You are on page 1of 23

Laboratorium kualitas air

Definisi  Laboratorium kualitas air adalah suatu ruangan / tempat untuk melakukan percobaan atau pengukuran kualitas air Contoh air Laboratorium Kualitas air Data kualitas air .

Metode pengukuran yang tepat d. Peralatan dan instrument yang handal c. Contoh air yang representatif b . Analis /laboran yang terampil .Laboratorium air   Untuk mendapatkan data kualitas air yang valid ( akurat dan presisi ) maka dieprlukan : a.

Presisi dan akurasi   Presisi . hasil pengukuran mendekati nilai sebenarnya. simpangan baku dari data pengkuran kecil Akurasi . .

Peralatan laboratorium  Peralatan lab Peralatan gelas Peralatan gelas utama Instrument Peralatan gelas Penunjang .

Peralatan gelas utama    Labu ukur ( volumetric flask ) Pipet ukur (Volumetric pipet ) Buret .

Labu ukur  Untuk membuat larutan atau pengenceran dengan ketelitian yang tinggi .

.

Labu ukur    1000 ml TC 20 C TC = to contain artinya yang terkandung / termuat dalam labu ukur adalah 1000 ml pada suhu 20 C. .

Pipet ukur ( volumetric pipet) .

Volumetric pipet   25 ml TD 20 C artinya to deliver cairan atau larutan yang dikeluarkan oleh pipet tersebut adalah 25 ml pada suhu 20 C .

Graduated pipet   Berguna untuk mengukur dan memindahkan cairan dengan tepat Ketelitiannnya di bawah volumteric pipet .

Buret  Berguna untuk mengalirkan cairan dengan teliti ( untuk titrasi ) .

Jenis kran buret dan cara titrasi .

Terbuat dari kaca borosilikat yang tahan terhadap panas hingga suhu 200 oC. 100 mL dan 2 L. Melarutkan bahan kimia atau mengencerkan Menampung zat kimia Memanaskan cairan Media pemanasan cairan .Beaker Glass ( gelas kimia)      Gelas Kimia : berupa gelas tinggi. Ukuran alat ini ada yang 50 mL. berdiameter besar dengan skala sepanjang dindingnya.

Ukurannya mulai dari 10 mL sampai 2 L.Erlenmeyer Flask     Labu Erlenmeyer : berupa gelas yang diameternya semakin ke atas semakin kecil dengan skala sepanjang dindingnya. Untuk menyimpan dan memanaskan larutan Menampung filtrat hasil penyaringan Menampung titran (larutan yang dititrasi) pada proses titrasi .

. Terbuat dari kaca atau plastik yang tidak tahan panas. Fungsi Untuk mengukur volume larutan tidak memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi dalam jumlah tertentu.Graduated cylinder ( gelas ukur)   Gelas ukur : berupa gelas tinggi dengan skala di sepanjang dindingnya. Ukurannya mulai dari 10 mL sampai 2 L.

Pipet automatik adalah pipet yang secara otomatik dapat mengeluarkan caiaran dengan volume tertentu .

Cara menggunakannya dengan meletakkan kertas saring yang diameternya sama dengan diameter corong. plastik atau kaca. . Terbuat dari porselen. Berguna untuk menyaring sampel agar lebih cepat kering.Corong Buchner   berupa corong yang bagian dasarnya berpori dan berdiameter besar.

berisi silica gell Terbuat dari kaca berbentuk selinder atau terbuat dari flexiglass berupa lemari kecil .Desicator   Berfungsi untuk mengeringkan .

0001 g Neraca mikro ketelitian 0.01 g) Neraca analitik ketlitian 0.Neraca     Neraca biasa top loading ( 0.000001 g .

Cara menimbang .