LIMBAH B3 INDUSTRI PUPUK

By : kelompok 4

Kedua senyawa ini berasal dari bahan gas bumi. Pada proses pembuatan ammonia dengan tekanan rendah dalam reaktor (±150 atmosfir) yaitu dengan reaksi reforming merubah CO menjadi CO2. Ketiga bahan baku tersebut meruapakan kekayaan alam yang terdapat di Jawa Barat. air dan udara. Pupuk urea yang dibuat PT Pupuk Kujang merupakan reaksi antara karbon dioksida (CO2) dan ammonia (NH3). .Proses Kimia Pembuatan Ammonia dan Urea Pupuk Urea yang dikenal dengan nama rumus kimianya NH2CONH2 pertama kali dibuat secara sintetis oleh Frederich Wohler tahun 1928 dengan mereaksikan garam cyanat dengan ammonium hydroxide. penyerapan CO2 dan metanasi.

Recovery Unit 6. Synthesa Unit 2. yaitu : 1. Prilling Unit 5. Proses pembuatan Urea tersebut dibagi menjadi 6 unit. Purification Unit 3. Cristaliser Unit 4. Process Condensate Treatment Unit .Proses pembuatan Urea dibuat dengan bahan baku gas CO2 dan liquid NH3 yang disuplai dari Pabrik Ammonia.

BOD dan Koliform .Jenis limbah yang dihasilkan oleh industri pupuk adalah limbah cair. Limbah Cair •limbah cair mengandung ammonia dan urea berasal dari pabrik ammonia dan pabrik urea •Limbah cair mengandung minyak berasal dari kompressor dan pompa •Limbah cair mengandung asam/basa berasal dari unit Demineralisasi •Limbah cair mengandung lumpur berasal dari pengolahan air •Limbah sanitasi mengandung suspended solid. gas dan padat.

Unit pengolahan tersebut antara lain : 1. sebelum dibuangke lingkungan (sungai).Unit Pemisah Air Berminyak 5. kimia.Kolam Netralisasi 3.Kolam Pengendap Lumpur 2.Kolam Ekualisasi / Stabilisasi .Unit Pemisah Ammonia 6.Unit Sanitasi 4. biologi atau gabungan ketiga proses tersebut.Agar tidak mencemari lingkungan maka seluruh limbah cair diolah terlebih dahuludengan proses fisika.

Diatasi dengan pengoperasian boiler sesuai SOP dan pembakaran gas alam dengan oksigen berlebih • Emisi gas NH3 dan debu urea berasal dari bagian atas menara pembutir. Diatasi dengan pengendalian urea dust separator system wet scrubber dan penggantian filter secara kontinyu • Limbah gas buang ( purge gas ) yang berasal dari daur sintesa pabrik ammonia diatas dengan memasang Unit Hydrogen Recovery untuk memisahkan NH3 dan H2 .Limbah Gas • Limbah gas buang / stack gas berasal dari emisi boiler-boiler dan reformer dari pabrik utilitas dan pabrik ammonia.

urea dust dan waste dilarutkan kembali kemudian direcycle. dehumidifier dan exhaust fan. Diatasi dengan penyimpanan sementara ditempat yang aman kemudian dijual kembali • Limbah debu urea berasal dari unit pengantongan. Cu. Mo. Zn. Fe. . Co. Diatasi dengan pemasangan peralatan dust collector.Limbah Padat • Limbah katalis bekas berasal dari pabrik ammonia yang mengandung oksida-oksida dari : Ni.