UANG DAN PERBANKAN

A.Uang 1.Pengertian uang Uang merupakan suatu benda yang di terima oleh masyarakat sebagai alat pembayaran dalam berbagai kegiatan ekonomi ,baik untuk barang dan jasa maupun pembayaran utang.

2. JENIS -JENIS UANG

1. Uang kartal dan uang giral Uang kartal : merupakan uang yang biasa kita gunakan setiap hari untuk membeli barang dan jasa. Uang giral : merupakan alat pembayaran berupa surat-surat berharga yang di keluarkan oleh Bank umum.contohnya: cek dan bilyet giro.

2.Uang kuasi Uang kuasi merupakan bentuk kekayaan finansial yang dapat segera di uangkan. contohnya : deposito berjangka pendek dan rekening simpanan/tabungan.

B. PERBANKAN
1. Bank Sentral  peranan Bank sentral,Bank indonesia di jalankan untuk memenuhi kepentingan masyarakat.maka tugas-tugas Bank indonesia sebagai berikut :  a. Menjaga kestabilan nilai rupiah  b. Mengatur dan menjaga sistem pembelajaran  c. Mengawasi kegiatam Bank umum dan lembaga keuangan lainnya.  d. Sebagai Bank bagi pemerintah
 

2. Bank umun a. Pengertian  Bank umun merupakan bank komersil yang mempunyai tujuan mencari keuntungan.  Contohnya : bank BRI,BNI,dll. b. Peranan bank umum  1. sebagai penerima kredit dari masyarakat  2. sebagai pemberi kredit kepada masyarakat  3.sebagai perantara lalu lintas moneter
 

c. Produk-produk Bank umum  Macam-macam produk bank umum diantaranya :  1. Tabuangan  2. Giro  3. Deposito berjangka  4. Sertifikat deposito  5. Anjungan tunai mandiri, dll.

SELAMAT BELAJAR

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful