MEMBUAT LINUX MENJADI ROUTER

Nama Kelompok : Aditya Nugraha Adi Pramono Edy Nur Ardiansah Enny Trisnawati

Router
Router adalah suatu perangkat yang

mengirimkan paket data antar jaringan yang memiliki protokol berbeda memlalui sebuaah proses yang disebut routing. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan atau subnet untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

contoh penggunaan router
Router menghubungkan dua atau lebih logis subnet , yang tidak berbagi alamat umum jaringan. Subnet pada router tidak selalu peta satu-ke-satu ke interface router fisik.Istilah " lapisan3 swiching"sering digunakan bergantian dengan istilah" routing". Istilah routing umumnya digunakan untuk merujuk ke forwarding data antara dua perangkat jaringan berbagi alamat jaringan yang umum. Hal ini juga disebut lapisan 2 switching atau switching LAN.

Linux sebagai router
LRP (Linux Router Project) adalah Distro Linux

kecil yang hanya menggunakan floppy disket untuk operasionalnya yang mempunyai tugas sebagai router dalam suatu jaringan. Semua modul yang digunakan akan disimpan di memory

Langkah percobaan
• • • • •

Langkah menyeting Linux sebagai Router : Menyeting ethernet card dengan cara mengetik perintah #ifconfig eth0 192.168.10.1/25 Menyeting ethernet kedua dengan cara mengetik perintah #ifconfig eth1 192.168.10.254/25 Mengecek kesiapan ethernet #ifconfig Menyeting Linux menjadi router # echo 1 > /proc /sys/ net/ipv4/ ip_forward. Mengecek kesiapan router #cat /proc /sys /net /ipv4 /ip_forward

Hasil Percobaan

Kesimpulan
Dari hasil praktikum, fasilitas router yang terdapat pada linux, dapat diaktifkan dengan memasukkan perintah : echo 1>/proc/sys/net/ipv4/ip_forward. Untuk mengecek apakah router pada linux sudah aktif atau belum digunakan perintah cat /proc/sys/net/ipv4/ip_forward. Bila hasil dari perintah itu 1, artinya router sudah aktif. maka setelah aktif dua subnet (jaringan) akan dapat saling berkomunikasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful