You are on page 1of 8

Kelompok 1

atau dimensi tingkat sel.Definisi Pertumbuhan dan Perkembangan Pertumbuhan (Growth)  Berkaitan dengan perubahan dalam besar. organ maupun individu yang bias diukur dengan ukuran berat (kg/gr) atau ukuran panjang (meter/centimeter) (Soetjiningsih: 1998) Perkembangan (Development)  Menurut Whaley dan wong. perkembangan menitik beratkan pada perubahan yang terjadi secara bertahap dari tingkat yang paling rendah ketingkat yang paling tinggi dan kompleks melalui proses maturasi dan pembelajaran (Supartini. ukuran. . Yupi :2004). jumlah.

Meskipun dapat dipredisikan.Prinsip Tumbuh Kembang  Tumbang terjadi dalam batasan dan pola yang dapat     dipredisikan secara teratur Mempunyai arah cephalucaudal-proximodistaldifferinsiation. irama pertumbuhan individu bervariasi dan dipengaruhi oleh berbagai factor. tingkah laku dan keterampilan didapat dari proses belajar atau latihan dan pemgalaman. . Periode optimal dimana perkembangan membutuhkan stimulasi khusus untuk suatu potensi yang akan capai.

Umur 0-6 bulan b.Tahap Tumbuh Kembang Infant ( 0-12 Bulan ) a. Umur 6-12 bulan Toodlers ( Umur 1-3 Tahun ) Usia Sekolah ( 6-12 tahun) Remaja ( adolesecence ) .

c. Semakin kearah tubuh bagian bawah semakion kecil terbentuk pada tahap elanjutnya. Proximodistal perkembngan dimulai dari pusat tubuh (midline) kebagian yang menjauhi tubuh (perifer). social dan emosionnal. Cephalocaudal kepal mengalami perkembangan pertama. Directional trends a. b. Perkembangan ini mencakup fisik. Differentition Perkembangan dari ysng sederhana kefungsi dan aktivitas yang lebih kompleks. Misalnya bayi terlebih dulu bias mengontrol kepalanya dari pada ekstremitasnya.Pola Tumbuh Kembang Anak 1. . mental. lebih besar dan bersifat kompleks.

3.2. Perkembangana palaing cepat sebelum dan sesudah lahir sampai dengan easrly childhood. Hal ini dapat dilihat darikemampuan motorik. Development pace kecepatan perkembangan setiap anak berbeda. Sensitive periods Periode dimana individu lebih mudah dipengaruhi oleh hal-hal baik yang positif atau negative dari linhkungan. Setiap tahapan awal akan mempengaruhi tahapan berikutnya. Misalmya bayi akan beklajar mengarak sebelum berdiri dan berjalan. . Sequential trends Perkembngan ini sesuai dengan prinsip dan kontinyu dimana anak akan memulai tahap perkembangan. Misalnya pada masa perkembangan fetus dimana fisiologinya akan mudah dipengaruhi oleh berbagai factor. kemudian akan meningkatkan kembali setelah masda adolesense dan berhenti pada masa early adulthood. 4.

Mengelola rangsangan . Fisik Meliputi perubahan ukuran. Mengani kegelisahan akibat suatu frustasi d. Bercinta dan berkasih saying c. Berkaitan dengan kematangan neurologik dan perilaku 3. Emosional bergantung pada kemampuan bayi unuk: a. Intelektual a. 2.Jenis Tumbuh Kembang Anak 1. Kepandaian berkomunikasi dan menangani materi yang bnersifat abstrak dan simbolik. b. berhitung dan membaca. Membentuk ikatan batin b. fungsi organ padas individu. bermain. seperti berbicara.