1.

Pengertian Politik Luar Negeri

Tujuan Politik Luar Negeri

3.

2.

Sejarah Politik Luar Negeri

Landasan Hukum Politik Luar Negeri

4.

1. Pengertian Politik Luar Negeri Suatu kebijaksanaan yang diambil oleh pemerintah dalam rangka hubungannya dengan dunia internasional dalam usaha untuk mencapai tujuan nasional. Politik luar negeri Indonesia adalah Bebas Aktif. .

dan keadilan sosial.1. . •Bebas menentukan sikap apapun yang dilandasi Pancasila dan UUD 1945 dalam menghadapi berbagai masalah internasional. Bebas berarti: •Bebas menentukan masa depan/nasib bangsanya sendiri tanpa campur tangan bangsa atau negara lain. menciptakan ketertiban dunia. aktif menghapuskan penjajahan di dunia. perdamaian abadi. dan menegakkan keadilan dalam dunia internasional. baik Blok Barat maupun Blok Timur ataupun negara . Pengertian Politik Luar Negeri (Bebas Aktif) Aktif artinya: •Tidak tinggal diam dalam menghadapi masalah internasional sesuai dengan komitmen. •Ikut Aktif dalam setiap kegiatan internasional asalkan berdasarkan asas kemerdekaan.negara maju (superpower). •Tidak mengikuti salah satu kewenangan/ kekuatan di dunia ini.

I . Sejarah Politik Luar Negeri (Bebas Aktif) Peristiwa Internasional yang terjadi meletusnya perang dunia ke 2 pada tahun 1939 antara 2 blok kekuatan. yang berada di pihak JEPANG sehingga Jepang tidak membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk menguasai hamper seluruh wilayah ASIA TENGGARA.2. yaitu Negara-negara poros dengan Negara-negara sekutu. Bagian dari perang dunia ke 2 yang terjadi di ASIA dikenal sebagai/ dengan sebutan PERANG ASIA TIMUR RAYA.

2. Amerika Serikat dan Uni Soviet. Sering terjadi salah pendapat di antara kedua raksasa tsb yang mengakibatkan terjadinya perang dingin. Pembagian dunia seolah-olah hanya terdiri dari 2 blok saja. II . menuntut seluruh Negara untuk memilih salah 1 dari blok tsb. Sejarah Politik Luar Negeri (Bebas Aktif) Sejak saat itu muncul 2 kekuatan raksasa dunia yaitu.

Sejarah Politik Luar Negeri (Bebas Aktif) Perkembangan selanjutnya. Pemerintah RI mengalami berbagai kesulitan. Makna bebas aktif adalah tidak terikat oleh 2 kekuatan Adikuasa yang ada (bebas)”.2. Oposisi dari FDR-PKI mengusulkan agar menyikapi pertentangan AS dengan Uni Soviet tsb RI memihak kpd Uni Soviet. III . Untuk meyikapi usulan FDR-PKI maka MOH HATTA memberikan ketrangannya di depan BP-KNIP tanggal 2 September 1948 mengemukakan pernyataan yang merupakan penjelasan tentang “Politik Bebas Aktif”.

Mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia. dan damai. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. dan keadilan sosial. Tujuan Politik Luar Negeri Melindungi segenap bangsa Indonesia dan segenap tumpah darah Indonesia. tentram. . Menciptakan suasana perikehidupan bangsa yang aman.3. tertib. Menciptakan masyarakat adil dan makmur yang merata. perdamaian abadi. baik materiil maupun spirituil.

IV/MPR/1973 . 24 Tahun 2000 Ketetapan MPR •TAP MPRS No. XII/MPRS/1966 •TAP MPR No. Landasan Hukum Politik Luar Negeri Keputusan Presiden Pancasila Nomor 108 Tahun 2003 tentang Organisasi Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri Pembukaan UUD 1945 Alinea I dan Alinea IV Undang-Undang Dasar Negara RI 1945 Pasal 11 ayat 1 Pasal 13 Undang-Undang UU No.4. 37 Tahun 1999 UU No.

1. Asas yg didasarkan pada kekuasaan negara atas daerahnya adalah a) Asas teritorial b) Asas kebangsaan c) Asas kepentingan umum d) Asas kelautan e) Asas wilaya .

Hubungan Internasioal menjadi penting bagi suatu negara.2. karena di masa sekarang diyakini bahwa tidak ada negara yang dapat a) Memanfaatkan sdmnya b) Menahan gempuran negara lain c) Berdiri Sendri d) Berkuasa e) Menjajah negara lain .

Memelihara dan menciptakan hidup berdampingan secara damai dan adil dengan bangsa lain adalah tujuan dari a) Penggunaan sdm b) Hubungan internasioal atau politik luar negri c) Manfaat kerjasama d) Penghasutan negara tersebut e) Kerjasama rasional .3.

interasional adalah a) memelihara dan menciptakan hidup berdampingan secara damai dan adil dengan bangsa lain b) mencegah dan menyelesaikan konflik.4. Yang bukan tujuan hub. permusuhan atau persengketaan c) membangun solidaritas dan sikap saling menghormati antarbangsa d) Membantu negara yg sedang terpuruk agar semakin terpuruk e) menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. . perselisihan. kelangsungan keberadaan dan kehadirannya ditengah bangsa-bangsa lain.

5. Yang termasuk asas hukum internasional adalah a) Asas pancasila b) Asas ketuhanan c) Asas kebangsaan d) Asas pemograman e) Asas kepentingan sendiri .