You are on page 1of 26

Konsep Bermain Pada Anak

PENGERTIAN BERMAIN
• Kegiatan yang dilakukan secara sukarela untuk memperoleh kesenangan atau kepuasan. • Cerminan kemampuan fisik, intelektual, emosional dan sosial dan merupakan media yg baik utk belajar.

Fungsi Bermain • Merangsang perkembangan sensoris – motoris • Merangsang perkembangan intelektual • Merangsang perkembangan sosial • Merangsang perkembangan kreativitas • Merangsang perkembangan kesadaran diri • Merangsang perkembangan moral • Bermain sebagai terapi .

Tujuan bermain • Untuk melanjutkan pertumbuhan dan perkembangan yg normal • Mengekspresikan perasaan. keinginan dan fantasi serta ide-idenya • Mengembangkan kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah • Dapat beradaptasi secara efektif terhadap stres karena sakit dan dirawat di RS .

Faktor yg mempengaruhi aktivitas bermain • • • • • Tahap perkembangan anak Status kesehatan anak Jenis kelamin anak Lingkungan yang mendukung Alat dan jenis permainan yg cocok atau sesuai bagi anak .

bermain konstruksi (construction play) c. dsb . Jenis bermain aktif meliputi : a. bermain drama ( dramatic play ) d. Bermain bola. tali.Jenis Bermain 1. Bermain aktif Seorang anak aktif melakukan sendiri dan sumber rasa senang yg diperoleh anak berasal dari apa yang dilakukan oleh anak itu sendiri. bermain mengamati/menyelidiki ( exploratory play ) b.

melihat gambar dibuku. menonton TV. . mendengarkan musik atau cerita.2. Mis. Bermain pasif Yaitu anak melakukan kegiatan dengan sedikit menggunakan aktivitas fisik dan sumber rasa senangnya diperoleh dari aktivitas yang dilakukan oleh orang lain.

Social affective play ( bermain afektif sosial ) Inti permainan ini adalah adanya hubungan interpersonal yg menyenangkan antara anak dan orang lain. b. Bayi akan berespon thd tingkah laku ortunya. Sense of pleasure play ( bermain bersenang – senang ) Permainan ini mengg alat yg dapat menimbulkan rasa senang pada anak & biasanya mengasyikkan. .Klasifikasi Bermain Berdasarkan Isi Permainan a.

c. memindahkan benda dari satu tempat ketempat lain. d. khususnya motorik kasar dan halus. Mis bayi akan terampil memegang benda2 kecil. Games ( Permainan ) Jenis permainan yg mengg alat tertentu yg mengg perhitungan dan atau skor . Jd ketrampilan tsb diperoleh melalui pengulangan kegiatan permainan yg dilakukan. Skill Play ( Bermain Ketrampilan ) Permainan ini akan meningkatkan ketrampilan anak.

f. tertawa. meja atau apa saja yg ada disekelilingnya. . jinjit2. memainkan kursi. tersenyum. Dramatic Play ( Bermain dramatik ) Anak memainkan peran sebagai orang lain melalui permainannya.e. bungkuk2. anak sering terlihat mondar – mandir. Unccupied Behavior ( bermain menyelidiki ) Pada saat tertentu.

Klasifikasi Bermain Berdasarkan Karakter Sosialnya a. tidak ada kerjasama ataupun komunikasi dg teman sepermainannya. tapi anak bermain sendiri dg alat permainan yg dimiliknya dan alat permainan tsb berbeda dg alat permainan yg digunakan temamnya. tanpa ada inisiatif untuk ikut berpartisipasi dalam permainannya. b. Solitary Play ( Bermain mandiri ) Anak berada dlm klpk permainan. Onlooker Play ( Bermain dg melihat ) Anak hanya mengamati temanya yg sedang bermain. .

Associative Play ( Bermain assosiatif ) Pada permainan ini sudah terjadi komunikasi antara satu anak dg anak lain tetapi tidak terorganisasi.c. d. tidak ada pemimpin atau yang memimpin permainan dan tujuan permainan tidak jelas. . Paralel Play ( bermain paralel ) Anak dpt mengg alat permainan yg sama tetapi antara satu anak dg anak lain tidak terjadi kontak satu sama lain shg antara satu anak dg anak lain tidak ada sosialisasi satu sama lain.

Cooperative play ( bermain kooperatif ) Aturan permainan dalam kelompok tampak lebih jelas pada permainan jenis ini. .e. juga tujuan dan pemimpin permainan.

. kognitif dan sosial. bahasa.ALAT PERMAINAN EDUKATIF ( APE ) Merupakan alat permainan yg dapat mengoptimalkan perkembangan anak sesuai dengan usia dan tingkat perkembangannya dan yang berguna untuk perkembangan aspek fisik.

mudah di dapat dan terjangkau oleh masyarakat .Syarat APE • • • • • • • Keamanan Ukuran dan berat Desain Fungsi yang jelas Variasi APE Universal Tidak mudah rusak.

pensil warna. puzzle. tali. radio . buku cerita. dll 2. mainan yg ditarik dan didorong. pensil. balok. Pertumbuhan fisik / motorik kasar sepeda roda tiga/dua. Motorik halus Gunting. lilin dll 3. bola. Kognitif / kecerdasan Buku bergambar.Contoh alat permainan balita & perkembangan yang di stimuli : 1. boneka.

Menolong diri sendiri Gelas / piring plastk. bola. sendok. radio. . buku cerita. tape. majalah. TV. Bahasa Buku bergambar.d. dll f. tali dll. kaos kaki. sepatu. e. baju. Tingkah laku sosial Alat permainan yg dapat dipakai bersama misalnya conklak.

Jenis Alat Permainan Berdasarkan Kelompok Umur 1. melatih utk mencari objek yg ada tapi tidak kelihatan. . Masa bayi ( 0 – 1 tahun ) Perkembangan anak mulai dilatih dg adanya refleks. kepekaan perabaan. melatih kerjasama antara mata dan tangan. mata dan telinga dlm berkoordinasi. ketrampilan dg gerakan yg berulang shg fungsi bermain pada usia ini sudah dapat memperbaiki pertumbuhan dan perkembangan. melatih mengenal suara.

Karakteristik permainan pada masa bayi berdasarkan isi adalah permainan yg memungkinkan anak berinteraksi dg ling sosialnya ( social afektive play ) dan permainan yg memberikan kesenangan pada anak ( sense of pleasure ) . giring2. mainan yg bersuara. boneka orang / binatang yg lunak.Contoh alat permainan : Benda yg aman untuk dimasukkan ke mulut. bola dll.

Masa Balita ( 2 – 3 tahun ) Anak cenderung utk melekat pada satu macam mainan yg dapat diperlakukan sesuka anak tersebut. Tujuan bermain pd usia ini : a) Mengembangkan ketrampilan bahasa b) Melatih motorik kasar dan halus c) Mengembangkan kecerdasan d) Melatih daya imajinasi e) Menyalurkan perasaan anak .2.

alat utk menggambar. Jenis permainan pd masa ini tergolong dlm permainan utk suatu ketrampilan (skill play) dan bermain bersama teman tanpa interaksi ( paralel play ) .Alat permainan yg dianjurkan pada masa ini adalah lilin yg dapat dibentuk. manik2 dan alat-alat rumah tangga.

3. a) b) c) d) e) Masa prasekolah akhir ( 4-5 thn ) Tujuan bermain pada masa ini : Mengembangkan kemampuan berbahasa serta menyamakan dan membedakan Merangsang daya imajinasi Menumbuhkan sportivitas. kreativitas dan kepercayaan diri Memperkenalkan ilmu pengetahuan. sosialisasi dan kemampuan mengendalikan emosi . suasana gotong royong dan kompetisi Mengembangkan koordinasi motorik.

balok dan aktivitas berenang.Jenis permainan yg dimainkan adalah permainan peran ( dramatic play ). Alat permainan yg dianjurkan : buku / majalah. alat tulis / krayon. anak mulai bermain dg temannya tapi tidak ada tujuan ( asosiatif play ). Berdasarkan karakter sosial. permainan yg meningkatkan ketrampilan ( skill play ). .

. cemas. nyeri dan persaan yg tidak menyenangkan lainnya seringkali dialami anak.Bermain Utk Anak Yg Dirawat Di RS Perawatan anak di RS mrpkan pengalaman yg penuh dg stress baik bagi anak maupun ortu. Perasaan seperti takut. Media yg efektif utk mengekspresikan perasaan dan pikiran anak. tegang. mengalihkan perasaan nyeri dan relaksasi adalah melalui bermain.

takut. tegang dan nyeri. .Keuntungan Bermain Bagi Anak Di RS Meningkatkan hub antara klien dan perawat Perawatan di RS akan membatasi kemampuan anak untuk mandiri Membantu anak mengekspresikan perasaan dan pikiran. sedih. Permainan yg terapetik akan dpt meningkatkan kemampuan anak utk mempunyai tingkah laku yg positif Permainan yg memberi kesempatan pada beberapa anak utk berkompetisi scr sehat. cemas.

Prinsip Bermain di Rumah Sakit Tidak membutuhkan banyak energi. singkat dan sederhana  Relatif aman dan terhindar dari infeksi silang  Sesuai dg kelompok usia  Tidak bertentangan dg terapi  Perlu partisipasi dari ortu dan keluarga  .