You are on page 1of 19

Kelompok 4

1.
2.
3.
4.
5.
6.

ANITA ARISYANTI
( 05201111094 )
FERIAWAN SETIY
( 05201111049 )
LENI ULIFAH
( 05201111077 )
NOVIAN ARDIANSYAH
( 05201111063 )
NURUL ISTIQHOMAH
( 05201111053 )
YONGKY PRAPINATA
(05201111088 )

TRANSPLANTASI ORGAN .

.TRANSPLANTASI ORGAN ???? Terapi pengganti (alternatif) yang merupakan upaya terbaik ntuk menolong pasien dengan kegagalan organnya karena hasil lebih memuaskan dibandingkan dengan terapi konservatif.

3. Allograft: pemindahan dari satu tubuh ke tubuh lain yang sama spesiesnya.Jenis-jenis Transplantasi Organ ?? 1. 2. Isograft: pemindahan dari satu tubuh ke tubuh lain yang identik. Autograft: pemindahan dari satu tempat ke tempat lain dalam tubuh itu sendiri. 4. Xenograft: pemindahan dari satu tubuh ke tubuh lain yang tidak sama .

Penyebab Transplantas Organ ??  Kesembuhan dari suatu penyakit  Pemulihan kembali fungsi suatu organ  Jaringan atau sel yang telah rusak atau mengalami kelainan .

AGAMA ISLAM :: . surat Al-Baqoroh ayat 195 “dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan”. . Dalam syara diperbolehkan mendonorkan organ tubuh yang tidak mengakibatkan kematian.Transplantasi Organ dari segi Agama ?? 1. . Donor yang sudah meninggal dilakukan melalui wasiat.

3. . AGAMA KATOLIK menganjurkan untuk mendonorkan organ tubuh saat masih hidup maupun sudah meninggal untuk menyelamatkan nyawa manusia.2. AGAMA KRISTEN Selama niatnya tulus dan tujuannya untuk kebaikan diperbolehkan. AGAMA BUDHA orang yang telah mendonorkan organ tubuhnya akan terlahir kembali dengan organ tubuh lengkap dan normal. 4.

agar dia bebas dari penderitaan dan bukan maksud untuk keuntungan material. .5. AGAMA HINDU pengorbanan kepada orang yang menderita.

jaringan. dan sel tubuh dipandang sebagai suatu usaha mulia dalam upaya menyehatkan dan mensejahterakan manusia.Transplantasi Organ dari segi Hukum ? Transplantasi organ.  PP No. 18 tahun 1981 terdapat pasal tentang transplantasi: pasal 1 pasal 10-18 pasal 33 pasal 34 .

Transplantasi Organ dari segi Etik Keperawatan ?? Transplantasi organ harus disertai pertimbangan yang matang dan tidak ada paksaan dari pihak manapun. tidak merugikan pihak manapun serta berorientasi pada kemanusiaan. dan tidak boleh melanggar nilai-nilai dalam praktek perawat professional. adil bagi pihak pendonor maupun resipien. .

dari pantauan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) kasus penculikan anak yang dilanjutkan dengan pengambilan organ tubuh dilakukan oleh kalangan profesional. menurut Arist. Arist Merdeka Sirait.’ ungkap Ketua Komnas PA. tapi yang jelas mereka profesional. kepada Republika.’ ujarnya.id.co.Kasus pengambilan Organ tubuh anak dilakukan oleh profesional Republika. Rabu (24/8). ‘Saya tidak menunjuk pihak mana yang mungkin melakukan ini. Butuh keahlian khusus untuk mengambil organ pada tubuh manusia. tidak mungkin pengambilan organ tersebut dilakukan oleh orang biasa. . Karena. Jakarta. ‘Kasus-kasus pengambilan organ tubuh yang terjadi kurun waktu 20082009 dilakukan oleh orang-orang profesional.

Ia mencontohkan seperti di Singapura maupun Jepang.’ tuturnya. Karena pencangkokkan organ pada tubuh manusia di luar negeri sangat ketat dan biasanya melalui jalur legal. Tapi indikasi untuk menjualnya ke luar negeri. ‘Jadi kemungkinan kuat organ tubuh dijual di dalam negeri. sulit terjadi.Organ yang berhasil diambil dari anak-anak yang diculik ini bisa jadi dipasarkan di dalam maupun luar negeri. kata Arist.    .

bahwa donor organ pastilah dilakukan oleh professional. Jika transplantasi organ tidak dilakukan oleh orang yang benar-benar mengerti tentang transplantasi organ. maka resiko gagal lebih tinggi. Arist Merdeka Sirait Ketua Komnas Perlindungan anak.Pembahasan Kasus !! o Analisa penyebab dilakukan Transplantasi Organ transplantasi organ harus dilakukan oleh seseorang yang professional. .

o Analisa kasus dari segi Agama boleh dilakukan karena dilakukan untuk penyembuhan dan didasari kemanusiaan. Pada kasus ini bisa dikatakan . bisa saja berkembang menjadi kasus penjualan organ tubuh. o Analisa Kasus dari Segi Hukum  transplantasi organ dilakukan oleh seorang yang telah professional serta beberapa kasus penculikan anak.

 diungkapkan sumber organ bisa berasal dari anak-anak korban penculikan.  Apalagi jika pengambilan organ anak-anak yang diculik dilakukan oleh orang yang tidak professional. Hal ini juga melanggar pasal 34 Ayat (1) berbunyi “Transplantasi organ dan atau jaringan tubuh hanya dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan yang mempunyai .

 transplantasi dilakukan untuk pencegahan komplikasi penyakit yang lebih berbahaya ini tidak melanggar hukum. sumber organnya didapat dari seseorang secara paksa seperti dalam penculikan ini tidak sesuai dengan kode etik keperawatan pokok etik 1 alinea . o Analisa Kasus dari Segi Etika Keperawatan  Jika dalam praktek transplantasi organ.

akuntabilitas. Prinsip-prinsip etik yang terkandung di dalam kasus tersebut adalah non malenifience. .

Kesimpulan . . Transplantasi organ adalah suatu rangkaian tindakan medis untuk memindahkan organ dan atau jaringan tubuh manusia yang berasal dari tubuh orang lain atau tubuh sendiri dalam rangka pengobatan untuk mengganti jaringan dan atau organ tubuh yang tidak berfungsi dengan baik atau mengalami suatu . .

Wassalamualaikum wr. wb. THANK .