KEBUTUHAN DASAR NEONATUS, BAYI

,
BALITA DAN ANAK PRA SEKOLAH

KEBUTUHAN FISIK

vitamin dan mineral yang sesuai dengan kebutuhan . lemak). kalori (karbohidrat. protein.NUTRISI DAN CAIRAN Untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal bayi baru lahir harus mendapat cairan dan elektrolit.

Berikan ASI dengan satu payudara sampai terasa kosong setelah itu baru ganti payudara yang lain. ASI eksklusive adalah memberikan ASI saja sampai usia 6 bulan tanpa tambahan makanan apapun kecuali imunisasi. Berikan ASI sampai 2 tahun dengan tambahan makan lunak sesuai tahapan usia bayi.PEMBERIAN MINUM ASI adalah makanan pokok untuk bayi. . berikan ASI 2-3 jam sekali atau on demand (semau bayi). vitamin.

Pada hari ke 3 BBL harus sudah menyusu selama 10 menit pada mammae ibu dengan jarak max 3-4 jam. Bila dalam waktu kurang dari 1 jam bayi menangis maka boleh disusui pada 1 payudara secara bergantian. .BBL normal dapat segera disusui hanya dalam waktu 1-2 menit pada setiap payudara.

Untuk mencairkannya tempat penyimpananya diletakkan didalam air hangat dan segera diberikan. . ASI bisa dibekukan didalam frezer selama 6 bulan. maka ASI hanya dibekukan segera setelah dikeluarkan.ASI tidak boleh dibekukan ulang. Apabila tidak diberikan dalam 48 jam.ASI dapat disimpan dalam lemari es selama 24 hingga 48 jam.

Bila susu tidak habis dalam 1 x pemberian harus dibuang karena susu akan rusak  b. Botol dapat disimpan pada suhu kamar yang sebelumnya harus disterilkan dulu. Bayi yang mengalami reaksi alergi terhadap susu formula dapat diganti dengan susu formula dari kedelai yang mempunyai jumlah protein lebih banyak dari susu formula dari susu sapi. Bayi harus terjaga penuh.Pemberian susu botol : a. .

0 1.KEBUTUHAN CAIRAN INISIAL PADA NEONATUS Berat badan (kg) Jumlah cairan (ml/kg BB/hari) < 24 jam < 1.120 > 48 jam 140 – 190 120 – 160 120 – 160 .5 100 – 150 80 – 100 60 – 80 24-28 jam 120 – 150 100 – 120 80 .0 – 1.5 > 1.

5 1 – 2 mmol/kg .KEBUTUHAN ELEKTROLIT YANG DIANJURKAN PADA NEONATUS Elektrolit Dosisi harian yang dianjurkan (meq/kg/BB) Kalium Natrium Klorida Kalsium Magnesium Fosfor 1–4 2–5 1–5 3–4 0.3 – 0.

KEBUTUHAN ENERGI PADA NEONATUS Umumnya bayi baru lahir untuk dapat tumbuh memerlukan kalori 50-60 kkal/kg BB/hari (to maintain weight) dan 100-200 kkal/kg BB/hari (to induce weight-gain) .

dapat ditingkatkan 0. hipotermia) atau bayi dengan ibu Diabetes Mellitus . kebutuhan yang diperlukan untuk bayi cukup bulan adalah 6-8 mg/kg BB/menit dan bayi kurang bulan adalah 4 mg/kg BB/menit.KEBUTUHAN KARBOHIDRAT Sumber utama karbohidrat berasal dari glukosa.51 mg/kg BB/menit setiap hari sampai 1214 mg/kg BB/menit dalam 5-7 hari. Kebutuhan akan meningkat pada keadaan stress (misalnya : sepsis. Untuk mencegah terjadinya hipoglikemia.

karena penggunaan asam akan rendah sehingga timbul asidosis dan hiperammonia. Dosis yang dianjurkan adalah sebagai berikut : Neonatus dengan BB < 1000 g Pemberian awal dengan 0.5 g/kg BB/hari. kemudian ditingkatkan lagi 0.5 g/kg BB/hari dan asam amino 2-2.5-3.5-3. kemudian ditingkatkan 1 g/kg BB/hari sampai mencapai 1.5-1 g/kg BB/hari. Pemberian asam amino tidak boleh diberikan jika pemberian kalori dalam bentuk glukosa < kal/kg BB/hari.KEBUTUHAN PROTEIN   Pemberian protein biasanya dimulai dalam 48 jam pemberian nutrisi parenteral dan diberikan dalam bentuk asam amino sintetik.25-0. .5 g/kg BB/hari sampai mencapai 2. Neonatus dengan BB > 1000 g Pemberian awal dengan dosis 1 g/kg BB/hari.5 g/kg BB/hari.

2 mcg 1 mcg 3-5 mcg 500 mcg 2.2 mcg 1 mcg 3-5 mcg .14-0.35 mg 0.3 mcg 56 mcg     400-600 mcg 20 mcg 2-10 mcg 0.2 mg 1.14-0.KEBUTUHAN VITAMIN DAN MINERAL Komponen Vitamin : Vitamin A Vitamin E Vitamin K Vitamin D Thiamine (B1) Riboflavin (B2) Niacin Piridoksin Asam askorbat (C) Asam pantotenat Sianokobalamin Folat   Unsur Kelumit : Zinc Copper (cupric sulfate) Manganese sulfat Kromium klorida Flouride Iodin Bayi cukup bulan ( /kg BB/hr) Bayi kurang bulan ( /kg BB/hr) 700 mcg 7 mg 200 mcg 10 mcg 1.0 mg 1.4 mg 17 mg 1.15 mg 6.0 mg 80 mg 5.0 mg 140 mg     100-200 mcg 10-20 mcg 2-10 mcg 0.8 mcg 80 mcg 4 mcg 0.8 mg 0.18 mg 25 mg 2 mg 0.

PERSONAL HYGIENE Pola kebersihan   memandikan Mandi yang pertama ditunda sampai temperatur 36.370 c (2 jam ). Pertimbangan penting dalam membersihkan kulit adalah : mempertahankan keasaman kulit. dan lemak .50 c . keringat. yang terbentuk dari lapisan epidermis teratas.

memberi rasa nyaman. memperlancar peredaran darah.Tujuan memandikan membersihkan seluruh tubuh. . anak dan keluarga. mensosialisasikan orang tua. mengobservasi keadaan.

Pakaian bayi harus sering diganti setiap kali basah (bab/bak). . dibilas 2 x dan dikeringkan dibawah sinar matahari untuk menetralkan residu.pakaian Pakaian bayi harus sering diganti setiap kali basah (bab/bak). Pakaian bayi harus dicuci dengan deterjen dan air hangat. Pakaian bayi harus dicuci dengan deterjen dan air hangat. dibilas 2 x dan dikeringkan dibawah sinar matahari untuk menetralkan residu.

periksa apa ada baut yang lepas. jangan memakai oto  e. Pengurangan Bahaya Fisik :  a. Kontrol bahaya dikamar mandi : pertama masukkan air dingin lalu air panas dan cek temperatur dengan termometer/ suhu (30-32 °C) d. Ditempat tidur : singkirkan botol air panas. Pencahayaan yang cukup  b. Jangan mengganjal botol minum saat bayi tidur  . Di kereta dorong : cek rem. Mengurangi penghalang fisik  c.Keamanan Suatu keadaan bebas dari cidera baik cidera fisik maupun cidera psikologis. gunakan pengganjal  f.

KEBUTUHAN PSIKOLOGIS .

Kebutuhan ASAH meliputi : stimulasi (rangsangan) dini pada semua indera (pendengaran. dilindungi. membau. komunikasi.kebutuhan akan sukses. . Kebutuhan ASIH meliputi : perhatian segera.Kebutuhan psikososial : adalah kebutuhan ASIH dan ASAH. a.mendapatkan kesempatan dan pengalaman. emosi-sosial dan rangsangan untuk berpikir. mandiri.rasa memiliki. kasih sayang. mengecap). penglihatan. b. rasa aman.dibantu dan dihargai. sistem gerak kasar dan halus. sentuhan.

KEBUTUHAN STIMULASI Stimulasi dini adalah rangsangan yang dilakukan sejak bayi baru lahir (bahkan sebaiknya sejak janin 6 bulan di dalam kandungan) dilakukan setiap hari. untuk merangsang semua sistem indera (pendengaran. pembauan. penglihatan. perabaan. pengecapan) .

menggendong. menjelang tidur . bermain. menyusui.Stimulasi sebaiknya dilakukan setiap kali ada kesempatan berinteraksi dengan bayi/balita. mengganti popok. mengajak berjalan-jalan. di dalam kendaraan. menonton TV. misalnya ketika memandikan. menyuapi makanan.

. Dorong bayi untuk meniru. Berikan respon Berikan sentuhan lembut kepada bayi.        Limpahkan banyak cinta dan kasih sayang untuk bayi dan anak. Biarkan bayi untuk bereksplorasi Bacakan buku secara rutin. Berbicaralah kepada bayi dengan lemah lembut.STIMULASI UMUM Kebutuhan stimulasi meliputi rangsangan yang terus menerus dengan berbagai cara untuk merangsang semua system sensorik dan motorik.

membunyikan berbagai suara atau musik bergantian. menggantung dan menggerakkan benda berwarna mencolok (lingkaran atau kotak-kotak hitamputih) . dirangsang untuk meraih dan memegang mainan . menatap mata bayi. mengulingkan bayi kekanankekiri. memeluk. aman dan menyenangkan. benda-benda berbunyi.Stimul a si untu k bayi 0–3 bulan mengusahakan rasa nyaman. berbicara. menggendong. tengkurap-telentang . mengajak tersenyum.

menggelindingkan bola. dirangsang untuk tengkurap. berjalan dengan berpegangan . duduk dengan memanggil namanya. mengajak bersalaman. membacakan dongeng. memasukkan mainan ke dalam wadah. dilatih berdiri berpegangan Umur 9-12 bulan dengan mengulang-ulang menyebutkan mama-papa.Umur 3 – 6 bulan Umur 6. telentang bolak-balik. melihat wajah bayi dan ibu di cermin. minum dari gelas. tepuk tangan. kakak.9 bulan dengan bermain 'cilukba'. merangsang duduk. dilatih berdiri.

dan kemandirian (ditinggalkan di sekolah). stimulasi juga di arahkan untuk kesiapan bersekolah antara lain : memegang pensil dengan baik. Perangsangan dapat dilakukan di rumah (oleh pengasuh dan keluarga) namun dapat pula di Kelompok Bermain. . berbagi dengan teman dll. mengerti perintah sederhana (buang air kecil / besar di toilet).Setelah umur 3 tahun selain mengembangkan kemampuan-kemampuan umur sebelumnya. Taman Kanak-Kanak atau sejenisnya. menulis. mengenal huruf dan angka. berhitung sederhana.

. terus menerus.Stimulasi dilakukan setiap ada kesempatan berinteraksi dengan bayi-balita. disesuaikan dengan umur perkembangan kemampuannya. setiap hari. bervariasi. dilakukan oleh keluarga (terutama ibu atau pengganti ibu).