You are on page 1of 7

TUGAS BIOETIK

OLEH :
TALITA NANDIA 09700052
M.RIZA MUZAQI 09700

Keluarga pasien menyetujui dan menandatangani surat penolakan tindakan medis. didapatkan penurunan berat badan. keluarga hanya menginginkan untuk sementara di rawat di IGD.5 bulan. Pasien disarankan untuk dirawat inap tapi keluarga pasien menolak dikarenakan tidak mempunyai biaya. didapatkan lender berwarna kung keruh dan bercak darah. tiba tiba pasien pingsan setelah batuk batuk darah hebat (menurut keluarga pasien) . dan sering keringat malam. Dokter kemudian memutuskan agar pasien kontrol poli saja.KASUS Pasien laki. Dokter mendiagnosa bahwa pasien mengalami infeksi paru-paru atau TBC.laki berusia 45 tahun datang ke IGD dengan keluhan batuk berdahak selama kurang lebih 1. Pada saat dokter memeriksa pasien lain.

DILEMA ETIK Pihak dokter dari Rumah sakit tidak dapat meneruskan tindakan medis karena pasien tidak mempunyai biaya untuk berobat (rawat inap). sedangkan kondisi pasien yang semakin memburuk Non Malefience vs Benefeince .

Benefience : Dokter mengedukasi pasien agar pasien diberi pengobatan dan di rawat inap kan 4. informed consent ditandatangani oleh istri pasien dalam keadaan sadar 3.1. Non maleficence manusia : Dokter menjamin harkat dan martabat . Justice : Dokter menyarankan agar pasien di rawat inap untuk menyembuhkan penyakit nya 2. Autonomi : Dokter menghargai hak-hak pasien untuk menolak tindakan media karena terkendali biaya.

Setelah dilakukan anamnesa.KASUS Seorang laki laki berusia 40 tahun datang ke IGD dengan keluhan nyeri dada sebelah kiri menjalar sampai ke lengan sebelah kiri disertai dengan keluhan sesak nafas. pasien tiba tiba pingsan setelah mengeluh nyeri yang hebat di dada sebelah kiri. Istri pasien dan pasien menolak untuk di rujuk ke luar kota dengan alasan tidak memiliki biaya untuk dirujuk. Saat pasien masih di observasi di IGD. Dokter kemudian menyarankan agar sementara pasien di rawat inap sambil mengurus kartu BPJS agar bisa dibuat rujukan. dari hasil pemeriksaan tambahan dan gejala klinis nya dokter menjelaskan bahwa pasien terkena penyakit jantung coroner dan harus ditangani oleh fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih lengkap di luar kota. Dokter langsung menangani kembali pasien tersebut. pemeriksaan fisik serta pemeriksaan tambahan. Pasien memilih untuk dirawat di rumah sakit ini saja. . Pasien diantar oleh istri dan anaknya.

sedangkan kondisi pasien yang semakin memburuk Non Malefience vs Benefeince .DILEMA ETIK Pihak dokter dari Rumah sakit tidak dapat meneruskan tindakan medis karena pasien tidak mempunyai biaya untuk berobat (rawat inap).

Autonomi : Dokter menghargai hak-hak pasien untuk menolak tindakan media karena terkendali biaya. Justice : Dokter menyarankan agar pasien di rujuk untuk menyembuhkan penyakit nya dengan fasilitas kesehatan yang lebih lengkap 2. informed consent ditandatangani oleh istri pasien dalam keadaan sadar 3. Non maleficence manusia : Dokter menjamin harkat dan martabat . Benefience : Dokter mengedukasi pasien agar pasien diberi pengobatan dan di rawat inap kan 4.1.