You are on page 1of 6

TEORI KEPERAWATAN

MODEL MARTHA E ROGER
Oleh : Fridayanti

Ilmu keperawatan adalah ilmu kemanusiaan yang mempelajari tentang alam dan hubungannya dengan perkembangan manusia. .Definisi Keperawatan menurut Martha E Roger • .prinsip dasar untuk ilmu pengetahuan alam dan praktis. Keperawatan adalah ilmu humanisti/humanitarian yang menggambarkan dan memperjelas bahwa manusia dalam strategi yang utuh dan dalam perkembangan hipotesis secara umum dengan memperkirakan prinsip .

Perilaku pada individu merupakan suatu bentuk kesatuan yang inovatif. • 4. . Manusia merupakan makhluk yang memiliki kepribadian unik. Berasumsi bahwa individu dan lingkungan saling tukar-menukar energi dan material satu sama lain.• Berdasarkan pada kerangka konsep yang dikembangkan Roger ada 5 asumsimengenai manusia. bertutur bahasa dan berfikir. sensasi dan emosi. 5. • 2. • 3. Bahwa proses kehidupan manusia merupakan hal yang tetap dan saling bergantung dalam satu kesatuan ruang waktu secara terus menerus. membayangkan. Manusia bercirikan mempunyai kemampuan untuk abstrak. yaitu : 1.

inovatif dan me rupakan interakasi yang simultan bukan Ritmitasi. .PRNSIP HEMODINAMIKA DALAM PROSES KEPERAWATAN INTEGRAL Proses berhubungan yang menguntungkan antara manusia dan lingkungannya Secara berkesinambungan RESONANSI Prinsip ini membicarakan ttg alam dan perubahan yang terjadi antara Manusia dan lingkungan HELICY Prinsip yang menyatakan bahwa keadaan alami dan hubungan manusia dan lingkungan adalah berkesinambungan.

DINAMISME PROSES KEPERAWATAN LINGKUNGAN MANUSIA MANUSIA LINGKUNGAN SEHAT MEDAN ENERGI MEDAN ENERGI .

TERIMAKASIH .