You are on page 1of 16

BLOWER

Nama Kelompok: Aan Mardiansyah Aidil Fajri Barib Bramawira Sutarto Tio Vani Nesri Kelas: S1-B

PENGERTIAN BLOWER O Blower adalah mesin atau alat yang digunakan untuk menaikkan atau memperbesar tekanan udara atau gas yang akan dialirkan dalam suatu ruangan tertentu juga sebagai pengisapan atau pemvakuman udara atau gas tertentu .

Kompresor kerja positif (positive displacement compressor) a. Blower non – compression . Blower bertekanan c.Klasifikasi Kompresor 1. Kompresor kerja bolak – balik (reciprocating compressor) b.

Axial flow compressor c. Mixed flow compressor . Radial flow centrifugal blowers b. Kompresor kerja dynamic (non – positive displacement compressor) a.2.

Kegunaan: penghembus udara tanur tinggi atau prose . Kegunaan: sistem ventilasi. pemberi udara bersih ke ruangan. Tinggi tekanan 100 : 400 mm. penyemprot cat.Kompresor Sentrifugal 1. Tinggi tekanan: lebih tinggi daripada ventilator b. Blower a. penghembus udara c. transportasi debu. Nama lain: penukar udara.ka .2000 mm. Ventilator a.ka b. peralatan pengering udara 2. pembuang udara. AC.

Tingi tekanan: lebih besar daripada blower b. industri soda (kompresor gas sintesa amoniak dan methanol) kompresor CO2. Kegunaan: peralatan pneumatic. pemadat gas . industri petrokimia (pemampat dan sirkulasi gas). asam dan nitrat). Kompresor a.2. pada pupuk urea. industri kimia (pemampat gas N2.

Ditinjau dari bentuk dan cara kerja elemen impeler vane blower dibagi menjadi dua type yaitu: Slanding vane dan Fleksibel vane . Vane Blower Pada umumnya digunakan untuk kapasitas yang kecil dengan fluida yang bersih.Klasifikasi Blower 1. Positive Diplacement Blower Pada jenis ini udara atau gas dipindahkan volume per volume dalam ruangan yang disebabkan adanya pergerakan elemen impeler yang berputar karena adanya pertambahan massa udara atau gas yang dipindahkan Jenis positive displacement blower yang sering digunakan adalah rotary blower (blower rotary) yaitu a.

Slanding vane adalah: impeller yang berputar terdapat suatu mekanisme yang dapat bergerak slading (keluar masuk) didalamnya dan lazim disebut vane.Flexible vane adalah : pada bagian luar impeller terdapat sirip – sirip yang flexible dan karena gerakan impeller eksentrik terhadap casing maka vane akan diperoleh tekanan udara yang ada diruang casing lalu tekanan udara atau gas itu dipindahkan keluar . Karena gerakan impeller eksentrik terhadap casing maka terjadilah perubahan ruang dimana udara atau gas dialirkan oleh vane tersebut. Jumlah vane untuk satu blower bervariasi tergantung besarnya kapasitas dan tekanan discharger yang diharapkan ..

Forward Curved Blade Forward Curved adalah bentuk blade yang arah lengkungan bagian ujung terpasang diatas searah dengan putaran roda. Pada forward curved terdapat susunan blade secara paralel (multi blade) keliling shroud.2. Sentrifugal Blower Blower sentrifugal pada dasarnya terdiri dari satu impeller atau lebih yang dilengkapi dengan sudu – sudu yang dipasang pada poros yang berputar yang diselubungi oleh sebuah rumah (casing). Bentuk sudut (blade) impeller : a. Karena bentuknya. maka pada jenis ini udara atau gas meninggalkan blade dengan kecepatan yang tinggi sehingga mempunyai discharge velocity yang tinggi dan setelah melalui housing scroll sehingga diperoleh energi potensial yang besar . Udara memasuki ruang casing secara horizontal akibat perputaran poros maka ruang pipa masuk menjadi vakum lalu udara dihembuskan keluar.

Radial Blade Didalam pemakaiannya dirancang untuk tekanan statis yang tinggi pada kapasitas yang kecil. hanya arah dan sudu blade akan mempunyai sudut yang optimum dan merubah energi kinetik ke energi potensial (tekanan secara langsung).b. Namun demikian perkembangan saat ini jenis bentuk radial blade dibuat pelayanan tekanan dan kecepatan putaran tinggi . akan tetapi memiliki range tekanan dan volume yang lebar sehingga membuat jenis ini sangat efisien untuk ventilator c. Blower ini didasarkan pada kecepatan sedang. Backward Curved Blade Type ini mempunyai susunan blade yang sama dengan forward curved blade.

yakni pengecekkan yang dilakukan sesekali terhada temperatur dan jumlah oil atau dapat dilihat dari batas kerja/ jam kerjanya .Operasi Blower Operasi blower adalah hampir sama dengan operasi pompa. Tetapi hanya satu hal saja yang perlu diperhatikan selama pengoperasian. waktu menstart atau menstop haruslah dicek – in terlebih dahulu untuk mengurangi beban penggeraknya.

pemakaian daya. tetesan cairan pada sel pompa atau sambungan pompa. Switch on (beban nol) tunggu keadaan normal. amati getaran.Amati pemakaian daya pada pompa . waktu menstart atau menjalankan adalah: 1. bunyi.Operasi pompa yang dimaksud diatas. Keadaan normal tercapai: . Buka suction valve 3.Batas maksimum pembebanan . Tutup discharge valve 2. suhu. 6. pressure head. Nol – kan Indukator PG 5.Buka discharge valve . Lakukan drain dan vent 4.

pressure head maksimum 3. pemakaian daya. Lakukan drain 6.Dan saat menstop atau menghentikan pompa adalah: 1. Pulihkan rangkaian pipa saluran . Tutup penuh discharge valve 2. Tutupkan suction valve 5. suhu. Periksa keadaan pompa 7. Lakukan pencatatan : getaran. Keadaan normal tercapai switch off 4.

Fan Sentrifugal . .Operasi fan sentrifugal dapat dideskripsikan oleh diagram vektor kecepatan. .Komponen kecepatan ujung (tip speed) ωr adalah tegak lurus dengan jari-jari roda dimana ωadalah kecepatan putar impeller dalam radial per satuan waktu dan r adalah jari – jari impeller pada titik ujung bilah (blade tip). .Kecepatan udara (relatif terhadap bilah) yang ditunjukkan dengan Vb adalah hamper tangensial terhadap bilah karena beberapa slip terjadi akibat pengaruh-pengaruh lapisan batas.Tinggi diagram yang diindikasikan oleh vektorkecepatan radial relatif (Vr) didasarkan pada volume udara yang mengalir melalui fan. .

. Sebaliknya pemilihan terbesar adalah airfoil. . karakteristik tekanan naik akibat volume menurun untuk nbilah BI dan konstan untuk bilah R serta menurun untuk bilah FC. .Karena tekanan fan bergantunf pada hasil kali Vt dan ωr. .Akan menjadi fan bengkol maju. . .Karena laju roda adalah samauntuk setiap kasus.Diagram vektor ini mengilustrasikan bahwa pada laju tertentu..Jika volume menurun. .Vektor kecepatan tangensial relatif yang diindikasikan dengan Vt diproyeksikan dari Vs dalam arah ωr. vektor ωr adalah konstan. vektor Vr menurun dan karena vektor Vb tidak berubah untuk bilah tertentu. Vt meningkat terhadap bilah BI dan tetap konstan dengan bilah R dan menurun dengan bilah FC. pemilihan fan terkecil.Kecepatan absolut yang diindikasikan olehVs adalah resultan dari Vb dan ωr.

TERIMAKASIH .