You are on page 1of 6

EUTHANASIA

Arylian Anarki
Asrianii O
Fauzi Ridwan
Melia Rusdayanti
Rahmatiah
Shinta Dewi Octaviani
Siti Zubaedah

Eutanasia • Euthanasia dipandang dari segi pelaksanaannya sendiri terbagi atas 3 jenis yakni . pasif.agresif dan non agresif .

Penghentian pengobatan ini berarti mempercepat kematian pasien.Eutanasia Pasif • Perbuatan menghentikan atau mencabut segala tindakan atau pengobatan yang perlu untuk mempertahankan hidup manusia. • Alasan yang lazim dikemukakan dokter adalah karena keadaan ekonomi pasien yang terbatas. sehingga pasien diperkirakan akan meninggal setelah tindakan pertolongan dihentikan. sementara dana yang dibutuhkan untuk pengobatan sangat tinggi. sedangkan fungsi pengobatan menurut perhitungan dokter sudah tidak efektif lagi. .

Kasus Eutanasia • DiIndonesia juga terdapat kasus seperti yang dipaparkan diatas yaitu kasus yang dialami oleh seorang bayi perempuan bernama Nisza Ismail. Nisa akhirnya meninggal pada hari sabtu 22 Oktober 2011. . pihak Rumah Sakit membiarkan Nisa dan tidak melakukan prosedur medis yang seharusnya.000. biasa dipanggil Nisa. Menurut Martin. terlahir di Bandung meninggal secara tragis karena ditelantarkan rumah sakit kala sakit step. Martin Ismail. Rumah Sakit menolak memberikan obat kejang karena ayah Nisa. tidak sanggup membayar kekurangan biaya yang mencapai Rp 70.

338. dan 359Kitab Undang-undang Hukum Pidana. hal ini dapat dilihat pada peraturan perundang-undangan yang ada yaitu pada Pasal 344.Euthanasia Pasif di Tinjau dari Aspek Hukum Pidana Indonesia • Berdasarkan hukum di Indonesia maka euthanasia adalah sesuatu perbuatan yang melawan hukum. ketentuan yang berkaitna . Dari ketentuan tersebut. 340. 345.

Bagaimana pandangan Euthanasia dari sisi agama ? .