You are on page 1of 18

PELAKSANAAN STIMULASI.

DETEKSI DAN
INTERVENSI DINI TUMBUH KEMBANG TK
TABIATUL AFTAL I, TK BUDI UTOMO, TK
TIARA DESA BULUNGAN KECAMATAN PAKIS
AJI KABUPATEN JEPARA PERIODE 15-23
JANUARI 2015
Disusun oleh :
seia mahanani
22010113210147

Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang termasuk bentuk pelayanan kesehatan kepada balita dan anak prasekolah dalam upaya preventif di bagian KIA. merupakan masa yang sangat peka bagi otak anak dalam menerima berbagai masukan dari lingkungan sekitarnya. “jendela kesempatan” (window of opportunity) dan “masa kritis” (critical period) merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat pada otak manusia.  . Stimulasi.  Salah satu upaya kesehatan wajib Puskesmas adalah upaya Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).LATAR BELAKANG Masa lima tahun pertama kehidupan merupakan “masa keemasan” (golden period).

Data jumlah balita di Desa Bulungan sampai Desember 2014 adalah 808 jiwa. . Di Desa Bulungan terdapat 8 buah posyandu dan termasuk posyandu aktif. dengan perincian 404 anak laki-laki. termasuk Desa Bulungan. 404 perempuan. Puskesmas Pakis Aji merupakan salah satu Puskesmas di wilayah Pakis Aji. terdapat 4 balita di desa Bulungan yang mengalami gizi buruk dan 1 balita mengalami gizi kurang. Kabupaten Jepara yang wilayah kerjanya mencakup 8 desa. Dari data tersebut.

dan jenis kelamin Mendapatkan data siswa mengenai hasil pemeriksaan pengukuran antropometri (TB. deteksi dsn intervensi dini siswa TK Tabiautul Aftal I. Tujuan khusus: Mendapatkan data siswa mengenai data nama. dan TK Tiara Desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji. TK Budi Utomo. pemeriksaan TDD TDL. BB. Kabupaten Jepara.Tujuan Umum: Melakukan pelaksanaan stimulasi. LK). dan pengisian kuesioner KPSP . usia.

METODE .

Jumlah siswa yang hadir Jumlah siswa yang tidak hadir Nama TK Total Laki-laki perempuan Laki-laki Perempuan TK TA 1 54 19 0 0 73 TK Budi Utomo 34 38 0 0 72 TK Tiara 12 11 0 0 23 .

Nama TK Lingkar kepala Total Mesosefal Mikrosefal TK TA 1 73 0 73 TK Budi Utomo 72 0 72 TK Tiara 23 0 23 Nama TK Gemuk Normal Kurus Kurus Total sekali TK TA 1 TK 1 64 8 0 73 Budi 1 66 4 1 72 0 23 0 0 23 Utomo TK Tiara .

Praskrining perkembangan anak Nama TK Sesuai Meragukan penyimpangan Total TK TA 1 68 5 0 73 TK Budi 64 7 1 72 23 0 0 23 Utomo TK Tiara .

M. Ullydurrotut Taqiyah. 2 siswa (M. Kemudian dari 8 siswa dengan status gizi kurus. Maulana. Surya.Hasil crosstab interpretasi KPSP dengan status gizi siswa TK TA 1 Interpretasi KPSP Status Gizi Normal Kurus Sangat Kurus Gemuk Sesuai 61 6 0 1 Meragukan 3 2 0 0 Penyimpangan 0 0 0 0 Total 64 8 0 1 Pada TK TA 1. M. Rizky Yuliansyah. . 3 siswa (Anita Pratiwi. Naesya) mempunyai status perkembangan yang meragukan. Aqillah. Habib Rizky) mempunyai status perkembangan yang sesuai. 62 siswa di antaranya mempunyai perkembangan sesuai usia. Farel. Ahmad Junaidin) mempunyai status perkembangan yang meragukan. 6 siswa diantaranya (M. dari 64 siswa dengan status gizi normal. Ria Aulia.

M. . dan 1 orang di antaranya (M. Fathul Khuluq. Tsania) mempunyai status perkembangan meragukan. Fahrul Huda. 58 orang di antaranya mempunyai status perkembangan yang sesuai dengan usianya. Rosalina. Fajar Dwi. Dari 66 siswa tersebut. M.Hasil crosstab interpretasi KPSP dengan status gizi siswa TK Budi utomo Interpretasi Status Gizi KPSP Normal Kurus Sangat Kurus Gemuk Sesuai 58 4 1 1 Meragukan 7 0 0 0 Penyimpangan 1 0 0 0 Total 66 4 1 1 Terdapat 66 siswa di TK Budi utomo dengan gizi normal. 7 orang diantaranya (Lutvina. Idhan Alfin) memiliki status perkembangan dengan kemungkinan penyimpangan. Meylani.

.Hasil crosstab interpretasi KPSP dengan status gizi siswa TK Tiara Interpretasi Status Gizi KPSP Normal Kurus Sangat Kurus Gemuk Sesuai 23 0 0 0 Meragukan 0 0 0 0 Penyimpangan 0 0 0 0 Total 23 0 0 0 Terdapat 23 siswa di TK Tiara dengan gizi normal dan seluruhnya mempunyai status perkembangan yang sesuai dengan usianya.

TK Budi Utomo. dan TK Tiara Desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji.  Terdapat 12 siswa dengan skor KPSP yang meragukan dari hasil pemeriksaan KPSP siswa di TK Tarbiatul Aftal I. TK Budi Utomo.  Terdapat 1 siswa dengan kemungkinan penyimpangan perkembangan dari hasil pemeriksaan KPSP siswa di TK Budi Utomo Desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji. Kabupaten Jepara. dan TK Tiara Desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji. Kabupaten Jepara  Terdapat 12 siswa dengan status gizi kurus dari hasil pengukuran status gizi di TK Tarbiatul Aftal I.MASALAH  Terdapat 1 siswa dengan status gizi kurus sekali dari hasil pengukuran status gizi di TK Budi Utomo Desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji. Kabupaten Jepara . Kabupaten Jepara.  Terdapat 2 siswa dengan status gizi gemuk dari hasil pengukuran status gizi di TK Tarbiatul Aftal I dan TK Budi Utomo Desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji. Kabupaten Jepara.

serta melakukan rujukan ke rumah sakit bila perlu (melalui bidan) . dan dengan status gizi gemuk agar memulai pola hidup sehat dengan mengurangi jajan (cemilan) dan melakukan aktifitas fisik min 1520 meit / hari Koordinasi dengan pihak sekolah mengenai pelaksanaan penilaian KPSP ulang pada siswa dengan skor KPSP meragukan.PEMECAHAN MASALAH     Menjelaskan mengenai pengertian status gizi kurus dan status gizi gemuk kepada guru kelas/ orangtua murid Koordinasi dengan pihak sekolah mengenai pelaksanaan program pengukuran BB dan TB siswa TK Melakukan pendekatan kepada orang tua siswa dengan status gizi kurus agar memberikan makanan tinggi energi-protein.

PROGRAM Membentuk kesepakatan dengan Bidan Desa Bulungan beserta pengajar di TK untuk mengulangi penilaian KPSP sebagai sarana evaluasi dan merujuk anak dengan skor KPSP tidak sesuai ke Puskesmas maupun klinik tumbuh kembang.Pengadaan makanan bergizi  Melakukan pendekatan pada orang tua siswa dengan skor KPSP tidak sesuai  .

dan lingkar kepala siswa secara rutin setiap bulan. yang telah diperiksa oleh guru kelas  Melakukan pendekatan kepada orang tua siswa dengan penyimpangan status gizi  . pengukuran tinggi badan. terutama siswa dengan penyimpangan status gizi  Berkoordinasi dengan Bidan Desa Bulungan untuk melakukan pengambilan data berupa data berat badan dan tinggi badan.Membentuk kesepakatan dengan Kepala Sekolah dan guru TK untuk melakukan penimbangan berat badan.

Tidak terdapat siswa TK Tarbiatul aftal I. TK Budi utomo dan TK Tiara Desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara dengan status gizi kurus adalah 12 siswa. TK Budi utomo dan TK Tiara Desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara dengan kemungkinan gangguan daya dengar dan gangguan daya lihat . Jumlah siswa TK Tarbiatul aftal I. TK Budi utomo dan TK Tiara Desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara dengan status gizi kurus sekali adalah 1 siswa.KESIMPULAN Jumlah siswa TK Tarbiatul aftal I. Jumlah siswa TK Tarbiatul aftal I. TK Budi utomo dan TK Tiara Desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara dengan kemungkinan tingkat perkembangan yang menyimpang adalah 1 siswa. TK Budi utomo dan TK Tiara Desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara dengan kemungkinan tingkat perkembangan yang meragukan adalah 12 siswa Jumlah siswa TK Tarbiatul aftal I.

Sedangkan pada orang tua siswa dengan status gizi gemuk dan sangat gemuk diharapkan dapat mengajarkan dan memberikan contoh tentang pola hidup sehat. a . TB dan LK. TDL) di Desa Bulungan serta memonitor pelaksanaannya. sebaiknya juga mencari faktor-faktor penyebab dari anak dengan penyimpangan status gizi sehingga mudah menentukan sasaran untuk merujuk ke Puskesmas. dan TDL. Kepada orang tua siswa dengan status gizi kurus agar memberikan makanan yang tinggi energi-protein. TK Budi utomo dan TK Tiara Desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara setiap 6 bulan dengan menggunakan KPSP. dan 6 bulan sekali untuk KPSP. serta mengawasi dan mengurangi kebiasaan jajan pada anak. Kepada Kepala Sekolah dan guru TK Tarbiatul aftal I. Kepada peneliti SDIDTK selanjutnya selain mendapatkan data mengenai status gizi anak. TDD. TDD.SARAN. Kepada Bidan Desa agar menyelenggarakan kegiatan SDIDTK secara rutin (1 bulan sekali untuk BB. TK Budi utomo dan TK Tiara Desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara untuk mengadakan penilaian perkembangan TK Tarbiatul aftal I. TK Budi utomo dan TK Tiara Desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara supaya menyelenggarakan program senam pagi bersama bagi para siswa secara rutin setiap satu minggu sekali Membentuk kesepakatan dengan TK Tarbiatul aftal I.

TERIMA KASIH .