You are on page 1of 15

POLIMER

DISUSUN OLEH
1. Sri Kadariyah
2. Susi Marsely
3. Intan Ayu
4. Alfa Dina Prianoto
5. Tri Damayanti
KELOMPOK
:I

:

PENDIDIKAN KIMIA

.Pengertian Polimer Polimer merupakan senyawa yang besar yang terbentuk dari hasil penggabungan sejumlah (banyak) unit-unit molekul yang kecil.Unit molekul kecil pembentuk senyawa ini disebut monomer.Ini artinya senyawa polimer terdiri dari banyak monomer.

plastik polivinil chloride PVC. teflon.Contoh senyawa yang termasuk polimer adalah karbohidrat. dan sejumlah plastik seperti polietilene (PE). lemak. . Plastik polipropilena PP. plastik polistirena PS. karet alam. plastik polietilen tereftalat PET. dan nilon. protein.

Percabangan dan 4.Sifat-Sifat Polimer Karakteristik atau sifat polimer didasarkan pada empat hal-hal berikut: 1. 2. . Panjang Rantai. Ikatan silang antarrantai polimer. 3. Gaya Antarmolekul.

. Polimer ini hanya dapat dipanaskan satu kali yaitu pada saat pembuatannya. Jadi apabila setelah pecah tidak dapat disambung kembali. Contoh polimer jenis ini adalah bakelit. sedangkan polimer yang tidak mempunyai ikatan silang akan besifat termoplastik. 1.Polimer yang mempunyai ikatan silang akan bersifat termosetting. Termosetting merupakan jenis polimer yang tetap keras dan tidak bisa lunak ketika dikenai panas.

plastik polietilen tereftalat.Contoh polimer yang masuk jenis ini adalah jenis plastik seperti polietilena PE. dan plastik polivinil chloride PVC. plastik poliproilena PP. Termoplastik merupakan jenis polimer yang dapat melunak ketika dikenai panas dan mengeras kembali setelah didinginkan.2. Artinya polimer jenis ini dapat dipanaskan berulang-ulang. .

1. polimer dapat dibedakan atas polimer alam dan polimer sintesis. 2. . Polimer Alam Polimer alam adalah polimer yang terdapat di alam dan berasal dari makhluk hidup. Polimer Sintesis Polimer sintesis atau polimer buatan adalah polimer yang tidak terdapat di alam dan harus dibuat oleh manusia.Penggolongan Polimer Berdasarkan asalnya.

. bahwa reaksi adisi adalah reaksi pemecahan ikatan rangkap menjadi ikatan tunggal sehingga ada atom yang bertambah di dalam senyawa yang terbentuk. Polimer adisi Seperti yang telah kita ketahui. 1.Penggolongan Polimer Berdasarkan Pembentukkannya Ada dua jenis polimerisasi. polimerisasi adisi adalah reaksi pembentukan polimer dari monomer-monomer yang berikatan rangkap (ikatan tak jenuh).Jadi. yaitu polimerisasi adisi dan polimerisasi kondensasi.

Misalnya. Polimer Kondensasi Kondensasi merupakan reaksi penggabungan gugus-gugus Artinya. fungsi antara polimerisasi kedua kondensasi monomernya. . senyawa polipeptida atau protein dan polisakarida merupakan senyawa biomolekul yang dibentuk oleh reaksi polimerisasi kondensasi.2. adalah reaksi pembentukan polimer dari monomer-monomer yang mempunyai dua gugus fungsi.

Berikut beberapa contoh pembentukan polimerisasi kondensasi : 1. Pembentukan nilon 2. Pembentukan polyester (polietilena tereftalat) atau dakron .

2.Penggolongan Polimer Berdasarkan Jenis Monomernya Berdasarkan jenis monomernya. polimer dapat terdiri atas : 1. selulosa dan protein.Contohnya. . Kopolimer Kopolimer atau disebut juga heteropolimer adalah polimer yang monomernya tidak sejenis. Homopolimer Homopolimer adalah polimer yang monomernya sejenis.

. Polimer termosting Polimer termosting adalah polimer yang tahan panas. 2.Penggolongan PolimerBerdasarkan Sifatnya Terhadap Panas Berdasarkan sifatnya terhadap panas. Polimer termoplas Polimer termoplas adalah polimer yang tidak tahan panas. polimer dapat dibedakan atas : 1.

Teflon (tetrafluoroetena) 2.Bakelit (Fenol Formaldehida) 3. Flexiglass (Polimetil Metakrilat) 6. Karet Sintetis 3. Serat Sintetis 4. Plastik Ada beberapa jenis plastik : 1. PVC (Polivinil Klorida) . kita pasti banyak menggunakan polimer buatan. Polietena (Polietilena) 4.Polimer Buatan Dalam kehidupan sehari-hari. Orlon 2. Berikut ini beberapa contoh polimer buatan di sekitar kita: 1. Polipropena (Polipropilena) 5.

Plastik Polietilentereftalat (PET) 2. Plastik nilon 5. Plastik Polietena/Polietilena (PE) 3. Karet sintetik 6.Kegunaan Polimer Kegunaan polimer dalam kehidupan seharihari adalah sebagai berikut : 1. Wol 7. Polivinil Klorida (PVC) 4. Kapas .

TERIMA KASIH  .