Ketua

: 1102008008 Sekretaris : Anggota 1102008007

Aditya Arya Putra Diki Apriwan : Adisyari P. Handini Atika Andriani Putri Awaliyah Wahdah 1102008076

1102008047

1102008050 Cut Radhiah Swadia Citra Ayu Hidayati 1102008058 Ibnu Abbas 1102007133 1102008062

Jepang memiliki pendapatan perkapita yang cukup tinggi sebesar US $37.870.SISTEM JAMINAN KESEHATAN DI JEPANG Negara dengan luas 377.864 km² (145. dan perekonomiannya berbasis pada sektor industri yang sangat padat teknologi. .9 juta jiwa ini merupakan kekuatan ekonomi di Asia yang memiliki perkembangan yang sangat pesat.894 miles²) dan berpenduduk 126.

Jepang merupakan negara kepulauan yang terdiri dari suatu rantai kepulauan.776 Secara geografis.ShiHonshu  Tanah berbukit-bukit dan gunung berapi. Secara geografis.Gunung tertinggi adalah Gunung Fuji (gunung berapi yang tidak aktif) pada 3. dan hanya 17% da ri luas total diolah.Yang utama adalah Kyushu. .

Akar pelaksanaan jaminan kesehatan telah ada di Jepang sejak abad ke19. kemudian skema asuransi kesehatan diJepang mengalami perkembangan yang cukup pesat.yaitu  Periode Sebelum PD  Periode Setelah PD .SEJARAH PERKEMBANGAN JAMINAN KESEHATAN  Jepang memiliki sejarah panjang dalam pelaksanaan sistem jaminan kesehatan bagi masyarakatnya.Secara umum perkembangan sistem jaminan kesehatan di Jepang dibagi menjadi 2 periode.

yang waktu itu merupakan jaminan bagi pekerja di sektor swasta.PERIODE SEBELUM PD periode Sebelum PD adalah pertama kalinya Jepang memberlakukan jaminan kesehatan secara formal. yang ditandai dengan pemberlakuan Health Insurance Law .

Pada sistemjaminan kesehatan ini hanya sedikit perusahaan yang memberikan jaminan kesehatan secara penuh kepada para pekerjanya. . Sistem jaminan kesehatan yang diperkenalkan ini hanya memberikan perlindungan secara parsial kepada para pekerjanya dan benefit yang diterima tidak komprehensif.HEALTH INSURANCE LAW Pada tahun 1922.

. Pada tahun 1958 dilakukan revisi terhadap system jaminan kesehatan nasional. dan kemudian pada tahun 1961 sistem jaminan kesehatan di Jepang mengalami perkembangan yang sangat signifikan dengan diberlakukannya universal coverage bagiseluruh masyarkat.PERIODE PASCA PD Secara berangsur-angsur sistem jaminan kesehatan mulai diperkenalkan dan ditingkatkan secara bertahap. dengan memberikan 50% benefit bagi peserta jaminan kesehatan. yang diikuti dengan dibentuknya lembaga jaminan sosial.

. sedangkan jaminan kesehatan nasional memberikan 50% masing-masing untuk peserta dan tanggungannya.dan diberikannya subsidi10% bagi sistem jaminan kesehatan yang dikelola oleh pemerintah.diperkenalkannya batas atas biaya yang ditanggung oleh pasien. Social Insurance Agencies peserta jaminan kesehatan bagi pekerja 100% jaminan bagi peserta dan 50% bagi tanggungannya. Pada tahun 1973 kembali dilakukan revisi terhadap sistem jaminan kesehatan dengan ditingkatkannya benefit bagi tanggungan peserta menjadi 70% untuk peserta jaminan kesehatan pekerja.

KONDISI JAMINAN KESEHATAN DI JEPANG SAAT INI Jaminan kesehatan diberikan kepada seluruh masyarakatnya. mulai dari penyakit umum hingga penyakit yang memerlukan penanganan khusus dengan menggunakan teknologi yang mutakhir seperti Tubercolosis (TBC). . sesuai dengan program yang diikuti.

.5 juta tempat tidur. Di Jepang saat ini terdapat lebih dari 1000 rumah sakit mental. 8700 general hospital dan 1000 comprehensive hospital dengan total 1.000 serta sejumlah 79. Ditambah dengan klinik gigi sebanyak 48.000 unit layanan kesehatan dengan fasilitas rawat jalan maupun rawat inap.

JENIS JAMINAN KESEHATAN Di Jepang sistem jaminan kesehatan dibagi menjadi 3 cluster secara umum. yaitu : 1. . dan kematian. melahirkan luka. Keluarga tertanggung adalah keluarga sampai dengan level ke -3. Employer-Based Insurance  Employer-Based Insurance adalah sebuah sistem asuransi berbasis tempat kerjayang memberikan bantuan keuangan kepada para pekerja yang digaji oleh perusahaan dan juga kepada anggota keluarga tanggungannya dengan memberikan manfaat asuransi dalam hal sakit. yaitu sampai pada kakek/nenek dan cucu.

2. Jenis asuransi ini dibagi me njadi 2.yaitu : . para pekerja di sektor informal serta wiraswastawan (self employed). Termasuk didalamnya adalah para petani. National Health Insurance  adalah sistem asuransi yangmeng-cover orang-orang yang tidak tercakup dalam sistem asuransi Employer-Based Insurance.

bagi para warga negara asing yang memiliki gaijin card . dimana skema pembiayaan dan pemberian benefit disesuaikan dengan kondisi daerah masingmasing. Asuransi ini juga berlaku bagi warga negara asing yang tinggal 1 tahun.NATIONAL HEALTH INSURANCE UNTUK TIAP KOTA  National Health Insurance UnionTiap-tiap kota memiliki kewenangan untuk mengatur pelaksanaan jenis asuransi ini. .

 Dapat menerima layanan asuransi National Health Insurance dengan mendaftarkan diri mereka di kantor jaminan sosial di kota yang ditinggali. . Kepesertaan asuransi ini disesuaikan dengan kota tempat tinggal peserta. artinya peserta yang melakukan perpindahan kota tempat tinggal harus menghapuskan kepesertaan mereka di kota yang lama dan kemudian mendaftarkan kepesertaan yang baru di kota tempat tinggal barunya.

 Asuransi jenis ini mendapatkan subsidi dari pemerintah sebesar 50% daritotal pengeluaran pemerintah untuk belanja kesehatan.karena tidak seluruh jenis obat di tanggung oleh asuransi ini. Peserta dan tanggungan dalam jenis asuransi ini mendapatkan 70% benefit dan harus membayarkan 30%sebagai cost sharing dan ada kemungkinn tambahan untuk biaya obat -obatan. .

 3. .diperkenalkan pertama kali pada tahun 1983 untuk menyebar beban penyediaan pelayanan kesehatan kepada skema asuransi yang telah berjalan di Jepang.Keanggotaan bagi asuransi ini diperuntukan bagi penduduk dengan usia yang telah mencapai 70 tahun atau bagi penduduk dari usia 65 ± 69 tahun yang memiliki cacat permanen (disability). National Health Insurance For Elderly. dan diperkenalkannya cost sharing bagi para lansia.

. Secara historis Jepang dapat dengan mudah menerapkan sistem jaminan kesehatan bagi masyarakatnya karena budaya Jepang telah mengenal konsep asuransi sejak tahun 1835.KESIMPULAN Jaminan kesehatan di Jepang telah banyak mengalami perkembangan semenjak diperkenalkan pertama kali pada tahun 1922.

karena itu pemerintah menyediakan jenis asuransi kesehatan yangdimaksudkan untuk menjaring penduduk yang tidak tercakup dalam jaminan kesehatan yang berbasis tempat bekerja (Employer Based Insurance). termasuk tenaga kesehatannya. Asuransi kesehatan merupakan hal yang wajib bagi seluruh penduduk Jepang. Setiap orang harus terdaftar dalam asuransi kesehatan. perawatan kesehatan gigi. .Sekuruh dana kesehatan mencakup secara luas jaminan kesehatan mulai dari perawatan rumah sakit. obat -obatan dan bahkan sampai layanan transportasi dan pemakaman. baik warga negara Jepang maupun warga Negara asing yang menetap di Jepang lebih dari satu tahun.

com/new/welfares.sia.go.jp/index.html  www.DAFTAR PUSTAKA www.jp  .mhlw.go.japan-zone.html  www.