You are on page 1of 12

PERUBAHAN SOSIAL DAN KEBUDAYAAN

Oleh:
Ai Sinta Lestari
Sonia Awalokita

Contoh: Perubahan peranan seorang isteri dalam keluarga modern . Perubahan Budaya: Suatu keadaan dalam masyarakat yang terjadi karena ketidak sesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga tercapai keadaan yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan. organisasi atau komunitas. ia dapat menyangkut “struktur sosial” atau “pola nilai dan norma” serta “peran”. b. Contoh: Penemuan baru teknik “Huller” di pabrik penggilingan padi yang menggantikan teknik pertanian tradisional seperti teknik menumbuk padi dilesung. Perubahan Sosial: Perubahan sosial adalah perubahan dalam hubungan interaksi antar orang.Pengertian Perubahan Sosial Dan Budaya a.

yaitu:  Perubahan lingkungan alam  Perubahan yang disebabkan adanya kontak dengan suatu kelompok lain  Perubahan karena adanya penemuan (discovery)  Perubahan yang terjadi karena suatu masyarakat atau bangsa mengadopsi beberapa elemen kebudayaan material yang telah dikembangkan oleh bangsa lain di tempat lain. .faktor yang menjadi penyebab perubahan kebudayaan. atau karena perubahan dalam pandangan hidup dan konsepsinya tentang realitas.  Perubahan yang terjadi karena suatu bangsa memodifikasi cara hidupnya dengan mengadopsi suatu pengetahuan atau kepercayaan baru.

-Mode pakaian . Perubahan lambat (evolusi) pada evolusi perubahan terjadi dengan Perubahan yang pengaruhnya besar sendirinya. –Perubahan Evolusi ke zaman modern kepala negara Perubahan cepat (revolusi). direncanakan lebih dahulu maupun tanpa rencana.BENTUK-BENTUK PERUBAHAN SOSIAL DAN BUDAYA 1. tanpa suatu rencana seperti proses industrialisasi pada atau suatu kehendak tertentu.-Perang perubahan ssosial yang tidak kemerdekaan indonesia dikehendaki merupakan perubahan yang terjadi tanpa dikehendaki dan 2. – masyarakat agraris. Perubahan yang pengaruhnya kecil dapat menyebabkan timbulnya adalah perubahan pada unsur akibat yang tidak diinginkan struktur sosial yang tidak bisa membawa pengaruh langsung atau pengaruh yang berarti bagi masyarakat. perubahan yang dikehendaki adalah bila seseorang mendapat Dalam revolusi. 3. perubahan yang terjadi kepercayaan sebagai pemimpin.

Faktor ekstern a. Konflik dalam masyarakat d. Adanya penemuan-penemuan baru c.PENYEBAB PERUBAHAN SOCIAL 1. Pengaruh kebudayaan lain dengan melalui adanya kontak kebudayaan antara dua masyarakat atau lebih yang memiliki kebudayaan yang berbeda. Bertambahnya dan berkurangnya penduduk b. Pemberontakan dalam tubuh masyarakat 2. Faktor alam yang ada di sekitar masyarakat yang berubah b. Peperangan . Faktor intern a. c.

dan Ketidakmampuan beradaptasi dengan perubahan disebut maladjusment. Unsur kebudayaan yang mudah menyesuaikan dengan unsur kebudayaan yang telah ada dalam masyarakat. Unsur kebudayaan yang menyangkut kepercayaan. Unsur kebudayaan tersebut membawa manfaat yang besar bagi kehidupan b. misalnya idiologi dan falsafah hidup b. Perubahan sosial budaya mudah atau dapat diterima masyarakat adalah jika : a.PENERIMAAN TERHADAP PERUBAHAN Perubahan sosial budaya yang terjadi jika masyarakat dengan kebudayaannya mampu beradaptasi dengan perubahan disebut adjustment. Unsur kebudayaan yang dipelajari pada taraf pertama proses sosialisasi yaitu nilai dan norma . Sedangkan perubahan sosial budaya sulit diterima masyarakat adalah jika: a. Peralatan yang mudah dipakai dan memiliki manfaat bagi kehidupan c.

Faktor yang mendorong jalannya proses perubahan a) Kontak dengan kebudayaan lain b) Sistem pendidikan yang maju c) Sikap menghargai hasil karya seseorang dan sikap keinginan untuk maju d) Sistem lapisan masyarakat yang terbuka e) Penduduk yang heterogen f) Ketidak puasan masyarakat terhadap bidang-bidang tertentu Faktor yang menghambat terjadinya perubahan a) Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain b) Pengembangan ilmu pengetahuan yang terlambat c) Sikap masyarakat yang tradisionalistis d) Rasa takut akan terjadi kegoyahaan terhadap integrasi kebudayaan lama e) Prasangka terhadap hal-hal baru .

Bersifat tetap atau monoton d.Ada masyarakat yang mudah menerima perubahan sosial budaya. Memiliki daya guna dan produktifitas rendah c. Memiliki sifat irasional. Masyarakat yang sulit menerima perubahan biasanya adalah pada masyarakat tradisional. Bersifat sederhana b. Cenderung mencurigai budaya asing yang akan masuk ke dalam masyarakat tersebut . dan yang mudah menerima terdapat pada masyarakat modern. yaitu tidak berdasarkan pikiran yang rasional ( masuk akal ) dalam hal tertentu e. Karena masyarakat tradisional mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : a. namun ada pula masyarakat yang sulit menerimanya.

Berdasarkan akal pikiran dan mengembangkan sikap efisiensi dan efektivitas c. Tidak terlalu terikat pada kebiasaan atau tradisi masyarakat . Bersifat dinamis atau selalu berubah mengikuti perkembangan zaman b.Sedangkan masyarakat modern lebih mudah menerima perubahan sosial budaya karena mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : a.

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA 1. 2. Perubahan Tata Nilai dan Sikap. Sikap Individualistik c. Meningkatnya kehidupan ke yang lebih baik. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi b. Dampak Negatif a. Pola hidup konsumtif b. Munculnya kesenjangan sosial d. Tata nilai dan sikap yang cenderung berubah yaitu dari pola pikir irasional (tradisional) menjadi rasional (modern). Sikap hidup kebarat-baratan . Dampak Positif a. c.

e. Membentengi diri dengan agama agar tidak mendapatkan pengaruh negatif dari budaya lain atau asing c.Sikap Kritis Masyarakat Terhadap Pengaruh Perubahan Sosial Dan Budaya Masyarakat harus mempunyai sikap kritis terhadap perubahan sosial dan budaya dalam masyarakat. jika memang perubahan tersebut baik dan diperlukan masyarakat. d. Mengambil pengaruh yang positif dari budaya lain atau asing dan menolak pengaruh yang negatif. Mengenal dan mencintai kebudayaan sendiri dan berusaha melestarikannya. sebagai berikut : a. Berusaha menyesuaikan diri dengan perubahan sosial budaya yang terjadi. b. Beranggapan bahwa untuk mencapai kemajuan harus ada perubahan dan berusaha mencegah pengaruh perubahan sosial budaya yang kurang baik. .

TERIMAKASIH .