Instalasi Komponen Tambahan Pada Delphi

Euis Marlina, S.Kom Email : euismarlina@gmail.com http://euismarlina.edublogs.org HP : 08179424319

Component Pallete

Komponen bawaan instalasi Delphi tidak semuanya sesuai dengan kebutuhan kita. Adakalanya kita membutuhkan komponen tambahan untuk membangun program aplikasi yang kita kembangkan. Terdapat banyak sekali komponen tambahan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Komponen tersebut bisa berupa skin, komponen untuk koneksi database dan sebagainya. Delphi telah menyediakan menu untuk menambahkan komponen tersebut. Walaupun ada beberapa komponen yang cara instalasinya seperti instalasi software biasanya, tidak perlu melalui menu yang ada pada delphi tersebut.

 

Menu tersebut adalah pada menu bar Component, dimana di sana ada 2 sub menu yang paling sering digunakan, yaitu : Install Component Jika file komponen tambahannya berupa file *.pas. Install Packages Jika file komponen tambahannya berupa file *.bpl/package library yang merupakan hasil compile dari file *.dpk/delphi package, atau komponen bawaan delphi yang sudah ada di library, tapi belum ditambahkan ke pallete. File *.bpl biasanya terdapat pada folder Bin di folder Delphi. Untuk menambahkan komponen, anda dapat mengklik tombol add yang ada di sana, lalu buka folder Bin untuk memilih file komponen yang akan ditambahkan.

Gambar 1. Install Component

Gambar 2. Install Packages

Tipe File Komponen

Ada beberapa tipe file komponen tambahan delphi, diantaranya : *.dpk (delphi package) Tipe file yang paling banyak digunakan. Untuk instalasi file ini, anda cukup double click file-nya, maka akan membuka window delphi, lalu klik menu compile, dan terakhir jalankan dengan menu run(F9). Setelah insalasi, tipe file biasanya akan berubah menjadi *.bpl yang akan secara otomatis disimpan pada path folder Borland\Delphi7\Projects\Bpl. Ada beberapa komponen yang setelah instalasi file *.dpk, harus tetap intalasi file *.bpl-nya. Oleh karena itu, anda harus menginstall lagi melalui menu Component >> Intsall Packages.

*.pas (delphi source file) Untuk menginsall tipe file komponen ini, anda harus melalui menu Component >> Install Component, lalu klik browse yang sejajar dengan label unit file name. *.exe (application) Tipe file inilah yang paling mudah dan cepat dalam menginstall komponen, karena anda tinggal double klik dan ikuti langkah2 pada saat instalasi tersebut, seperti anda menginstall software aplikasi.

*.bpg (borland project group) Tipe file *.bpg merupakan tipe file komponen yang agak rumit cara instalasinya, khususnya bagi pemula. Walaupun sebenarnya, pada dasarnya alurnya seperti kita membuka project delphi. Untuk instalasinya, anda double click file *.bpg-nya, maka akan membuka window delphi. Setelah itu, klik menu Project >> Build All Projects, lalu klik menu Run(F9).

Catatan : Biasanya masalah yang paling sering terjadi ketika menginstall komponen, yaitu ketika ada file *.dcu yang belum ter-copy ke folder Lib. Oleh karena itu, semua file *.dcu yang ada folder komponen yang diinstall, anda copy kan ke folder Lib.