You are on page 1of 86

ULTRASONOGRAPH

By: MUKHLIS MUSTAFA

PENGERTIAN
Ultrasonografi (USG) adalah alat
diagnostik
noninvasif menggunakan gelombang
suara dengan frekuensi tinggi diatas
20.000 hertz ( >20 kilohertz) untuk
menghasilkan gambaran struktur
organ di dalam tubuh.

USG

SEJARAH USG
Pertama kali ultrasonik ini digunakan dalam bidang teknik untuk
radar, yaitu teknik SONAR ( Sound, Navigation and Ranging) oleh
Langevin (1918), seorang Perancis, pada waktu perang dunia ke I,
untuk mengetahui adanya kapal selam musuh. Kemudian
digunakan dalam pelayaran untukmenentukan kedalaman laut.
Menjelang perang dunia ke II (1937), teknik ini digunakan
pertama kali untuk pemeriksaan jaringan tubuh, tetapi hasilnya
belum memuaskan.
Berkat kemampuan dan kemajuan teknologi yang pesat, setelah
perang dunia keII, USG berhasil digunakan untuk pemeriksaan
alat-alat tubuh.
Hoery dan Bliss pada tahun 1952, telah melakukan pemeriksaan
USG pada beberapa organ, misalnya pada hepar dan ginjal.
Sekarang Usg merupakan alat praktis dengan pemeriksaan klinis
yang luas.

Kualitas gambar yang dihasilkan cukup baik. Ultrasonografi dua dimensi Menampilkan gambar dua bidang (memanjang dan melintang).JENIS – JENIS USG 1. sebagian besar keadaan organ dapat ditampilkan. .

. Ini memungkinkan karena gambar dapat diputar. Gambar yang ditampilkan mirip aslinya.2. Permukaan suatu benda dapat dilihat dengan jelas dan dapat dilihat dari posisi yang berbeda. Ultrasonografi tiga dimensi Alat USG ini menampilkan tambahan satu bidang gambar lagi yang disebut koronal.

juga dapat menentukan kelenjar limfe. Ultrasonografi empat dimensi Ultrasonografi empat dimensi hanya istilah untuk USG tiga dimensi yang dapat bergerak. Ultrasonografi Doppler Pemeriksaan USG yang mengutamakan pengukuran aliran darah. . 4.3. Gambar yang diambil dari USG tiga dimensi tidak dapatbergerak sementara pada USG empat dimensi gambarnya dapat bergerak seperti keadaan sebenarnya. baik di arteri maupun di vena.

BAGIAN – BAGIAN USG .

.

BLOK DIAGRAM .

.

.

Gelombang suara dikirim melalui suatu alat yang disebut transducer atau probe.5 sampai dengan 14 Megahertz digunakan untuk diagnostik. dianalisis dan ditayangkan di layar. Daerah yang tercakup tergantung dari rancangan alatnya. gelombang pantul tersebut akan direkam.CARA KERJA USG Gelombang suara antara 2. Obyek didalam tubuh akan memantulkan kembali gelombang suara yang kemudian akan ditangkap oleh suatu sensor. empat dimensi dan berwarna . Ultrasonografi yang terbaru dapat menayangkanNsuatu obyek dengan gambaran tiga dimensi.

Gelombang yang diterima masih dalam bentuk gelombang akusitik (gelombang pantulan) sehingga fungsi kristal disini adalah untuk mengubah gelombang tersebut menjadi gelombang elektronik yang dapat dibaca oleh komputer sehingga dapat diterjemahkan dalam bentuk gambar . Di dalam transduser terdapat kristal yang digunakan untuk menangkap pantulan gelombang yang disalurkan oleh transduser.TRANDUSER Transduser adalah komponen USG yang ditempelkan pada bagian tubuh yang akan diperiksa. seperti dinding perut atau dinding poros usus besar pada pemeriksaan prostat.

TRANDUSER .

Prinsipnya yakni ketika frekuensi energi akustikyang dipantulkan diterapkan. dan seismic mass. karena energi akustik tersebut disertai oleh gaya luar sehingga crystal akan mengalami ekspansi dan kontraksi pada frekuensi tersebut. crystal. Ekspansi dan kontraksi tersebut mengakibatkan lapisan tipis antara crystal dengan housing akan bergetar. clip-type spring. . Getaran dari crystal tersebut akan menghasilkan sinyal berupa tegangan yang nantinya akan diteruskan keprosesor.CARA KERJA TRANDUSER Sensor pizoelektrik terdiri dari bagian seperti housing. maka clip-type spring yang terhubung dengan seismic mass akan menekan crystal.

contohnya adalah kristal lead zirconate titanate yang akan mengalami perubahan dimensi sampai maksimal 0. Efek piezoelektrik langsung adalah produk potensial listrik akibat adanya tekanan mekanik.1 % jika diberi tegangan listrik. .CARA KERJA TRANDUSER Efek piezoelektrik ada dua macam yaitu efek piezoelektrik langsung (direct piezoelectric effect) dan efek piezoelektrik balikan (converse piezoelectric effect). Sedangkan efek piezoelektrik Sedangkan efek piezoelektrik balikan adalah produksi tekanan akibat pemberian tegangan listrik.

JENIS – JENIS TRANDUSER .

.

.

.

.

.

.

Pengaturannya dapat menggunakan tombol overall gain atau TGC. TGC akan berguna dalam menampilkan gambar yang homogen. Pengaturan gain sesuai kebutuhan pengguna. .PENGATURAN PADA PEMERIKSAAN • Gain adalah pengatur gelap/terang gambar USG. Tombol overall gain akan menaikan/menurunkan gain secera keseluruhan lapangan skening. Tombol TGC akan mengatur gain lapisan demi lapisan.

.

Focus dapat di atur satu.• Focus Focus digunakan untuk menegaskan gambar pada bagian tertentu. tiga dan seterusnya. Yang umum di pakai adalan satu focus. . maka frame rate alat semakin menurun/lambat. focus di tempatkan pada suatu titik sehingga titik tersebut akan terlihat lebih jelas. dua. Semakin banyak focus yang digunakan. Dalam pengaturannya.

Melihat dari hal tersebut. daya tembus dan resolusi adalah “ semakin tinggi frequensi. tetapi resolusi akan menurun”. .5 Mhz. maka resolusi semakin baik.• Frequensi Pengaturan frequensi sangat bergantung pada kondisi pasien. Semakin rendah frequensi. Hukum yg berlaku antara frequensi. dan jika pasien kurus. Jika pasien gemuk. kita dapat menggunakan frequensi tinggi (5Mhz). jika pasien sedang pakai frequensi 3. tetapi daya tembus gelombang akan menurun/dangkal. kita gunakan frequensi rendah (biasanya 2 Mhz). maka pemakaian alat harus disesuaikan. maka daya tembus gelombang semakin kuat/dalam.

. Depth diatur sesuai kebutuhan. Penurunan depth dapat juga dipakai sebagai zoom.• Depth Merupakan tingkat kedalaman skening yang ditampilkan dilayar.

dapat dilakukan pengaturan pada printer.• Printer seting Yang dimaksud disini adalah pengaturan brightness dan contras. Pengaturan ini disesuaikan dengan kebutuhan. Jika demikian. Kadangkala. hasil printer tidak sama dengan apa yg ditampilkan pada monitor. .

ataupun panjang lengan (humerus length). lingkar perut (abdominal circumference). keliling kepala (BPD). .UNTUK YANG KEHAMILAN YANG DIUKUR Diameter biparietal. panjang paha (femur length).

Contoh pengukuran citra kepala janin untuk memperoleh parameter BPD dan HC .

Fetal Femur Length .

Gambar humerus pada janin .

Lingkar perut janin .

GE LOGIC  100 .

.

.

.

.

.

.

.

KETERANGAN .

.

.

.

.

TRACKBALL .

GE Healthcare Vivid™P3 .

.

TRANDUSER .

BACKUP DATA .

CONTROL PANEL .

MONITOR DISPLAY .

B MODE .

M MODE .

COLOR FLOW MODE .

DOPPLER MODE .

CW DOPPLER .

BLOCK DIAGRAM .

.

AC POWER .

SERVICE DONGLE .

MONITOR .

KEYBOARD .

KEYBOARD .

TGC .

TRACKBALL .

REAR COVER .

.

CABLE MST BOARD .

AUDIO CABLE AND POWER CABLE FROM MST .

MST .

HARD DISK .

PDB.LVPS. DAN SSR .

REAR PANEL .

CONNECTOR BOARD .

TX BOARD DAN RX BOARD .

TRANSFORMER .

CWD .

CD DRIVE .