You are on page 1of 20

TUGAS GIZI DAN

PANGAN
KELOMPOK 3

DAMPAK
KEKURANGAN
AIR

dan kognitif) Kekurangan air juga dapat menimbulkan kelelahan . psikomotor.PENELITIAN MENUNJUKKAN Kekurangan air sebesar 1% berpotensi menimbulkan gangguan mood Kekurangan air sebesar ≥2% akan menurunkan kemampuan fisik (visuomotor.

PATOGENESIS GANGGUAN KOGNITIF KEKURANGAN AIR KURANG AIR EFEK INTRASELULER SITOKININ MENINGKAT PERUBAHAN FARMAKOKINETIK PENINGKATAN BEBAN ANTI KOLINERGIK DEPLESI VOLUME INTRAVASKULAR HIPOPERFUSI SEREBLAL ISKEMI KARDIAK TROMBOEMBOLI GANGGUAN KOGNITIF EFEK EKSTRASELULER GANGGUAN IMBANGAN ELEKTROLIT UREMIA AKIBAT GANGGUAN GINJAL ALKALOSIS KONTRAKSI .

Dibutuhkan volume air yang optimal untuk tubuh berfungsi dengan baik. tergantung pada: Ukuran fisik Umur Jenis kelamin Pekerjaan Lingkungan Makanan . Kebutuhan air setiap individu berbeda.

KEKURANGAN AIR  Kondisi kurangnya air intrasel atau kekurangan cairan pada ekstrasel Kekurangan air dibagi 2: Hipovolemia (deplesi volume) Kondisi pengurangan volume vairan ekstrasel terjadi bila keluaran airnya adalah cairan isotonik terjadi pada pendarahan dan diare .

 Dehidrasi Terjadi bila keluaran airnya cairan hipotonik. mengakibatkan pengurangan volume cairan intrasel yang disebut dehidrasi. . Biasa terjadi pada pasien diabetes insipidus dan pada usia lanjut. Hal ini akan mengakibatkan peningkatan tonisitas plasma sehingga menyebabkan air di intrasel bergerak menuju ekstrasel.

Dehidrasi akan menimbulkan gejala hipernatremia.Dehidrasi dan hipovolemia dapat terjadi pada pekerja dalam lingkungan yang sangat panas. Gejala hipernatremia akut (kadar natrium >158 mEq/L) yaitu:\ Kelemahan tubuh Gelisah Kejang hingga koma Kematian jika kadar natrium darah >180 mEq/L . pelari marathon jarak jauh yang mana menyebabkan pengeluaran keringat (cairan hipotonik) secara berlebihan.

Hipovolemia pada tingkat yang ringan menimbulkan:  Rasa lemah  Cepat lelah  Haus  Kram otot  Hipotensi ortostatik (melihat gelap saat berdiri lama) Pada tingkat berat (kurang air ≥6% berat badan) menyebabkan:  Otot lemah  Bicara tak lancar  Bibir membiru  shock .

pusing. kehilangan cita rasa. pusing. berhalusinasi. bibir membiru 9-11 Kejang. keseimbangan dan sirkulasi yang . kulit merasa panas. otot lemah.PERSENTASE KEHILANGAN AIR TUBUH DENGAN TANDA DAN GEJALANYA % Kehilangan berat badan karena air Tanda – tanda yang ditimbulkan 1-2 Rasa haus yang kuat. tidak sabar. sesak nafas. ketidakstabilan emosi 6-8 Peningkatan suhu tubuh. perasaan tidak nyaman 3-5 Mulut kering. lidah bengkak. muntah. bekerja dan konsentrasi lebih sulit. peningkatan denyut jantung dan pernafasan. bicara tak lancar. pengeluaran urin berkurang. mengantuk. gemetar berlebihan.

namun pada penyakit peningkatan hormon ADH yang otonom pada SIADH (syndrome of inappropriate ADH secretion).KELEBIHAN AIR TUBUH Untuk orang sehat. dan kadar albumin pada serum rendah. penyakit ginjal kronik (PGK). gagal jantung. . belum ada data tentang batas atas kebutuhan air. Pada usia lanjut asupan air >1500 mL/24 jam menimbulkan hiponatremia.

KEBUTUHAN AIR KELOMPOK KHUSUS .

IBU HAMIL DAN MENYUSUI Kebutuhan air selama masa kehamilan meningkat agar dapat mendukung sirkulasi janin. yaitu kondisi dimana adanya tekanan pada kandung kemih oleh uterus yang membesar . Apalagi jika mengalami inkontinesia urin fisiologi. Pada trisemester tiga kebutuhan air lebih banyak. produksi cairan amnion dan volume darah yang meningkat.

8 L/hari The institute of medicine.Dampak hipovolemia pada kehamilan Hipovolemia ringan akut Hipovolemia ringan kronik Oligohidroamnionn Kala persalinan lama Gangguan pada janin Urolitiasis Infeksi saluran kemih konstipasi Hipertensi Tromboembolisme vena Ibu hamil umumnya dianjurkan untuk meminum 8-10 gelas air/hari.1 L (13 gelas)/hari Dan banyak lagi pendapat tentang asupan air yang baik untuk ibu hamil. Menurut AKG kecukupan air untuk ibu hamil 2. untuk ibu menyusui 2.3 L/hari. merekomendasikan wanita hamil untuk mendapat asupan air sekitar 3. tidak berlebihan dan memilih sumber air minum yang aman. National academies of science. namun yang perlu disadari adalah konsumsi yang berimbang. .0 L (±12 gelas)/hari dan untuk ibu menyusui sebesar 3.

USIA LANJUT (≥60 TAHUN) Pada usia lanjut terjadi 8 perubahan fisiologi:  Penurunan volume air tubuh total  Penurunan laju filtrasi glomerulus  Penurunan kemampuan pemekatan urin  Peningkatan kadar ADH plasma  Peningkatan kadar ANP  Penurunan kadar aldosteron  Penurunan kepekaan pusat rasa haus  Penurunan kemampuan bersihan air yang memudahkan terkena keadaan hiponatremia dan mengakibatkan mengantuk. lemas. kejang. rentan patah tulang. kesadaran menurun hingga .

Asupan air >1.Penelitian menunjukkan pada para usia lanjut yang melakukan aktivitas ringan disimpulkan bahwa asupan air yang optimal pada usia lanjut sebanyak 1 L/hari.5L/hari tidak dianjurkan pada usia lanjut. .

Hal ini bahkan dapat menimbulkan kematian.OLAHRAGAWAN Pada olah raga berat. hiponatremia dapat disebabkan karena kelebihan mengonsumsi air. Berdasarkan penelitian menghindarkan asupan berlebihan merupakan cara terbaik untuk menghindari kejadian hiponatremia yang membahayakan olahragawan Kebutuhan air untuk olah ragawan harus sesuai kebutuhan atau ad libitum baik pada olah raga ringan maupun berat .

Kebutuhan air pada pekerja di lingkungan panas sebesar ≥6L. yang menimbulkan perasaan jatuh saat berdiri. khususnya di lingkungan panas. Pekerja pada lingkungan dingin membutuhkan 3-4 L .PEKERJA DALAM LINGKUNGAN PANAS DAN DINGIN Kurang air dapat menyebabkan kecelakaan kerja pada pekerja. Dan dalam keadaan hipohidrasi. mengalami pengurangan kecepatan aliran darah di otak.

1 gelas saat makan malam.IBADAH PUASA Pada saat berpuasa dianjurkan untuk minum 2 gelas air saat berbuka. 1 gelas menjelang tidur. Perbanyak makan buah saat berbuka dan makan sayur saat sahur . 1-2 gelas setelah makan malam. Minimalkan minum teh dan kopi saat bulan puasa karena meningkatkan pengeluaran urin dan mengundang rasa haus. dan 2 gelas dikala sahur.

TERIMA KASIH .