You are on page 1of 16

PHYLUM COELENTERATA

KELOMPOK 1. ABDUL MANAF (D61109276)

1

Sexual -.PHYLUM COELENTERATA Coelenterata Berasal dari bahasa latin : Kailos/Hollow = cekung Enteron/Intestine= dalam = Hewan yang mempunyai cekungan (berlekuk) pada bagian dalamnya Perkembangbiakan : -. Asexual 2 .

terutama dalam bentuk Secyl Mempunyai 2 bentuk : -. dengan satu lubang yang berfungsi          sebagai mulut (dikelilingi oleh tentakel) Termasuk fauna invertebrata (tidak bertulang belakang) Dinding tubuh terdiri dari : -. Endodermis (Gastroderm) >> lapisan dalam Mulut langsung berhubungan dengan rongga Gastrovasekuler>>enteron Sistem saraf terletak disepanjang dinding tubuhnya Disekitar mulut tdp tentakel yang berfungsi sebagai anus Hidup secara koloni dan soliter. Epidermis (ektoderm) >> lapisan luar -. dijumpai sebagai fosil hanya berupa jejak (impression) 3 .Ciri-ciri Coelenterata  Bentuk simetri radial/biradial. Polyp : kerangka zat tanduk/karbonat -. Medusa : tidak mempunyai bagian yang keras.

Polyp : bentuk seperti tabung & membuka keatas. dsb sebagai Eksoskeleton/Hydrotheca Medusa : bentuknya seperti payung dengan tentakel yang menggantung sepanjang tepi dengan mulut terdapat pada bagian akhir manubrium. Terdapat Gonad. yang berfungsi sebagai penghasil sel-sel reproduksi Hidup berenang secara nektonik & planktonik Dijumpai 2 macam Canal (Circular (berjumlah satu) & Radial (berjumlah empat & kelipatannya) 4 . sebagian mulut dikelilingi oleh tentakel dan bagian bawahnya tertutup. menambatkan diri pada dasar (benthos secyl) & kerangkanya bersifat Calcareous Mempunyai bagian yang keras.

Fisiografi bentuk Polyp & Medusa 5 .

tetapi beberapa jenis hidup didaerah air tawar. Kelas Hydrozoa Kelas hidrozoa. Golongan ini mempunyai bentuk seperti lonceng atau vase dengan tentakeltentakel disekeliling mulut. Umumnya jenis ini berkembang biak secara seksual dan aseksual.umumnya hidup didaerah marine.KLASIFIKASI PHYLUM COELENTERATA 1. Kelas ini terbagi atas beberapa ordo yaitu : - Ordo Hydroida Ordo Hydrocotallina Ordo Trachylina Ordo Siphonophora 6 .

hidup dimarine bahkan dapat membentuk lapisan-lapisan yang tebal yang sangat luas. Kelas ini dibagi dalam 3 ordo yang meliuti 65 genus dan 320 species. Kuhn (1939) membagi kelas ini menjadi tiga yaitu : 1.pada umumnya mempunyai jangka hidup dari zaman kambrium. Kelas Stomatoporoidae Kelas Stromatoporoidea merupakan kelas organisme yang sudah punah. Ordo stromatoporidae.2.disisni dilihat macam-macam koloni yaitu : koloni Hidrozoid dan batrizoid. Yang keduanya biasanya berbentuk tabung dengan permukaan luar yang tidak rata. terdiri dari beberapa famili :  Family Stromatoporidae : ord – perm  Family Fisyectoporidae : trias – cretaseaus  Family actinosstromidae: cambrium – devon  Family Clathodicyonidae: cambrium – devon 7 .

Ordo ahaeractinoidea.2. Ordo Labechiodea.terdiri dari beberapa family yaitu :  Family Labechidae : ord – perm  Family Idiosromidae : silur – devon  Family Aulaceridae : ord – perm 3.juga terbagi dalam 3 family :  Family sheractinidae : perm – cret  Family heterastrudidae : trias – cret  Family songiomorphdae : trias – jura 8 .

dengan tentakel mencapai 40 meter.2. Kelas Scypozoa Ciri-ciri Klas Scyphozoa :  Bentuk tubuh medusa.  Hidup pada Kambrium Tengah – Resen. 9 .  Fosil dijumpai dalam bentuk cetakan.  Hidup soliter dengan berenang  Diameter tubuh dapat mencapai lebih dari 2 meter.

. Stomolopus sp.. dan Chrysauna quinquecirrha.Klas Scyphozoa terdiri dari beberapa ordo.. 10 . Pelagia sp. yaitu :  Ordo Stauromedusae  Ordo Cubomedusae  Ordo Coronata  Ordo Discomedusae  Ordo Trachylina Contoh kelas ini antara lain Aurelia sp.

Kelas Anthozoa Ciri-ciri Klas Anthozoa :  Bentuk tubuh polip. menyerupai bunga.4.  Hidup soliter dan sebagian besar berkoloni. yaitu bertunas (lateral building) atau membelah diri (caicyl building) 11 .  Pada theca terdapat sekat vertikal (Septa) dan Horisontal (Tabula)  Berkembang biak dengan dua cara.  Tubuh mempunyai eksoskeleton (Theca).

. Meandrina sp. Acropora sp.Kelas Anthozoa terdiri dari 5 sub-kelas :  Sub-kelas Alcyonaria  Sub-kelas Zoantharia  Sub-kelas Tetracorallia  Sub-kelas Tabulata  Sub-kelas Schizocorallia Contoh anggota kelas ini adalah Tubifora musica. dan Anthipates sp 12 ..

CONTOH FOSIL COELENTERATA 13 .

Kegunaannya dalam Geologi Coelenterata merupakan penciri kehidupan terumbu karang di laut. sehingga kehadirannya sangat membantu dalam penentuan umur dan terutama lingkungan pengendapannya (lingkungan laut/marine) 14 .

scribd.html  http://perpustakaancyber.scribd.blogspot.DAFTAR PUSTAKA  http://www.html  http://theotherofmyself.com/doc/39508923/CoelenterataPhi#download  http://www.wordpress.com/ctenophora.com/doc/51351072/PHYLUMCOELENTERATA 15 .bimbie.com/tag/perkembangancoelenterata/  http://www.com/2012/12/filum- cnidaria-coelenterata-pengertian-ciri-ciri-klasifikasireproduksi-contoh.

TERIMA KASIH .