x Ep Pegas (Ep) = ½ k.

Em = Ek + Ep HUKUM KEKEKALAN ENERGI MEKANIK.ENERGI MEKANIK Energi mekanik (Em) adalah jumlah antara energi kinetik dan energi potensial suatu benda. Em1 = Em2 Ek1 + Ep1 = Ek2 + Ep2 . Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Jadi energi itu adalah KEKAL.

Pada abad 17 terdapat 30 jenis skala yang membuat para ilmuan kebingungan. Tetapi dengan adanya perkembangan teknologi maka diciptakanlah termometer untuk mengukur suhu dengan valid. SUHU . Apabila benda didinginkan terus maka suhunya akan semakin dingin dan partikelnya akan berhenti bergerak. Sehingga nol mutlak sama dengan 0 K atau -273°C. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat untuk mengukur suhu cenderung menggunakan indera peraba. Skala ini diberinama sesuai dengan namanya yaitu Skala Celcius. Hal ini memberikan inspirasi pada Anders Celcius (1701 – 1744) sehingga pada tahun 1742 dia memperkenalkan skala yang digunakan sebagai pedoman pengukuran suhu. Skala Celcius tidak bisa menjawab masalah ini maka Lord Kelvin (1842 – 1907) menawarkan skala baru yang diberi nama Kelvin. Selain skala tersebut ada juga skala Reamur dan Fahrenheit.Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas dingin suatu benda dan alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah thermometer. kondisi ini disebut kondisi nol mutlak. Untuk skala Reamur air membeku pada suhu 0°R dan mendidih pada suhu 80°R sedangkan pada skala Fahrenheit air membuka pada suhu 32°F dan mendidih pada suhu 212°F. Skala kelvin dimulai dari 273 K ketika air membeku dan 373 K ketika air mendidih.

Berikut ini perbandingan skala dari termometer diatas .

Tetapi dimasa ini termometer yang sering digunakan terbuat dari bahan cair misalnya raksa dan alkhohol. zat cair masuk kedalam pipa tetapi tidak sampai labu. Tinggi kolom ini digunakan untuk menentukan suhu. Prinsip kerja termometer buatan Galileo berdasarkan pada perubahan volume gas dalam labu.Pembuatan termometer pertama kali dipelopori oleh Galileo Galilei (1564 – 1642) pada tahun 1595. Ujung pipa yang terbuka kemudian dicelupkan kedalam cairan berwarna. Prinsip yang digunakan adalah pemuaian zat cair ketika terjadi peningkatan suhu benda. Alat tersebut disebut dengan termoskop yang berupa labu kosong yang dilengkapi pipa panjang dengan ujung pipa terbuka. Untuk suhu yang berbeda. Mulamula dipanaskan sehingga udara dalam labu mengembang. . Ketika udara dalam tabu menyusut. tinggi kolom zat cair di dalam pipa juga berbeda. Beginilah cara kerja termoskop.

        Raksa digunakan sebagai pengisi termometer karena raksa mempunyai keunggulan : raksa penghantar panas yang baik pemuaiannya teratur titik didihnya tinggi warnanya mengkilap tidak membasahi dinding Sedangkan keunggulan alkhohol adalah : titik bekunya rendah harganya murah pemuaiannya 6 kali lebih besar dari pada raksa sehingga pengukuran mudah .