DASAR-DASAR KESEHATAN & KESELAMATAN KERJA / K 3 RUMAH SAKIT

supangkat_k3@yahoo.com

Workshop Nasional K3 Rumah sakit Jakarta, 26-27 Februari 2014
KOleh : Baju Widjasena Bagian K3 FKM UNDIP

supangkat_k3@yahoo.com

1.satu dari lima korban tewas akibat keracunan asap genset di Klinik Sapta Mitra, Pengasinan, Rawalumbu, Kota Bekasi, Selasa siang, 11 Februari 2014, sudah dibawa ke rumah duka di Perumahan Jatimulya, Jalan Cempedak V, Kelurahan Jatimulya, Tambun Selatan. Dia baru bekerja freelance di Klinik itu sejak Senin kemarin. Saat ini dia tengah mencari pekerjaan tetap sebagai dokter di rumah sakit setelah selesai mengabdi di Samboja Kalimantan Timur 2.Sebanyak 37 orang harus dilarikan ke Rumah Sakit Yadika, Pondok Bambu, Jakarta Timur, lantaran diduga keracunan makanan jamuan pernikahan. Mereka awalnya mengalami mual-mual dan buang air besar usai menyantap menu utama yang disediakan katering acara tersebut. Menurut salah satu korban, Tioma, 45, para tamu kebanyakan makan daging, tetapi setelah itu banyak yang mengeluh ingin muntah. Daging itu memang olahan khas Batak. "Dugaan awal sudah kedaluwarsa. Awalnya pusing-pusing lalu seperti mau muntah," kata dia, Sabtu 6 April 2013.

I S U K 3

(H2O), gas CO, CO2, NOx , HC, (SOx)

ISU K3 RS

supangkat_k3@yahoo.com

Beberapa isu K3 RS yang penting adalah :  Keselamatan pasien dan pengunjung  Keselamatan dan kesehatan petugas kesehatan  Keselamatan bangunan  Keselamatan lingkungan

supangkat_k3@yahoo.com

DASAR HUKUM
Dasar hukum yang terkait dengan pelaksanaan K3 RS :  UU No.1 tahun 1970 Tentang Keselamatan Kerja  UU No.36 tahun 2009 Tentang Kesehatan  UU No 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit berisi akreditasi RS dan syarat fisik RS  Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan  Permenaker Nomor 5/Men/1996 tentang SMK3  Permenkes Nomor 432/Menkes/ SK/IV/2007 tentang pedoman Manajemen K3 Rumah Sakit  Permenkes Nomor 432/Menkes/ SK/VIII/2010 tentang Standar K3 Rumah Sakit

. promosi kesehatan.com KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA  Upaya untuk memberikan jaminan keselamatan dan meningkatkan derajat kesehatan para pekerja/buruh dengan cara pencegahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja. pengendalian bahaya di tempat kerja. pengobatan dan rehabilitasi.supangkat_k3@yahoo.

com TUJUAN K3 RUMAH SAKIT adalah terciptanya :  cara kerja. dan  dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan karyawan RS.  lingkungan kerja yang sehat. aman.supangkat_k3@yahoo. nyaman. .

Melindungi karyawan dari Penyakit Akibat Kerja (PAK) b. Mempertahankan kelangsungan operasional RS c. Bagi karyawan RS : a.com . Kepuasan pasien dan pengunjung supangkat_k3@yahoo. Meningkatkan mutu pelayanan b. Bagi pasien dan pengunjung : a. Meningkatkan citra RS. Mencegah terjadinya Kecelakaan Akibat Kerja (KAK) 3. 2. Bagi RS : a.MANFAAT K3 RUMAH SAKIT 1. Mutu layanan yang baik b.

Jenis kelamin .supangkat_k3@yahoo.Ukuran tubuh -Ergonomi -Psikologi .Kesegaran jasmani & rohani .usia .com Faktor-faktor yg mempengaruhi kesehatan tenaga kerja Beban kerja -Fisik -Mental Lingkungan kerja -Fisik -Kimia -Biologi Kapasitas kerja .Status kesehatan/gizi .Ketrampilan .

com IDENTIFIKASI POTENSI BAHAYA .supangkat_k3@yahoo.

supangkat_k3@yahoo.com IDENTIFIKASI POTENSI BAHAYA .

supangkat_k3@yahoo.com IDENTIFIKASI POTENSI BAHAYA .

Sistem Tanggap Darurat RS : BSB dan Internal.com KEGAWATDARURATAN   Kegawatdaruratan merupakan suatu kejadian yang dapat menimbulkan kematian atau luka serius bagi pekerja. .supangkat_k3@yahoo. pengunjung ataupun masyarakat atau dapat menutup kegiatan usaha. mengganggu operasi. menyebabkan kerusakan fisik lingkungan ataupun mengancam finansial dan citra RS.

com DENAH EVAKUASI .supangkat_k3@yahoo.

supangkat_k3@yahoo.com PETUNJUK EVAKUASI .

com KESELAMATAN KERJA DI RUMAH SAKIT Kecelakaan Kerja  Kecelakaan kerja adalah kejadian yang tidak terduga dan tidak diharapkan. jika yang menjadi korban petugas laboratorium itu sendiri. .supangkat_k3@yahoo. kerugian material dan penderitaan dari yang paling ringan sampai kepada yang paling berat. Biasanya kecelakaan menyebabkan. jika yang menjadi korban pasien 2. Kecelakaan medis. Kecelakaan di laboratorium dapat berbentuk 2 jenis yaitu : 1. Kecelakaan kerja.

c. Awalnya extremitas masih nampak hidup Trauma vascular parsial menyebabkan : Bagian distal trauma amputasi dingin Pengisian kapiler lambat Pulsasi melemah Nadi tdk teraba dan pucat .com LUKA AMPUTASI   a. b. d.supangkat_k3@yahoo.

supangkat_k3@yahoo.com LUKA AMPUTASI TINDAKAN  Boleh lakukan Turniket  Anggota yg teramputasi: 1. Cuci dengan larutan isotonik 2. Bungkus dengan kasa steril 3. Pada saat evakuasi. Masukkan ke kantong plastik / termos yg berisi pecahan es 4. bagian extremitas yg terpotong dibawa bersama korban .

com LUKA BENDA MENANCAP   Jangan langsung dicabut ! Segera fiksasi benda yang menancap .supangkat_k3@yahoo.

supangkat_k3@yahoo.com LUKA BENDA MENANCAP .

supangkat_k3@yahoo. .com ALAT KESEHATAN  adalah instrumen. aparatus. meringankan penyakit dan merawat orang sakit. menyembuhkan. mesin dan atau implan yang tidak mengandung obat yang digunakan untuk mencegah. mendiagnosis.

com ALAT KESEHATAN .supangkat_k3@yahoo.

com ALAT KESEHATAN .supangkat_k3@yahoo.

sistem jaringan gas medis. penangkal petir.supangkat_k3@yahoo. sistem pemadaman kebakaran.com ALAT KESELAMATAN  Beberapa sarana Keselamatan kerja yang perlu diawasi antara lain bejana tekan uap. Sarana tesebut perlu mendapat pemeliharaan dan pengawasan sehingga aman dalam pengoperasiannya. .

com  is a new healthcare discipline that emphasizes the reporting. analisis. analysis. .  adalah disiplin kesehatan yang baru yang menekankan pelaporan. and prevention of medical error that often leads to adverse healthcare events.supangkat_k3@yahoo. dan pencegahan kesalahan medis yang sering menyebabkan kejadian yang merugikan kesehatan.

com Penetapan Kebijakan K3 dan menjamin Komitmen Perencanaan K3 Pengukuran dan Evaluasi Penerapan K3 .5 prinsip dasar dalam penerapan SMK3 Peningkatan Berkelanjutan Peninjauan Ulang Peninjauan & Peningkatan Ulang& SMK3 oleh Peningkatan Manajemen oleh manajemen supangkat_k3@yahoo.

com KESELAMATAN PASIEN Suatu proses pelayanan pasien yang aman terdiri dari: 1. analysis. . Tindak lanjut dan solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko   is a new healthcare discipline that emphasizes the reporting. Asesmen risiko 2. and prevention of medical error that often leads to adverse healthcare events. Pelaporan dan analisis insiden 4. Identifikasi dan manajemen risiko 3.supangkat_k3@yahoo.

com IRAMA SIRKARDIAN .supangkat_k3@yahoo.

com IRAMA SIRKARDIAN .supangkat_k3@yahoo.

com DAMPAK ZAT KIMIA .supangkat_k3@yahoo.

supangkat_k3@yahoo.com MANUAL HANDLING .

com POSTUR MEMBUNGKUK .supangkat_k3@yahoo.

supangkat_k3@yahoo.com POSTUR DUDUK .

com 3. pengunjung Ketua : pimpin & koord kegiatan org Sekretaris : pimpin & koord kesekretariatan Anggota: laksanakan tugas org & rapat Bahas masalah k3 Rekomendasi Rumusan pemecahan Masalah berdasar Data &info berupa .supangkat_k3@yahoo.Mekanisme kerja pelaksana K3 Komunikasi rekomendasi Peninjauan Pada Direktur Ulang & Komunikasi pencegahan Peningkatan KAK & PAK pd pekerja. oleh manajemen pasien.

supangkat_k3@yahoo.com PEKERJAAN KOMPLEKS .

supangkat_k3@yahoo.com PEMAKAIAN APD .

supangkat_k3@yahoo.com KEGIATAN MENYUNTIK/AMBIL DARAH .

supangkat_k3@yahoo.com LAY OUT LABORATORIUM .

com PENGENDALIAN INFEKSI NOSOKOMIAL PADA PASIEN DAN PEKERJA .supangkat_k3@yahoo.

supangkat_k3@yahoo.com PENANGKAL PETIR & BEJANA TEKAN .

:021-8651870.:081294079047. dan informasi lainya dapat dikirim ke Drs.P.com .Supangkat.supangkat_k3@yahoo. Hp.MM.com Safety is Everybody’s Responsibility Kritik . Tlp. 081934144594 E-mail: supangkat_k3@yahoo.saran.