You are on page 1of 9

KESEHATAN MATA

DOKTER KECIL

SDN SARIREJO SEMARANG

TANDA TANDA MATA SEHAT •Mata bersih mengkilat •Tidak juling (kero). kedua bola mata bergerak bebas secara bersamaan dan teratur •Ketajaman penglihatan normal •Tidak ada tanda tanda kelainan mata .

.CARA MEMERIKSA MATA   Melihat bagian-bagian mata yang tampak dari luar. bandingkan dengan mata sehat Memerhatikan gerakan dan arah bola mata.

Misalnya :  Didapur. terkena pupuk. asap dapur berlebihan  Ditempat pemecahan batu  Di bengkel  Terkena serbuk besi saat menggergaji besi  Disumur terkena lumpur  Di kebun.SEBAB-SEBAB SAKIT MATA   Bekerja dilingkungan yang merugikan kesehatan mata tanpa ada perlindungan. debu  Mandi. cuci muka dengan air kotor  Bermain dengan benda tajam atau benda berbahaya . racun serangga.

LANJUTAN  Menggunakan alat bersama sama dengan orang yang sakit mata menular   Misalnya : handuk. sapu tangan. bantal. selimut. alat tulis. dan lain sebagainya Makanan yang kurang bergizi .

tutup mata dengan perban.CARA MEMERIKSA MATA    Membuka kelopak mata atas dan bawah Jika ditemukan benda asing. angkat hati-hati dengan menggunakan kapas lidi atau kapas basah Bila tidak bisa. bawa ke puskesmas .

setelah kita penat membaca Membiasakan makan makanan yang bergizi .KEBIASAAN-KEBIASAAN YANG BAIK    Membasuh muka dan membersihkan kulit sekitar mata Melihat-lihat pemandangan untuk mengistirahatkan mata.

.

TERIMA KASIH .