You are on page 1of 12

PENGENDALIA

N PROSES

PENGERTIAN PENGENDALIAN PROSES Pengendalian proses adalah disiplin rekayasa yang melibatkan mekanisme (instrumen) dan algoritma untuk mengendalikan keluaran dari suatu proses dengan hasil yang diinginkan  Contohnya: Temperatur reaktor kimia harus dikendalikan untuk menjaga keluaran produk.  .

APA YANG KITA MAKSUD DENGAN PROSES DALAM TEORI KONTROL?  Proses (P) adalah sebuah operasi yang mengambil INPUT dan memberikan OUTPUT Atau  Proses (P) adalah sebuah peta dari ruang input ke ruang output Inputs P Information flow Outputs .

INPUT Manipulated Variable (MV): u   sesuatu yang dapat diubah ubah/dimanipulasi   actuating signal (sinyal kesalahan/error)   Disturbance: d   sesuatu yang datang sebagai hasil dari beberapa fenomena luar dan mempengaruhi output tetapi tidak dapat dimanipulasi     OUTPUT (Controlled Variable. CV): y  kuantitas yang dapat diobservasi yang kita dapat diukur dan ingin diatur d u P Information flow y .

TUJUAN PENGENDALIAN PROSES Menjaga suatu variable proses agar dalam kondisi konstan dari pengaruh fluktuasi (ketidak tetapan) variable dari luar proses  Menjaga suatu variable agar dalam kondisi konstan dari pengaruh perubahan variable akibat proses itu sendiri  Mengatur kondisi proses sesuai dengan keinginan (tetap atau berubah dengan pola tertentu)  .

Kualitas produk terjamin seragam 2. tapi memiliki keunggulan: 1. semi otomatik atau otomatik dan komputerisasi  Pengeandalian otomatik mahal. Produktivitas lebih tinggi  .DASAR-DASAR PENGENDALIAN PROSES Pengendalian proses dapat dilakukan oleh manusia (manual).

CONTOH PROSES  Pengendalian kecepatan mobil Diukur dan dikontrol: Kecepatan Variabel keluaran  Dimanipulasi atau digerakkan (diaktuasi): Tekanan dan akselerator Variabel masukan  Faktor luar friksi. kemiringan jalan Disturbance (gangguan)  .

Kemiringan.Friksi. etc controller Desire speed (kecepatan yang di inginkan) Accelerator (pedal gas) + _ speed .

TIPE-TIPE PROSES DALAM PENGENDALIAN PROSES Diskrit  Partaian  Kontinu  .

TIPE-TIPE PROSES DALAM PENGENDALIAN PROSES 1. Pemasangan dengan bantuan robot. seperti yang umum digunakan pada produksi otomotif. Diskrit Terdapat pada aplikasi manufaktur dan pengemasan. . dapat dikarakteristikan sebagai pengendalian proses diskrit.

2. Contoh lain adalah pada produksi makanan dan obat. Partaian beberapa aplikasi membutuhkan digabungkannya beberapa bahan baku spesifik dengan cara tertentu pada jangka waktu tertentu untuk menghasilkan produk samping atau produk akhir. . yang umumnya membutuhkan pencampuran bahan baku dalam suatu reaktor yang dipanaskan selama periode waktu tertentu. Contohnya adalah pada produksi lem dan perekat.

3. Kontinu seringkali proses produksi berlangsung secara terus menerus tanpa berhenti. . Proses kontinu pada proses produksi digunakan untuk memproduksi produk dengan kapasitas besar. contoh produksi yang berlangsung secara kontinu adalah produksi bahan bakar.