You are on page 1of 14

IBU BERSALIN DENGAN

DISTOSIA
D IS U S U N
O L EH :
K E L O M PO K 6
N A D I A C H RA
EDI
KURNIAWAN
FA H R I Z A L A

1. ( Bobak. sulit atau abnormal yang timb ul akibat berbagai kondisi yang berhub ungan dengan lima factor persalinan.PENGERTIAN DISTOSIA Distosia adalah persalinan yang panjang. 2004 : 784) .

ETIOLOGI Kelainan tenaga/ power Kelainan jalan lahir/ passage Kelainan letak dan bentuk janin/ passage Kelaina posisi ibu Respon psikologis .2.

3.KOMPLIKASI Maternal : Perdarahan pasca persalinan Robekan perineum Rupture Uteri Fetal: Kematian janin Hipoksia janin Fraktura humerus .

MANIFESTASI KLINIS Ibu : Gelisah Letih Suhu tubuh meningkat Nadi dan pernafasan cepat Edem pada vulva dan servik Bisa jadi ketuban berbau Janin: DJJ cepat dan tidak teratur .4.

5. singkat dan jarang dibandingkan his normal Tetania uteri (hypertonic uterin contraction) His yang terlalu kuat dan terlalu sering sehingga tidak ada relaksasi rahim .KELAINAAN HIS Inersia uteri His yang sifatnya lebih lama.KLAFIKASI A.

SAMBUNGAN… Incoordinate uterin action Sifat his yang berubah dimana tidak ada koordinasi dan sikronisasi antara kontraksi dan bagi an-bagiannya B.KELAINAN JALAN LAHIR Kelainan bentuk panggul Penyakit pada tulang panggul Penyakit tulang belakang .

SAMBUNGAN… C.KELAINAN JANIN Kelainan letak kepala/ mal presentasi/ mal posisi diantaranya : Letak sunsang Letak lintang Kelainan bentuk dan ukuran janin diklasifikasikan : Distosia kepala Distosia bahu Distosia perut Distosia bokong .

ASKEP DISTOSIA 1.PENGKAJIAN Identitas klien Riwayat kesehatan -RKD -RKS -RKK Pemeriksaan fisik .

kontraksi tidak efektif Tujuan : Kebutuhan rasa nyaman terpenuhi/ nyeri berkurang Kriteria : .Kemajuan persalinan baik .Klien tidak merasakan nyeri lagi .CONTOH 1 DIAGNOSA 1.Klientampak rilek . Gangguan rasa nyaman : nyeri b/d tekanan kepala pada servik. partus lama.Kontraksi uterus efektif .

penekanan kepala pada servik yang berlangsun g lama akan menyebabkan nyeri b. Tentukansifat. hemiragic dan nyeri tekan abdomen Rasional : Membantu dalam mendiagnosa dan memilih tindakan. kaji kontraksi uterus. Kaji intensitas nyeri klien dengan skala nyeri Rasional : Setiap individu mempunyai tingkat ambang nyeri yang berbeda.SAMBUNGAN… Intervensi : a. denga skala dapat diketahui intensita s nyeri klien . lokasi dan durasi nyeri.

SAMBUNGAN. Bantu klien dalam me nggunakan metode relaksasi dan jelaskan prosedur Rasional :Teknik relaksasi dapat mengalihkan perhatian dan mengurangi rasa nyeri . Kaji stress psikologis/ pasangan dan respon emosional terhadap kejadian Rasional : Ansietas sebagai respon terhadap situasi darurat dapat memperberat derajat ketidaknyamanan ka rena sindrom ketegangan takut nyeri d. Berikan lingkungan yang nyaman. c. tenang dan aktivitas untuk mengalihkan nyeri..

klien merasa d iperhatikan dan perhatian terhadap nyeri akan terhin dari f. dan dapat mengurangi tingkat kecemasan dalam melewati persalinan. Kolaborasi : Berikan narkotik atau sedative sesuai instruksi dokter Rasional : Pemberian narkotik atau sedative dapat mengurangi nyeri hebat  Siapkan untuk prosedur bedah bila diindikasikan .SAMBUNGAN… e. Kuatkan dukungan social/ dukungan keluarga Rasional : Dengan kehadiran keluarga akan membuat klien nyaman.

TERIMA KASIH .