You are on page 1of 13

OLEH

:
SAPTA ANDIKA, ST

Standar awal dari koordinat adalah (0.Sistem Koordinat Pada Visual Basic hanya dikenal sistem koordinat dua dimensi. walupun natinya bisa saja dibuat sistem koordinat 3 dimensi dengan tambahan rutin yang dibuat  Untuk mendefinisikan koordinat pada form atau obyek yang lain digunakan penulisan (x.0) pada titik paling kiri atas dari obyek yang didefinisikan koordinatnya .y).

Salah satu konstanta intrinsic yang bisa dilihat pada Object Browser e. Fungsi RGB b. misalkan “&H00FFFFF&”  . Basic d. Fungsi QBColor untuk memilih satu dari 16 warna pada Microsoft Quick c. Langsung mengisikan nilai warna.Warna Untuk mendefinisikan warna pada Visual Basic bisa digunakan : a.

255.BackColor = QBColor(2) ‘latar belakang berwarna hijau .0) ‘titik pada koordinat (100. biru) Fungsi ini akan menghasilkan warna sebagai kombinasi dari nilai-nilai yang diisikan pada merah.100).0. RGB(255.Untuk menggunakan fungsi RGB digunakan standar penulisan rutin RGB(merah. hijau.100) latar warna kunig Text1.0) ‘ warna latar belakang hitam Pset (100. Contoh : Text1.BackColor = RGB(0. hijau dan biru Nilai yang bisa dilakukan adalah dari 0 hingga 255.

Kontrol Line digunakan untuk menggambar garis lurus yang menghubungkan antara dua titik pada form. saat berada dalam mode desain  .

 .Kontrol Shape Untuk membuat bentuk geometri. Visual Basic juga memberikan berbagai cara pengisian bentuk-bentuk geometri tersebut.

Jika properti ini bernilai True maka fungsinya adalah menarik gambar menjadi besar sesuai dengan kontrol ini.Kontrol Image Fungsi utama dari kontrol ini adalah menampilkan gambar kontrol ini memiliki sebuah properti unik bernama Stretch.  .

Prinsip ini mirip dengan penggunaan kontrol Frame.Kontrol PictureBox Fungsinya mirip dengan kontrol image Kelebihannya adalah kemampuan untuk menerima obyek lain diatasnya. Bahkan bisa menulis atau menggambar pada kontrol ini.  . posisi obyek yang ada dalam kontrol ini tetap tak akan berubah. Dan jika kontrol ini dipindahkan.

y).warna] .Visual Basic menyediakan beberapa metoda yang bisa digunakan dalam permrograman grafis yang meliputi :  Cls mebuat semua grafis terhapus  Pset mengatur warna pada sebuah titik pixel terpilih [Obyek.]Pset(x.[. persegi atau mengisi kotak [Obyek.warna]  Point untuk mengembalikan nilai warna suatu titik  Line untuk mebuat garis.y1)]-(x2-y2)[.]Line[(x1.

elips [Obyek.y).]Circle[Step] (x. radius[. warna]  PaintPicture untuk mengecat grafis pada suatu koordinat terpilih  .Circle untuk menggambar lingkaran.