+

+ Merupakan konsep perencanaan dan kebijakan bidang transportasi yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas sistem jaringan dan fasilitas transportasi Pendekatannya Bersifat dapat secara mikro atau makro (multi-aspek) jangka pendek dan menengah dengan biaya relatif murah .

dan tujuan Tindakan manajemen sistem transportasi Permintaan Transportasi (TDM) Manajemen Keselamatan transportasi jalan . sasaran.+ Pengertian Nilai dan ruang lingkup (value).

+ Sistem Kegiatan (Transport Demand) Sistem Jaringan (Transport Supply) Sistem Pergerakan (Traffic) Sistem Kelembagaan (Law) .

+ Pembangunan Infrastruktur dan Fasilitas Baru Manajemen Operasional Fasilitas Transportasi .

+  Pergeseran kebijaksanaan memerlukan konsep dan metodologi perencanaan yang berbeda dari konsep perencanaan transportasi konvensional baru harus mampu melakukan antisipasi terhadap sub-sistem jaringan jalan. angkutan umum. maupun kebijaksanaan instansi terkait  Konsep  MST umumnya diterapkan pada lingkup daerah yang terbatas .

+ Disiplin Peraturan dan Perundangan Penegakan Hukum Teknik Lalu Lintas Pendekatan Sosial Budaya Teknik Transportasi MST Optimasi dan Efisiensi Koordinasi Instansi Terkait .

+ Mempertahankan atau meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan transportasi efisiensi operasi transportasi (biaya. waktu. keselamatan) dampak kerusakan lingkungan dan dampak sosial-ekonomi Meningkatkan Meminimalkan .

+ Berkaitan dengan efisiensi sistem transportasi :  Mengurangi pemakaian mobil pribadi  Meningkatkan penggunaan angkutan umum  Meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana transportasi  Menekan biaya operasi serta defisit pada sistem yang sedang berjalan  Mengurangi dampak terhadap lingkungan (kebisingan. vibrasi. kualitas udara)  Mengurangi pemakaian energi (bahan bakar) .

+ Berkaitan dengan biaya perjalanan orang dan barang :  Mengurangi waktu tempuh pergerakan orang dan barang  Meningkatkan keselamatan. keamanan dan kenyamanan pergerakan orang dan barang .

anak sekolah  Distribusi pelayanan dan biaya transportasi yang lebih merata dan adil  Mengurangi penggusuran tempat tinggal/usaha dan utilitas publik lainnya .+ Berkaitan dengan dampak sosial dan ekonomi :  Pelayanan transportasi khusus bagi golongan masyarakat yang kurang beruntung. manula. seperti penderita cacat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful