You are on page 1of 18

PENERAPAN TERAPI

KOMPLEMENTER PADA
KELUARGA

STIKES WIKA PPNI BALI
I WAYAN
SURASTA,S,Kp.,M.Fis.,AIFO

.Terapi Komplementer : • Adalah cara Penanggulangan Penyakit yang dilakukan sebagai pendukung kepada Pengobatan Medis Konvensional atau sebagai Pengobatan Pilihan lain diluar Pengobatan Medis yang Konvensional.

• Terapi Komplementer merupakan metode penyembuhan yang caranya berbeda dari pengobatan konvensional di dunia kedokteran. Terapi komplementer merupakan terapi tambahan bersamaan dengan terapi utama dan berfungsi sebagai terapi suportif untuk mengontrol gejala. yang dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan. Banyak terapi modalitas yang digunakan pada terapi komplementer mirip dengan tindakan keperawatan seperti teknik sentuhan. meningkatkan kualitas hidup. masase dan manajemen stress. . yang mengandalkan obat kimia dan operasi. dan berkontribusi terhadap penatalaksanaan pasien secara keseluruhan.

karena tubuh kita sebenarnya mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri.Konsep Keilmuan • Pada dasarnya. agar tubuh dapat menyembuhkan dirinya sendiri yang sedang sakit. asalkan kita mau mendengarkannya dan memberikan respon dengan asupan nutrisi yang baik dan lengkap serta perawatan yang tepat. . terapi komplementer bertujuan untuk memperbaiki fungsi dari sistem-sistem tubuh. terutama sistem kekebalan dan pertahanan tubuh.

chiropractic. . visualisasi. seperti akupuntur. naturopati. tanaman obat/ herbal. polaritas atau reiki.• Ada banyak jenis metode dalam terapi komplementer ini. terapi energi kultivasi. termasuk hipnoterapi. pijat refleksi. yoga. meditasi. homeopati. teknik-teknik relaksasi. dan sebagainya.

hingga menggunakan doa tertentu yang diyakini secara spiritual memiliki kekuatan penyembuhan. seperti jamu-jamuan. kunyit. Pendekatan lain seperti menggunakan energi tertentu yang mampu mempercepat proses penyembuhan. sampai bahan yang dirahasiakan.obat yang digunakan bersifat natural / mengambil bahan dari alam. temu lawak dan sebagainya). rempah yang sudah dikenal (jahe.• Obat. .

preventif. kuratif dan rehabilitatif yang diperoleh melalui pendidikan terstruktur dengan kualitas. dokter gigi dan tenaga kesehatan lainnya yang memiliki pendidikan dalam bidang pengobatan komplementer tradisional – alternatif. .• Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan definisi pengobatan komplementer tradisional –alternatif adalah pengobatan non konvensional yang ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat meliputi upaya promotif. Dalam penyelenggaraannya harus sinergi dan terintegrasi dengan pelayanan pengobatan konvensional dengan tenaga pelaksananya dokter. keamanan dan efektifitas yang tinggi berlandaskan ilmu pengetahuan biomedik tapi belum diterima dalam kedokteran konvensional.

Jadi untuk Indonesia. bukan termasuk pengobatan komplementer tetapi merupakan pengobatan tradisional. Pengobatan komplementer adalah pengobatan non-konvensional yang bukan berasal dari negara yang bersangkutan. jamu misalnya. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang sudah dari zaman dahulu digunakan dan diturunkan secara turun –temurun pada suatu negara. jamu Indonesia bisa dikategorikan sebagai pengobatan komplementer. Tapi di Philipina misalnya. .• Menurut WHO (World Health Organization ).

• Bagi perawat yang tertarik mendalami terapi komplementer dapat memulai dengan tindakan– tindakan keperawatan atau terapi modalitas yang berada pada bidang keperawatan yang dikuasai secara mahir berdasarkan perkembangan teknologi terbaru. .

• Jadi. Keperawatan komplementer adalah cabang ilmu keperawatan yang menerapkan pengobatan non konvensional yang ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat meliputi upaya promotif. diperoleh melalui pendidikan terstruktur dengan kualitas. kuratif dan rehabilitatif yang berfungsi sebagai terapi suportif untuk mengontrol gejala. keamanan dan efektifitas yang tinggi berlandaskan ilmu pengetahuan biomedik tapi belum diterima dalam kedokteran konvensional . meningkatkan kualitas hidup. dan berkontribusi terhadap penatalaksanaan pasien secara keseluruhan. preventif.

vitamin dan produk herbal • Di Amerika terapi komplementer kedokteran dibagi empat jenis terapi : Chiropractic .Jenis-Jenis Terapi Komplementer • Dari hasil penelitian pendapat mahasiswa perawat tentang terapi komplementer yang direkomendasikan untuk perawat adalah : masase. terapi masase dan akupunktur. teknik relaksasi. diet. . terapi musik. teknik relaksasi.

yaitu   • Biological Based Practice : herbal.Menurut National Institute of Health (NIH). akupuntur . aryuvedic. dan  suplemen lain •  Mind-body techniques : meditasi •  Manipulative and bodybased practice  :  pijat. Terapi komplementer dikategorikan menjadi 5. vitamin .  refleksi • Energy therapies : terapi medan magnet •  Ancient medical systems : obat tradision al chinese.

baik terhadap keamanan maupun efektivitasnya. .Terapi herbal medik. Herbal terstandar yaitu herbal yang telah melalui uji preklinik pada cell line atau hewan coba. baik berupa herbal terstandar dalam kegiatan pelayanan penelitian maupun berupa fito farmaka. yaitu terapi dengan menggunakan obat bahan alam.

– Bahan yang digunakan harus yang sudah terstandar dan dalam bentuk sediaan farmasi    – Rumah sakit yang dapat melakukan pelayanan penelitian harus telah mendapat izin dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia dan akan dilakukan pemantauan terus menerus. yaitu: – Sumber daya manusia harus tenaga dokter dan atau dokter gigi yang sudah memiliki kompetensi.Terapi dengan menggunakan herbal ini akan diatur lebih lanjut oleh DepartemenKesehatan Republik Indonesia. . Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

daya efektivitasnya untuk mengatasi berbagai jenis gangguan penyakit tidak bisa di bandingkan satu dengan lainnya karena masing – masing mempunyai teknik serta fungsinya sendiri  sendiri. .• Dari beberapa jenis teknik pengobatan komplementer yang ada.

meningkatkan sistem imun tubuh. Sementara. meningkatkan nafsu makan serta menghilangkan atau mengurangi efek samping yang timbul akibat dari pengobatan kanker itu sendiri. mengatasi konstipasi atau diare. berfungsi dalam meningkatkan daya tahan tubuh. fatigue (kelelahan) dan neuropati . seperti mual dan muntah. terapi akupunktur berfungsi memperbaiki keadaan umum.• Terapi herbal.

mediasi. • Cara lain dalam diagnosa dan pengobatan : terapi ozon. doa dan yoga • Sistem pelayanan pengobatan alternatif : akupuntur. shiatsu. mikro nutrient. ayurveda. homeopati. akupresur. EEC . herbal. osteopati.penyembuhan spiritual.Jenis pelayanan pengobatan komplementer – alternatif berdasarkan Permenkes RI Nomor : 1109/Menkes/Per/2007 adalah : • Intervensi tubuh dan pikiran (mind and body interventions) : Hipnoterapi. pijaturut • Pengobatan farmakologi dan biologi : jamu. gurah • Diet dan nutrisi untuk pencegahan dan pengobatan : diet makro nutrient. naturopati. healing touch. tuina. • Cara penyembuhan manual : chiropractice.. hiperbarik.aromaterapi.

KOMPLEMENTER DALAM KELARGA • Dapur • Taman / kebun ---.apotik hidup • Obat P3K dalam rumah • Ceraken / kotak obat herbal .