You are on page 1of 19

Kromatografi

. atau dala m bentuk cairan yang dilapiskan pada dinding k olom. Fase diam dapat berupa bahan padat at au poros dalam bentuk molekul kecil.PENGERTIAN Kromatografi merupakan suatu proses pemis ahan yang mana analit-analit dalam sampel terd istribusi antara 2 fase. yaitu fase diam dan fase gerak. Fase gerak dapat berupa cairan atau gas.

Ramsey pada tahun 1905 • Istilah kromatografi (artinya penulisan warna) pertama kal i diberikan oleh Mikhail Semenovic Tswett pada tahun 19 08 • KLT diperkenalkan oleh Izamailov dan Shraiber pada tah un 1938 .Sejarah kromatografi • Pertama kali diperkenalkan oleh W.

Kromatografi dengan asas fitrasi. memakai C O2 dalam keadaan superkritik . memakai fase dia m padat yang mempunyai sifat fitrasi dan fase gera k cairan 4. memakai fase di am cair dan fase gerak cair 3. Kromatografi dengan asas suhu kritik.Asas dan Dasar-dasar Kromato grafi 1. Kromatografi dengan asas adsorpsi. Kromatografi dengan asas partisi. memakai fase diam padat dan fase gerak cair atau gas 2.

3. antara lain : 1. Kromatografi Kertas Kromatografi Kolom Kromatografi Lapis Tipis Kromatografi Gas . 2.Jenis-jenis Kromatografi Berdasarkan Teknik Kerja yang di gunakan. 4.

Prinsip Kerja • Pelarut bergerak lambat pad a kertas.Kromatografi Kertas • Kromatografi kertas adalah kro matografi yang menggunakan kertas selulosa murni yang me mpunyai afinitas besar terhada p air atau pelarut polar lainnya. . komponen-kompon en bergerak pada laju yang berbeda dan campuran dipis ahkan berdasarkan pada pe rbedaan bercak warna. • Kromatografi kertas digunakan untuk memisahkan campuran dari substansinya menjadi kom ponen-komponennya.

Kromatografi Kolom • Kromatografi kolom adala h kromatografi yang meng gunakan kolom sebagai al at untuk memisahkan ko mponen-komponen dalam campuran. • Prinsip Didasarkan pada absorbsi komponen2 campuran dengan afinitas berbeda terhadap perm ukaan fase diam. Absorben bertindak sebag ai fase diam dan fase geraknya adalah cairan yang mengalir m embawa komponen campuran sepanjang kolom. .

• Kromatografi lapis tipis dapat di gunakan untuk memisahkan se nyawa – senyawa yang sifatny a hidrofobik seperti lipida – lipid a dan hidrokarbon yang sukar dikerjakan dengan kromatograf i kertas.Kromatografi Lapis Tipis • Kromatografi lapis tipis (KLT) a dalah cara pemisahan campur an senyawa menjadi senyawa murninya dan mengetahui kua ntitasnya yang digunakan. . • Prinsip • KLT menggunakan sebuah lapi s tipis silika atau alumina yan g seragam pada sebuah lempe ng gelas atau logam atau plas tik yang keras.

Kromatografi Gas • Kromatografi gas adalah prose s pemisahan campuran menjad i komponen.komponennya de ngan menggunakan gas sebag ai fase bergerak yang melewati suatu lapisan serapan (sorben) yang diam. • Prinsip • Gas pembawa (biasanya men ggunakan helium. . argon / nitro gen) dengan tekanan tertentun dialirkan secara konstan melal ui kolom yang berisi fase diam. • Komponen sampel akan terab sorbsi oleh fase dim dengan k ecepatan berbeda.

padatan yang porosnya dikendalikan Cair Planar Partisi (adsorbsi. pertukaran ion. eksklusi) Kromatografi lapis tipis (KLT) Silika.Teknik Fase Diam Fase Gerak Bentu k Mekanisme Sorpsi yang Utama Kromatografi Kertas Kertas (selulosa) Cair Planar Partisi (adsorbsi. selulosa. eksklusi) kromatografi gas Kromatografi gas-cair (KGC) cair gas kolom Partisi Kromatografi gas-padat (KGP) padat gas kolom Adsorpsi . resin penukar ion. pertukaran ion.

Teknik Fase Diam Fase Gerak Bentuk Mekanisme Sorpsi yang Utama Kromatografi cair Padatan atau Kromatografi cair kinerja fase terikat tinggi (KCKT) Cair kolom Partisi yang dimodifikasi Kromatografi cair Kromatografi eksklusi ukuran Padatan dengan porositas yang dikendalikan Cair kolom Eksklusi Kromatografi cair Kromatografi penukar ion Resin penukar ion atau fase terikat cair kolom Pertukaran ion Kromatografi cair Kromatografi kiral Pemilih kiral padat Cair Kolom Adsorbsi secara selektif .

Cara Memelihara Kromatografi 1. lalu disimpan pa da tempat yang aman. fase diam harus disimpan dalam ruan g tertutup atau di tempat yang kering jauh da ri sumber uap. Pada kromatografi kolom & kromatografi gas sebelum dan sesudah dipakai harap dicuci b ersih kemudian dikeringkan. . Pada kromatografi kertas & kromatografi lapi s tipis. 2.

Contoh Artikel .

.

tetapi yang banyak digunakan adalah kulit batangnya. Bagian kayu manis yang dapat diambil miny ak atsirinya adalah kulit batang dan daunnya.Pemisahan yang dilakukan ialah pemisahan minyak atsiri kayu manis. .

lempeng KLT diangkat dan dibiarkan mengering. ditotolkan berupa bercak. Kemudian diamati dibawah lampu UV Spectroline model ENF-280 C/FE dengan panjang gelombang 254 um dan 365 um. . Lapisan yang memisahkan kromatografi terdiri atas bahan berbutir-butir (fase diam). atau lapisan yang cocok. Minyak atsiri ditotolkan pada lempeng KLT Silikagel GF. Setelah sampai batas. logam. Dihitung jumlah bercak yang nampak dan mengukur harga Rf. Kemudian lempeng tersebut dielusi di dalam bejana pengembang yang berisi cairan pengembang (fase gerak) yaitu eluen chloroform benzene sampai batas akhir elusi yang telah ditetapkan. Campuran yang akan dipisah berupa larutan. Jumlah bercak menggambarkan banyaknya komponen senyawa yang ada didalamnya.Kromatografi lapis tipis adalah metode pemisahan fisikokimia. ditempatkan pada penyangga berupa pelat gelas.

Ini sesuai dengan literatur yang meyebut kan bahwa kebanyakan minyak atsiri mengandung senya wa ikat rangkap konjugasi seperti golongan terpen. tannin.Dari keterangan tersebut menunjukkan bahwa bercak teri dentifikasi merupakan senyawa yang mempunyai ikat ran gkap konjugasi. Dari k eterangan sumber pustaka diatas kemungkinan bercak in tensitas kuat tadi merupakan senyawa golongan eugenol . Menu rut pustaka. . untuk minyak atsiri ditunjukkan dengan adan ya noda melebar warna ungu sampai ungu jingga. safrol.

S edangkan pada pemeriksaan profil kromatogram di bawa h penyinaran UV 365 nm tidak didapatkan pemisahan no da-noda bercak yang jelas.Hal ini dapat dibuktikan dengan deteksi kimia lebih lanjut. Hal tersebut mungkin diseba bkan karena pada panjang gelombang tersebut kandung an senyawa-senyawa minyak atsiri kurang dapat menyer ap pancaran sinar dengan baik. .