You are on page 1of 28

TEKS

EKSPLANASI
KOMPLEKS

OLEH
PRAMUDYAH AYU W
135110700111008

SEKOLAH : SMA NEGERI 1 SANGGAU MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA KELAS/ SEMESTER : XI/ 2 ALOKASI WAKTU : 2X45 MENIT (1X PERTEMUAN) .

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN .

bertindak secara efektif dan kreatif. prosedural. konseptual. dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan. kebangsaan. kenegaraan. Memahami. dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan. Mengolah. dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian.KI/KD INDIKATOR 3. dan menganalisis pengetahuan faktual. serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah TUJUAN MATERI LATIHAN EVALUASI 4. serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan . dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri. menalar. budaya. menerapkan. teknologi. seni.

pantun. dan ulasan/reviu film/drama baik secara lisan maupun tulisan . cerita ulang. dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan INDIKATOR TUJUAN MATERI LATIHAN EVALUASI 4. eksplanasi kompleks. pantun. eksplanasi kompleks.1 Menginterpretasi makna teks cerita pendek.KI/KD 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek. cerita ulang.

1 menginterpretasi 1. Siswa mampu menafsirkan makna yang terkandung dalam teks ekplanasi kompleks 2. Siswa diharapkan mampu memahami apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi kompleks 2.KI/KD INDIKATOR TUJUAN MATERI LATIHAN EVALUASI 3. Siswa mampu menafsirkan informasi yang terdapat dalam teks eksplanasi .1 memahami 1. Siswa memahami kaidah bahasa yang baik dan benar pada teks eksplanasi kompleks   4. Siswa memahami struktur-struktur apa yang diterapkan pada teks eksplanasi kompleks 3. Siswa mampu menafsirkan teks eksplanasi berdasarkan kaidah kebahasaan 4. Siswa mampu menafsirkan teks eksplanasi berdasarkan struktur teks 3.

TUJUAN PEMBELAJARAN KI/KD INDIKATOR Siswa mampu memahami teks eksplanasi kompleks TUJUAN MATERI LATIHAN EVALUASI Siswa mampu mengiterpretasi teks eksplanasi kompleks .

.

.

.

.

TUJUAN PEMBELAJARAN KI/KD INDIKATOR TUJUAN MATERI LATIHAN EVALUASI .

proses terjadinya sesuatu atau fenomena. yakni memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang proses terjadinya sesuatu menurut prinsip sebab-akibat. teks eksplanasi kompleks adalah teks yang menjelaskan tentang keadaan. Teks eksplanasi mempunyai fungsi sosial. LATIHAN SEBAB EVALUASI DAN AKIBAT . Teks eksplanasi berkaitan erat dengan peristiwa alam dan peristiwa sosial.PENGERTIAN TEKS EKSPLANASI KI/KD INDIKATOR H TUJUAN MATERI Teks eksplanasi berisi penjelasan tentang keadaan sesuatu sebagai akibat dari sesuatu yang lain yang telah terjadi sebelumnya dan menyebabkan sesuatu yang lain lagi akan terjadi kemudian. Dengan kata lain.

STRUKTUR TEKS EKSPLANA KI/KD INDIKATOR TUJUAN MATERI LATIHAN EVALUASI .

• Bagian interpretasi berisi pendapat singkat penulis tentang peristiwa yang terjadi. • Bagian ini merupakan penutup teks .KI/KD INDIKATOR TUJUAN MATERI LATIHAN EVALUASI • Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang dibicarakan. • Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang peristiwa yang terjadi.

Namun. Klausa kompleks adalah klausa yang terdiri atas lebih dari satu aksi. sering hubungan itu hanya ditunjukkan oleh tanda baca koma atau titik koma. Struktur yang satu dan struktur yang lain dihubungkan oleh konjungsi. atau keadaan sehingga mempunyai lebih dari satu verba utama dalam lebih dari satu struktur. atau kualitas di dalam klausa kompleks atau antara dua klausa simpleks. bahkan tidak ditunjukkan oleh tanda baca apa pun. Unsur yang diletakkan di dalam kurung belum tentu ada dalam klausa   . KONJUNGSI EKSTERNAL? ? Teks eksplanasi menggunakan konjungsi eksternal. Klausa simpleks adalah klausa yang terdiri atas satu verba utama yang menggambarkan aksi. yakni konjungsi yang menghubungkan dua peristiwa. peristiwa.Teks eksplanasi banyak menggunakan konjungsi eksternal daripada internal. deskripsi benda. Klausa simpleks hanya mengandung satu struktur: subjek^predikator^(pelengkap)^(keterangan). peristiwa. atau keadaan.

KONJUNGSI DALAM TEKS EKSPLANASI SEBA B WALA UPUN ATAU JIKA MESK IPUN SEBELU M DAN SEJA K TETA PI SEME NTAR A SEHIN GGA SETELA H KETIK A KAREN A .

.

PARAGRAF 2 Akibat panas matahari. Evaporasi bisa terjadi melalui air (sungai. Siklus hidrologi adalah sirkulasi airyang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumidan kembali ke atmosfermelalui evaporasi. reservoir. Karena perbedaan temperatur di atmosfer. Butirbutir air terjadi karena tetesan air kecil (tiny droplet) yang timbul akibat kondensasi berbenturan dengan tetesan air lainnya dan terbawa oleh gerakan udara. air hujan mengalir dan bergerak dari daerah yang tinggi ke daerah yang rendah. Tanaman menyerap air melalui akar. dan presipitasi. Jika temperatur udara turun sampai di bawah 0º celcius.SIKLUS HIDROLOGI PARAGRAF 1 Jumlah air di alam ini tetap dan mengikuti suatu aliran yang dinamakan “siklus hidrologi”. . Energi panas matahari menyebabkan air di dalam tanaman keluar dengan wujud uap. air di permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/uap dalam proses evaporasi. yang disebut dengan hujan atau presipitasi. embung. yaitu tempat bertemunya sungai dengan laut. Aliran air ini disebut aliran permukaan tanah karena bergerak di atas muka tanah. sistem danau atau waduk. Adanya gravitasi menyebabkan butir-butir air itu turun ke bumi. Temperatur yang berada di bawah titik beku (freezing point) mengakibatkan kristal es terbentuk. waduk. butiran air akan berubah menjadi salju. Aliran ini akan memasuki daerah tangkapan atau daerah aliran menuju ke sistem jaringan sungai. PARAGRAF 3 Ketika sampai ke bumi. uap berubah menjadi air. Dalam sistem sungai aliran mengalir mulai dari sistem sungai kecil ke sistem sungai yang besar dan akhirnya menuju mulut sungai atau sering disebut estuary. kondensasi. Proses pengambilan air oleh akar tanaman dan penguapan dari dalam tanaman disebut transpirasi. dan air laut) dan tanaman.

SIKLUS HIDROLOGI .

Selesaikan bagaimana kaidah kebahasaan yang terdapat pada teks tersebut ! 4. Carilah struktur bahasa teks eksplanasi yang terdapat pada teks tersebut ! 3. Pahamilah teks diatas lalu berikan infomasi apa yang kalian dapatkan mengenai teks tersebut ! 2. carilah kata sulit pada teks diatas dan berikan pengertan dengan cara membuka kamus besar bahasa indonesia .LATIHAN SOAL SATU KI/KD INDIKATOR TUJUAN MATERI LATIHAN EVALUASI Jawablah pertanyaan berikut dengan kelompok kalian 1.

.

KI/KD INDIKATOR TUJUAN MATERI LATIHAN EVALUASI TEKS KEDUA .

.

untuk dapat menginterpretasikannya ada baiknya jika kalian menawab soal dibawah Pahamilah teks diatas lalu berikan infomasi apa yang kalian dapatkan mengenai teks tersebut ! ini Selesaikan bagaimana kaidah kebahasaan yang terdapat pada teks tersebut ! MATERI Carilah struktur bahasa teks eksplanasi yang terdapat pada teks tersebut ! LATIHAN Uraikan teks yang sudah kalian baca ke dalam satu paragraf yang merupakan inti dari bacaan tersebut! EVALUASI Apa dampak alam maupun sosial yang ditimbulkan dari fenomena yang ada pada teks kedua .LATIHAN SOAL DUA KI/KD INDIKATOR TUJUAN Pada kompetensi dasar sebelumnya. kalian telah mampu memahami teks eksplanasi.

KUIS .

TERIMAKASIH .