You are on page 1of 15

TRIAGE

BY
Gunawan Irianto

Pendahuluan    Trier (Perancis) Memilah Memberikan yang terbaik bagi banyak orang Mengutamakan pasien yang paling bisa diselamatkan dan memiliki kondisi medis yang sangat mendesak .

Pertimbangan Triage Pada kondisi Disaster     Keparahan luka Jumlah yang terluka Sumber daya yang tersedia Kesempatan untuk menyelamatkan korban .

Tuntutan Bagi Petugas Kesehatan      Menilai tanda-tanda dan kondisi vital korban Menilai kemungkinan kebutuhan medisnya Menilai perawatan medis yang ada di tempat Memprioritaskan manajemen penanganan korban Memberikan label warna sesuai dengan prioritas .

Jenis Triage 1. Triage korban tunggal (Dilakukan pada unit gawat darurat dg tujuan merawat pasien yang mungkin meninggal jika tidak dirawat langsung/segera) Triage korban yang banyak (multiple casualty):   START (Simple Triage And Rapid Treatment) SAVE (Secondary Assessment of Victim Endpoint) . 2.

3. Gawat (Emergent): harus dirawat sesegera mungkin baik on arrival or even pre hospital Penting : pasien yang harus dirawat dalam jangka waktu beberapa jam ( pasien yang stabil tapi beresiko mengalami penurunan jika tidak dirawat) Tidak penting : pasien yang datang dengan fungsi hemodinamik yang baik dan stabil tapi menderita luka yang jelas. . 2.Triage Korban Tunggal 1.

perfusi dan status mental Banyak korban tapi tidak catastropic dan rumah sakit tidak mengalami kelebihan beban . Dengan kriteria pengkajian :Respirasi.Simple Triage And Rapid Assessment (START)    Petugas memilah pasien dalam waktu 60 detik.

refill lebih dari 2 dtk Status mental : tidak bisa mengikuti perintah sederhana .Klasifikasi START   HIJAU : Bagi klien yang terluka tapi masih dapat berjalan (Walking Wounded) MERAH (IMMEDIATE) :     Ventilasi : Positif setelah reposisi jalan nafas Respirasi : lebih dari 30 kali/mnt Perfusi : capp.

Klasifikasi…   KUNING (DELAYED) : Apabila tidak masuk kategori Immediate maupun minor HITAM (DECEASED/DEAD) : Tidak ada ventilasi bahkan setelah jalan nafas dibersihkan .

refill radial) Periksa status mental .TAHAPAN START    Periksa fungsi Ventilasi/respiratory Periksa fungsi Perfusi (capp.

SKEMA START Vent + Respirasi `>30x/mnt .Hitam < 30x/mnt Merah Perfusi >2dtk/rad+ Merah < 2dtk/radStatus Mental + Kuning Merah .

SAVE (Secondary Assessment of Victim Endpoint)     Digunakan pada korban Massal yang berlebihan Dipergunakan sebagai bentuk pengkajian sekunder di daerah bencana (bersamaan dengan START Triage) Tujuan sama dengan jenis triage lain yaitu menyelamatkan korban yang paling dapat diselamatkan Digunakan untuk kondisi bantuan medis yang sangat terbatas atau keterlambatan evakuasi .

Klasifikasi SAVE    Korban yang tetap meninggal meskipun dengan perawatan optimal Korban selamat melalui perawatan optimal Korban yang dapat diselamatkan walau dengan keterbatasan bantuan. .

dan kaki kanan pada yang tidak dapat berjalan .Sistem kode/label   Warna yang digunakan pada Triage diatur dan disetujui untuk dipakai oleh semua anggota tim atau organisasi bencana medis Label dipasang pada pergelangan tangan bagi yang bisa berjalan.