You are on page 1of 11

JATUH

PEMBIMBING:

KELOMPOK 4 .

kedua mata dianjurkan untuk operasi tetapi penderita selalu menolak . Sejak seminggu penderita terdengar batuk-batuk dan agak sesak napas serta nafsu makan sangat berkurang tetapi tidak demam. Penderita selama ini mengidap dan minum obat penyakit kencing manis dan tekanan darah tinggi. Setelah itu kedua tungkai tak dapat digerakkan tetapi kalau diraba atau dicubit masih dirasakan oleh penderita.SKENARIO 2 Laki-laki 68 tahun masuk rumah sakit dengan keluhan menurut keluarganya tiba-tiba terpeleset dan jatuh terduduk di depan kamar mandi tadi pagi.

KATA SULIT: Tidak ditemukan adanya kata sulit’ KALIMAT KUNCI:  Laki-laki 68 tahun  Terpeleset & jatuh terduduk di depan kamar mandi  Kedua tungkai tidak dapat digerakkan. tapi penderita menolak . sesak napas. dan nafsu makan berkurang  Penderita mengidap dan minum obatpenyakit kencing manis dan hipertensi  Kedua mata dianjurkan oprasi. jika diraba atau dicubit masih dirasakan  Sejak seminggu penderita batuk.

Bagaimana pencegahan jatuh pada lansia? 1. Bagaimana penanganan awal pada pasien di scenario? 9. Apa saja komplikasi yang memungkinkan dapat terjadi pada pasien di scenario? 10. Mengapa kedua tungkai tidak dapat digerakkan. Bagaimana hubungan riwayat penyakit dan pengobatan terhadap jatuh yang dialami pasien? 7. Apa saja kemungkinan penyebab jatuh pada scenario? 3. namun jika diraba/dicubit masih dapat dirasakan oleh penderita 6. Bagaimana langkah-langkah diagnosis yang dapat dilakukan pada pasien dalam scenario? 8.PERTANYAAN: Jelaskan teori-teori penuaan sebagai proses fisiologi yang normal 2. . Bagaimana hubungan keluhan dengan jatuh pada scenario? 5. Apa saja factor resiko jatuh pada lansia? 4.

panjang usia dan kematian .TEORI PENUAAN A. Teori Wear And Tear (Dipakai dan Rusak)  Teori Rantai Silang  Teori Riwayat Lingkungan  Teori Imunitas  Teori Lipofusin dan Radikal Bebas  Teori Neuroendokrin  Teori Organ Tubuh (Single Organ Theory)  Teori Umur Panjang dan Penuaan (Longevity and Senescence Theories)  Teori Harapan Hidup Aktif dan Kesehatan Fungsional Teori Medis (Medical Theories)  . pengembangan. Teori Biologis Teori biologi merupakan teori yang menjelaskan mengenai proses fisik penuaan yang meliputi perubahan fungsi dan struktur organ.

Teori Keberlangsungan Hidup dan Perkembangan Kepribadian . Recent and Evolving Theories. . Teori Kebutuhan Manusia . Teori Kontiunitas . 1. Teori Kepribadian .4 B. Teori Disengagement (Penarikan Diri) . Teori ini cenderung dipengaruhi oleh dampak dari luar tubuh.2. Teori Tugas Perkembangan . Teori Subkultur . Teori Psikologis . Teori Aktivitas . .3.Teori Sosiologi Teori sosiologi merupakan teori yang berhubungan dengan status hubungan sosial.

KEMUNGKINAN PENYEBAB JATUH PADA PASIEN DI SKENARIO 1) Kecelakaan 2) Nyeri kepala dan atau vertigo 3) Hipotensi orthostatik 4) Obat-obatan 5) Proses penyakit yang spesifik 6) Idiopatik 7) Sinkope .

dan Refleks Postural Obat-Obatan yang Diminum Alat-Alat Bantu Berjalan Lingkungan yang Tidak Mendukung (Berbahaya) . Gaya Berjalan.FAKTOR RESIKO JATUH PADA LANSIA • FAKTOR INTRINSIK • FAKTOR EKSTRINSI K • • • • Kondisi Fisik dan Neuropsikiatrik Penurunan Visus dan Pendengaran Perubahan Neuromuskuler.

HUBUNGAN KELUHAN PASIEN DENGAN JATUH PADA SKENARIO .

KEDUA TUNGKAI TIDAK DAPAT DIGERAKKAN. NAMUN MASIH DAPAT DIRASAKAN JIKA DICUBIT/DIRABA. . KARENA..