DESKRIPSI PERKULIAHAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Oleh : Muhammadun, S.Ag. M.S.I. Mata kuliah Pendidikan Agama Islam didesain untuk mengetahui ajaran agama Islam yang mencakup berbagai aspek. Diantaranya adalah mengenai ketuhanan, kemanusiaan, Hukum, politik, kemasyarakatan, budaya, ekonomi dan lain-lain. Mengingat aspek ajaran Islam itu cakupannya cukup luas, maka dalam Mata Kuliah ini lebih difokuskan pada pemahaman tentang : Konsep Ketuhanan dalam Islam, Hakikat Manusia menurut Islam, Keimanan dan Ketaqwaan, Implementasi Iman dan Taqwa dalam Kehidupan Modern, Hukum, HAM dan Demokrasi dalam Islam, Etika, Moral dan Akhlaq. IPTEK, Kerukunan Antar Ummat beragama, Masyarakat Madani, ekonomi Islam, Kebudayaan Islam dan Sistem Politik Islam.

Dari segi isinya, mata kuliah ini akan mengkaji aspek normativitas dan historisitas yang ada dalam pemikiran Islam. Oleh karena itu, materi yang akan dibahas nanti akan terfokus pada dua aspek tersebut secara seimbang. Mata kuliah ini diharapkan dapat memberi inspirasi dan pencerahan pemikiran mahasiswa dalam keberagamaannya, terlebih dalam meningkatkan proses perkembangan pemahaman keislaman sebagai penerus perjuangan cita-cita Islam. Hal ini disebabkan karena mahasiswa (Islam) adalah penerus tradisi intelektual Islam. Mata Kuliah Pendidikan Islam ini termasuk Mata Kuliah Dasar, karenanya diharapkan kuliah inidijadikan sebagai pengantar bagi mahasiswa dan menjadi motivasi untuk memperdalam tentang keislaman lebih lanjut

Materi Perkuliahan
‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ 1. Konsep ketuhanan dalam Islam 2. Hakikat Manusia menurut Islam 3. Keimanan dan Ketaqwaan 4. Implementasi iman dan taqwa dalam kehidupan 5. Masyarakat Madani dan Kesejahteraan Ummat 6. HAM dan Demokrasi dalam Islam 7. Hukum Islam dan Kontribusi Ummat Islam Indonesia 8. Sistem Politik Islam 9. Sistem Ekonomi Islam 10IPTEK, Seni dan Kebudayaan dalam Islam. 11.Etika, moral dan akhlaq 12. Kerukunan antar umat beragama dan masyarakat madani

Struktur substansi kompetensi MPK Pendidikan Agama Islam
‡ .

‡ ‡ ‡ ‡

‡ ‡

Membimbing Mahasiswa memperkuat Iman dan Taqwa kepada Allah swt. Mengantarkan Mahasiswa mengembangkan akhlaq mulia dan peka terhadap lingkungan Membimbing Mahasiswa mengembangkan penalaran yang baik, berpikir kritis dan menjadikan nilai-nilai Islam untuk mengenali berbagai masalah aktual dan memecahkannya. Mengantarkan Mahasiswa memiliki wawasan yang luas dan mengenali berbagai perubahan di masyarakat serta mampu mengambil keputusan dan sikap secara bertanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai Islam yang diyakininya, Mengantarkan Mahasiswa mampi berkomunikasi dengan baik, bersikap mandiri dan toleran dalam mengembangkan kehidupan yang harmonis antar ummat beragama. Menghantarkan Mahasiswa mampu bersikap rasional dan dinamis dalam rangka mengembangkan IPTEK sesuai dengan nilai-nilai Islam bagi kepentingan bangsa dan ummat manusia.

Pendekatan dan strategi pembelajaran MPK Pendidikan Agama Islam.
‡ Pendekatan pembelajaran MPK PAI adalah menempatkan mahasiswasebagai subyek pendidikan, mitra dalam proses pembelajaran serta sebagai ummat, anggota keluarga, masyarakat dan warga negara. ‡ Strategi pembelajatan MPK PAI adalah melakukan pembahasan secara kritis, analistis, induktif, deduktif dan reflektif melalui dialog kreatif yang bersifat parsipatoris untuk meyakini kebenaran substansi dasar kajian.

Evaluasi Proses Pembelajaran MPK PAI
‡ Bentuk Evaluasi : Ujian tulis dan penilaian tugas. ‡ Jenis soal : Soal essay dan penulisan makalah. ‡ Pelaksanaan Evaluasi : Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS) dan Penugasan (P).

KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
‡ Sejarah Pemikiran Manusia tentang Ketuhanan ‡ Pembuktian adanya Tuhan ‡ Tauhid : Konsep Ketuhanan Islam

Sejarah Pemikiran Manusia tentang KeTuhanan
‡ Ketuhanan pada masyarakat mengalami evolusi (Edward B. Tailor)

± Dinamisme ± Animesme ± Politeisme ± Oligateisme ± Henoteeis ± Monoteisme

HARUN NASUTION
‡ Monoteisme :
± Deisme ± Teisme. Deisme ± Naturalis ---Ateisme ---Agnostisisme

Dinamisme :
‡ Semua benda memiliki kekuatan misterius. Kekuatan itu dpt dimanfaatkan untuk kepentingan manusia dalam mempermudah hidupnya

Animisme :
‡ Setiap benda memiliki roh. Roh memiliki bentuk, butuh makan, dapat merasa senang, susah dan marah.---‡ Kebaktian

Poleiteisme
‡ Dari banyak roh, ada yang dianggap unggul, memiliki karakter. ‡ Apabila diberi kebaktian, dia akan menjadi Dewa.

Oligateisme :
‡ Dari dewa-dewa yang ada itu ada yang diunggulkan

Henoteisme :
‡ Ketika masing-masing kelompok masyarakat hanya mengakui satu dewa

Monoteisme.
‡ Ketika yang diakui itu hanya satu Tuhan.

Monoteisme : -Deisme -Teisme

‡ Deisme : Tuhan itu tunggal dan transenden yang tidak terlibat dalam ciptaanya ‡ Teisme : Tuhan itu tunggal dan transenden yang selalu melibatkan diri dg ciptaanya

Deisme²Naturalis²ateis.
‡ Naturalis: Tuhan itu transenden tdk terlibat dg alam.Alam tdk butuh kepada Tuhan,Alam berproses sesuai dg hukum alam. ‡ Ateis : Tuhan itu tidak ada. Bila alam berproses sesuai dg hukumnya, maka Tuhan tidak perlu ada.

Agnostisisme
‡ Keragu-raguan antara ada dan tidak adanya Tuhan. ‡ Tuhan mungkin ada(tdk tegas) tetapi manusia tkd dapat mengetahuinya secara positip.

Pembuktian adanya Tuhan
‡ Argumen klasik tentang adanya Tuhan
± Ontologi ± Kosmologi ± Teleologi ± Moral

Ontologi
‡ Membuktikan adanya Tuhan demgan cara menghubungkannya pada ide tentang Dzat yang maha mulia dan sempurna. Tuhan itu ada, oleh karena itu diberi definisi sedemikian rupa, sehingga mustahil untuk memikirkan Ia tidak ada.

Kosmologi.
‡ Berdasar pada hkum kausalitas yang berlaku pada alam semesta ini.Segala yang terjadi di alam ini mempunyai sebab akibat. Rentetan sebab akibat itu berakhir pada sebab pertama (causa prima)

Teleologi.
‡ Alam semesta ini serba teratur dan terencana. Adanya penataan dan perencanaan ini menunjukkan adanya Tuhan yang punya kehendak.

Moral.
‡ Didasarkan adanya kesenjangan antara prinsip normatif moral dan fakta moral.

Tauhid : Konsep Ketuhanan Islam
‡ Makna Tauhid ‡ Tauhid esensi Islam ‡ Tauhid Fitrah Manusia

Hakekat manusia menurut Islam
‡ ‡ ‡ ‡ A.Berbagai persepsi tentang manusia B.Konsep manusia menurut Islam C.Eksistensi dan martabat manusia D.Kedudukan & tanggung jwb. Mns.

Plato : Manusia adalah makhluk berakal, dan akal manusia akan mengarahkan kepada budi. Aristoteles :Manusia adalah binatang berfikir.Akal adalah sifat yang dimiliki manusia yang dapat memisahkan watak yang tidak manusiawi.

Pandangan psikolog
‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Behaviorisme ivan Pavlov, B.F.Skinner -Manusia adalah makhluk netral, ketika dilahirkan tidak membawa bakat apa-apa. Manusia berkembang berdasarkan stimulus yang diterima dari lingkungannya. Psikoanalisis (Sigmund Freud) -Manusia adalah makhluk yg hidup atas bekerjanya dorongan Id (libido seksualitas) yang memberi daya pada ego (kesadaran thdp realitas kehidupan) dan super ego (kesadaran normatif). Aliran ini beranggapan bahwa perilaku manusia banyak dipengaruhi masa lalu, alam tak sadar dan dorongan-dorongan biologis yang menuruti kenikmatanuntuk segera terpenuhi. Hakekat manusia adalah buruk, liar, kejam non etis, egois sarat nafsu, dan berkiblat kepada kenikmatan jasmani.

Pandangan Pendidikan
‡ Manusia adalah homo edukatif. Kerika lahir manusia dipandang sbg makhluk tak berdaya, ketidakberdayaan manusia justru menunjukkan potensi manusia.

Pandangan antropolog
‡ Manusia tergolong primata yang paling sempurna baik badan maupun akalnya, sehingga dapat berperilaku bermacammacam.

Pandangan sosiolog
‡ Manusia diasumsikan sbg homo sosion yaitu makhluk bermasyarakat (memiliki ketergantungan kepada masyarakat).

Pandangan Islam
‡ Islam menempatkan manusia sbg makhluk netral.( ia adlh ciptaan Allah sbg makhluk monodualis yg memiliki perbedaan dan persamaan dengan makhluk lain yg memilki kebebasan dan tanggung jawab sbg khalifah.

Konsep manusia menurut Islam
‡ Manusia adalah makhluk yang paling mulia, ketika ia dapat mengaktualisasikan potensinya memperteguheksistensinya, mengoptimalkan potensi positif yg dimiliki dan menyelaraskan peran dan fungsinya sebagai Abd.(hamba) dan khlalifah. ‡ Ketika sebaliknya, ia akan menempati posisi paling rendah dan lebih hina dari binatang

Term dlm Alqur¶an ttg manusia
‡ 1.Al insan, an-nas, Unas/ al ins¶=Jinak. Lupa, terguncang(lupa membutuhkan petunjuk) ‡ 2. Al Basyar = Penampakan(nampak perbedaan dg makhluk lainnya ‡ 3.Bani Adam/Dzurriyyah Adam

Diskripsi Alqur¶an ttg manusia
‡ Makhluk ciptaan Allah yg teriri dari materi, dan immateri (air,tanah, debu, tanah liat, saripati tanah, tanah tembikar, lumpur yg dicetak) dan ruh yg ditiupkan. ‡ Manusia makhluk terdiri dimensi materi dan ruhani.(ruh, nafs (jiwa)=digerakkan menangkap fenomena, ‡ Akal=bekerja dg qolb untuk memecahkan problem. qalb=bagian nafs untuk mengolah, memutuskan sesuatu. dan hati nurani.(nafs. Zakiyah, mutmainnah, lawwamah dan amarah bis su¶. (PALING BERPENGARUH DLM KEHIDUPAN MANUSIA) ‡ Manusia memiliki fitrah ‡ Manusia dibekali Allah dengan berbagai kelebihan :«« ‡ Manusia banyak memiliki kelemahan:«..

Tujuan penciptaan manusia
‡ Allah menciptakan bumi bukan untuk main-main ‡ Manusia diciptakan untuk beribadah

Eksistensi dan martabat manusia
‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Memiliki persamaan dan perbedaan dg makhluk lain Eksistensi manusia :dibekali Allah dg berbagai keunggulan atas alam semesta : Martabat manusia :Apabil mampu mengaktualisasikan potensinya akan menjadi insan kamil.Yg memiliki karakter ulil abshar Yaitu : -Hanya takut kepada Allah -bersungguh-sungguh dlm menuntut ilmu -melakukan aktivitas dzikir dan fikir -mampu memisahkannyg baik dan buruk -bersedia mendakwahkan ilmu yg dimiliki -Senantiasa melakukan qiyamul lail -Kritis dlm mendengarkan pembicaraan

Fungsi dan peranan manusia
‡ Sebagai hamba Allah, yaitu melaksanakan ibadah, taat dan tunduk hanya berorientassi kepada Allah.(mahdlah dan ghairu mahdlah) ‡ Sebagai khalifah,yaitu kewenangan untuk mengelola bumi ini dibatasi oleh aturan hukum(qur¶aniyyah maupun kauniyah yg digariskan oleh yang diwakilinya yaitu Allah.

Keimanan dan ketaqwaan

‡ ‡ ‡ ‡

A. Pengertian. Wujud dan Pengaruh iman B. Terbentuknya Iman dan tanda orang beriman C. Pengertian dan fungsi taqwa. D. Hubungan antara Allah dan manusia.

Pengertian Iman
‡ Etimologis : At tashdiq.(QS.Yusuf 12) ‡ Terminologi : Tasdiq bil al-qolb. Qoul/iqrarun bi al-lisan, amalun bi al-arkan. (QS. An Nisa¶ 136)

Wujud Iman
‡ Ruang lingkup Iman ( Hasan al Banna

)

‡ ‡ ‡ ‡

1. Ilahiyyah 2. Nubuwwah 3. Ruhaniyyah 4. Sam¶iyyah

Pokok-pokok keimanan
‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Iman kepada Allah Iman Kepada Malaikat Iman kepada Kitab suci Iman kepada rusul Allah Iman kepada hari akhir Iman Kepada Qadla¶ dan qadar Allah

Titik sentral iman kepada Allah adalah tauhidullah yg meliputi :
‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Tauhid fi al-Dzat Tauhid fi al-Sifat Tauhid fi al-wujud Tauhid fi al-af¶¶al Tauhid fi al-ibadah Tauhid fi al-qashdi Tauhid fi al-tasyri¶

Iman kepada Malaikat
‡ Malaikat adalah sekompok makhluk yang tercipta dari nur yang hanya melaksanakan perintah dan tidak permaksiyat kepada Allah. ‡ Keterangan manusiaa ttg Malaikat hanya terbatas yg diinformasikan dan digambarkan oleh Alqur¶an.(Q ‡ QS.Alanbiya¶ 28, Al-Nahl 2.)

Iman kepada kitab Allah
‡ ‡ ‡ ‡ Taurat Zabur Injil Al-qur¶an : Hudan, rahmah, syifa¶, penyempurna, terjaga originalitasnya., universal dan sepanjang zaman

Iman kepada Rasul
‡ Rusulan mubasysyirina wa mundzirin ‡ Muhammad rasul terakhir ( ma kana muhmmad aba ahadin«) ‡ Rasul sbg pemenuh kebutuhan ruhani manusia.

Iman kepada hari akhir :
‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Alam rusak Manusia dibangkitkan Manusia dikumpulkan Manusia dihisab Neraka dan surga

Iman kepada qadla¶ dan qadar Allah
‡ Allah mengetahui dg pasti segala peristiwa yg terjadi ‡ Keyakinan akan adanya aturan Allah kepada setiap makhluk ‡ Kehendak Allah itu pasti dan tidak bisa diganggu gugat ‡ Allah adalah rab.

Pengaruh iman dalam kehidupan
‡ Iman menimbulkan rasa aman/tdk khawatir ‡ Iman menimbulkan pengharapan.pengharapan mendorong kekuatan manusia untuk melakukan aktivitas ‡ Memperoleh ketengan jiwa ‡ Menghilangkan keragu-raguan.

Tanda-tanda orang beriman
‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Memiliki kepekaan dan ketajaman jiwa Memiliki rasa bangga terhadap agama (islam ) Konsisten kepada kebenaran Kemenangan jiwa dan ketentraman hati Cinta kepada Allah penuh pengharapan Tidak ragu memperjuangkan Islam Kedekatan dirinya kepada Allah Mencintai Allah dan Rasulnya serta manusia. Berbudi pekerti baik Gemar dan taat beribadah

Taqwa
‡ Pengertian ‡ Fungsi taqwa : sebagai menjaga kesucian dan fitrah manusia

Hubungan dg Allah dan manusia
‡ Mutattaqin : dapat dilihat dari peransertanya dlm sosial kemasyarakatan,keberpihakan kepada keadilan,rela berkorban menolong sesama, fuqara¶ dan masakin.

Ciri muttaqin
‡ ‡ ‡ ‡ Memiliki 3 dimensi kemanusiaan : 1 Makhluk Tuhan = Beribadah 2. Makhluk Individu 3. Makhluk sosial

TUGAS I Masyarakat Madani dan Kesejahteraan Ummat
a. Pengertian masyarakat Madani b. Konsep Masyarakat Madani -Karakter Masyarakat Madani -Norma Menuju masyarakat Madani c. Peran Ummat Islam dlm Mewujudkan Masyarakat Madani

TUGAS 2 HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM
a.Hak Azazi Manusia dalam Islam -Persepsi HAM menurut Barat dan Islam -Sikap Muslim terhadap HAM -Macam-macam hak dalam Islam -Tema Utama HAM 1. Persamaan 2. Kemerdekaan 3. Keadilan b. Demokrasi dalam Islam -Pengertian -Hubungan Demokrasi dengan Islam c. Prinsip Persamaan dan Kedudukan dalam Islam

TUGAS 3 HUKUM ISLAM DAN KONTRIBUSI UMMAT ISLAM INDONESIA
A. B. C. D. E. Pengertian Hukum Islam Ciri-ciri Hukum Islam Ruang lingkup Hukum Islam Tujuan Hukum Islam Sumber Hukum Islam

TUGAS 4 SISTEM POLITIK DALAM ISLAM
A. B. Pengertian Politik Islam Prinsip-prinsip Dasar dlm Politik Islam - Sistem Musyawarah - Keadilan - Prinsip Kemerdekaan. - Prinsip Persamaan C. Prinsip-Prinsip Hukum antar Agama atau Hukum Internasional D. Kontribusi Ummat Islam terhadapPolitik di Indonesia

TUGAS 5 SISTEM EKONOMI DALAM ISLAM
A. B. C. D. Pengertian Tujuan Ekonomi Islam Profit mmenurut Islam Profit dengan cara menimbun dan Spekulatif E. Mekanisme Pasar dalam Islam F. Rizki menureut Islam

TUGAS 6 IPTEK DAN SENI DALAM ISLAM
A. Pengertian Iptek dan Seni -Ilmu Pengetahuan -Teknologi -Seni B.Integrasi Agama, IPTEK dan Seni C. Keutamaan Orang yang berilmu

TUGAS 7 KEBUDAYAAN ISLAM
A. B. C. D. E. F. Pengertian Kebudayaan Konsep Kebudayaan dalam Islam Prinsip Kebudayaan dalam Islam Sejarah Intelektual Islam Masjid sebagai Pusat Peradaban Islam Nilai-nilai Islam dalam Budaya Indonesia

TUGAS 8 ETIKA MORAL DAN AKHLAK
A. Pengertian dan Ruang Lingkup Akhlak serta Perbedaanya dengan Moral dan Etika B. Karakteristik Etika Islam C. Sumber Akhlak dan Penerapannya. - Akhlak kepada Allah - Akhlak kepada Masyarakat - Akhlak kepada diri sendiri - Akhlak kepada Ibu dan Bapak

IMPLEMENTASI IMAN DAN TAQWA DALAM KEHIDUPAN MODERN

A. Problem, Tantangan dan Resiko Kehidupan Modern. Manusia adalah homo sapien (hewan rasional) sehingga manusia dapat mengatasi keterbatasannya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful