You are on page 1of 23

PHP merupakan bahasa pemrograman berbasis
web
yang
memiliki
kemampuan
untuk
memproses dan mengolah data secara dinamis.
PHP dapat dikatakan sebagai sebuah server-side
embedded script language, artinya semua sintaks
dan perintah program yg ditulis akan sepenuhnya
dijalankan oleh server, tetapi dapat disertakan
pada halaman HTML biasa
Pada umumnya semua aplikasi yang dibangun
menggunakan PHP akan memberikan hasil pada
web browser,
tetapi prosesnya secara
keseluruhan dijalankan pada server.

Security system yang cukup tinggi . Linux.Cara koneksi dan query database yg sederhana . Mac OS dan kebanyakan varian UNIX. .Biaya yang dibutuhkan untukmenggunakan PHP tidak mahal. bahkan gratis . seperti MySQL .Waktu eksekusi yang lebih cepat dibandingkan dengan bahasa pemrograman web lainnya berorientasi pada server-side scripting . Beberapa kelebihan PHP : .Dapat bekerja pada sistem operasi berbasis windows.Akses ke sistem database yang lebih fleksibel dan mudah.Mudah digunakan karena memiliki fitur dan fungsi khusus untuk membuat web dinamis .

Xampp adalah salah satu paket instalasi Apache. PHP dan MySQL secara instan yg dpt digunakan utk membantu proses instalasi produk tersebut. XAMPP bersifat free untuk digunakan  .  XAMPP juga memberikan fasilitas pilihan penggunaan PHP 4 atau PHP 5  Sama halnya dengan PHP.

PHP .Apache .dll .Webalizer .Cgi – Bin . Dalam paket XAMPP.FTP .PHP MyAdmin .perl .MySQL . kita akan memperoleh beberapa fitur : .Mercury Mail (SMTP) .

yg memungkinkan script PHP dpt ditulis di hampir semua text editor seperti : notepad. wordpad. dll.Script PHP disimpan sbg plain text dlm format ASCII.  Script PHP adalah kode yang disertakan di sebuah halaman HTML & kode tsb dijalankan oleh server yg akan dieksekusi sebelum dikirim ke browser  .

html HTTP server hanya melewatkan content dari file menuju ke browser. Server tdk mencoba utk mengerti atau memproses file krn itu adalah tugas browser utk melakukan kompilasi hasil program.php) : <html> <? Print(“PHP Terpasang dalam HTML”). ?> </html> pada file. . Contoh File PHP (contoh.

<script language=“php”> dan </script> . Web server akan mulai bekerja  Penulisan script PHP memiliki aturan sebagai berikut : .Diawali <?Php dan diakhiri ?> atau diawali <? dan diakhiri ?> .<% dan %> .php akan ditangani scr berbeda. file yg memiliki kode php akan diperiksa. File berekstensi .

Latihan 1: <HTML> <HEAD> <TITLE>Menyisipkan PHP di Dokumen HTML</TITLE> </HEAD> <BODY> Contoh PHP yang terpasang pada HTML:<BR> <P> <?php echo (“Belajar Pemrograman PHP sangat mudah!!!”).  Perintah2 PHP dpt disisipkan di bagian manapun dkm dokumen HTML. ?> </BODY> </HTML> .php. yg perlu dilakukan hanyalah menyisipkannya di script HTML & menyimpannya sbg *.

Sebagai awal pembuatan script PHP buka Notepad kemudian ketikkan perintah seperti pada gambar/Latihan 2 berikut : . Sebelum memulai file PHP pertama. perlu diketahui bahwa file PHP harus diletakkan pada home direktori yaitu di c:\apachefriends\xampp\htdocs.

 Ini adalah tampilan Utama XAMPP .

 XAMPP memberikan fasilitas khusus kepada pengguna untuk membangun database MySQL melalui tool phpMyAdmin. Jika Anda mengklik phpMyAdmin yang terdapat dalam tools XAMPP maka akan terlihat tampilan seperti gambar berikuit ini. .

 Selanjutnya untuk membuat hak akses kepada pengguna yang berhak mengakses database Anda dapat memilih Previlages/hak Akses. Di bawah ini adalah tampilan halaman Hak Akses: .

 Melalui phpMyAdmin Anda bisa membuat table dengan mengisikan nama dan jumlah field kemudian tekan tombol go. seperti pada gambar berikut ini .

 Dibawah ini adalah tampilan dari struktur tabel mahasiswa dari database Siakad yang dibuat .

Berikut ini contoh script PHP untuk membuat koneksi ke server database. Selanjutnya adalah untuk membangun aplikasi agar dapat ditampilkan di halaman web adalah menghubungkan PHP dengan MySQL. .

 Dibawah ini adalah contoh script untuk melihat data mahasiswa .

 Dibawah ini adalah contoh tampilan data mahasiswa .

 Dibawah ini adalah contoh script untuk input data mahasiswa .

 Dibawah ini adalah contoh tampilan Form Input data mahasiswa .

 Dibawah ini adalah contoh script untuk Form Edit data mahasiswa .

 Dibawah ini adalah contoh tampilan Form Edit Data Mahasiswa .

 Dibawah ini adalah contoh script Delete data mahasiswa .