You are on page 1of 20

Jenis-jenis

Kebutuhan Dalam
Ekonomi
Kelompok 5
Kezia Silaen
Maria
Michael Ginting
Nadya Marpaung
Nataniel

A. Kompetensi Inti
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual
koseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta dengan bakat dan minatnya memecahkan
masalah.

Indikator Pencapaian Kompetensi 3.B. Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi   C. Kompetensi Dasar 3.1.1.4 Menggolongkan jenis – jenis kebutuhan .

manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu. Pada abad ke 21. Oleh karena itu munculah berbagai masalah kekurangan yang dapat berujung kepada krisis baik ekonomi maupun sosial. kebutuhan oleh manusia semakin tidak terkendali. yaitu memenuhi kebutuhan. Pada dasarnya.A. Namun sumber daya untuk memenuhinya sangatlah terbatas. Kebutuhan yang Tidak Terbatas Kebutuhan adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) bagi setiap individu untuk berusaha. Karena masalah tersebut maka ditemukanlah jenis jenis kebutuhan berdasarkan faktor faktor yang mempengaruhinya .

Dalam kata lain kebutuhan primer adalah kebutuhan yang pokok atau kebutuhan yang “WAJIB” dipenuhi. Jenis-Jenis Kebutuhan A. SANDANG. DAN PAPAN”. .Berdasarkan tingkat intensitasnya 1.1. Dalam hal ini kebutuhan primer yaitu mencakup “PANGAN. Kebutuhan primer Kebutuhan primer adalah kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. agar dapat melangsungkan hidupnya.

3. .2.. Walaupun hanya sebagai pelengkap namun pada umumnya kebutuhan sekunder juga dapat merugikan jika tidak dipenuhi. Kebutuhan Sekunder Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang menempati peringkat tepat dibawah ketiga jenis kebutuhan pokok dalam skala prioritas atau daftar kebutuhan yaitu sebagai pelengkap kebutuhan primer. Kebutuhan Tersier Hal hal yang merupakan barang yang tidak terlalu penting dapat dimasukkan kedalam skala prioritas kebutuhan dalam urutan paling bawah sebagai kebutuhan barang barang penyempurnan.

Jenis Kebutuhan Berdasarkan Subjek yang Membutuhkan 1. . Kebutuhan Umum / Kolektif Kebutuhan umum adalah kebutuhan yang bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan orang banyak . Kebutuhan Individual Kebutuhan individual adalah kebutuhan yang berguna untuk pemenuhan kebutuhan seseorang secara individu yang berbeda – beda. 2.B.

dll. . dll.C. 2. kebutuhan obat obatan bagi orang sakit . Contoh kebutuhan masa mendatang adalah orangtua menabung asuransi untuk biaya kuliah . Jenis Kebutuhan Berdasarkan Waktu 1. Kebutuhan Masa Mendatang / Masa Depan Kebutuhan masa mendatang adalah kebutuhan yang pemenuhannya masih dapat ditangguhkan dan dipersiapkan untuk masa depan. orang lapar harus makan . Kebutuhan Sekarang / Saat Ini Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang bersifat mendesak dan tidak dapat ditunda . Contoh kebutuhan sekarang antara lain .

Contoh kebutuhan rohani antara lain . Jenis Kebutuhan Menurut Sifat Pemenuhan Kebutuhan 1.D. Kebutuhan Jasmani / Fisik Kebutuhan Jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan tubuh manusia . Contoh kebutuhan jasmani antara lain . dll. pakaian . 2. Kebutuhan Rohani Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan kejiwaan seseorang . . orang kristen beribadah ke gereja . orang buddha sembhayang di wihara. makanan . minuman . dll.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan a. . b. Cth : Kebutuhan orang yang tinggal di daerah beriklim dingin berbeda dengan orang yang tinggal di daerah beriklim panas. Lingkungan Manusia yang tinggal pada lingkungan berbeda menyebabkan perbedaan kebutuhan.2. Agama Perbedaan agama menyebabkan perbedaan kebutuhan pada manusiamanusia yang menganut agama tertentu.

Adat Istiadat Adat istiadat yang berlaku di suatu daerah turut mempengaruhi perbedaan kebutuhan dan pola hidup seseorang. Cth : Masyarakat Melayu Riau dan masyarakat Tapanuli. Cth : Sarana komunikasi yang awalnya terbatas seperti telepon dan pos sekarang dapat berkomunikasi dengan telepon seluler dan internet. d. Peradaban Kemajuan peradaban yang menyebabkan munculnya keberagaman kebutuhan manusia juga mengakibatkan perbedaan kebutuhan.c. .

1. Berdasarkan cara memperoleh.B. 2. barang dapat dibedakan menjadi : 1.) Barang nonekonomi (barang bebas) adalah barang yang bisa didapat tanpa pengorbanan atau biaya.BARANG DAN JASA Barang adalah alat pemenuhan manusia yang berbentuk fisik.Jenis-Jenis Barang a. Sedangkan jasa adalah alat pemenuhan kebutuhan yang tidak berbentuk tetapi bisa dirasakan manfaatnya. .) Barang ekonomi adalah barang yang didapat dengan cara mengorbankan sesuatu untuk mendapatkannya.

tetapi pembelian akan bertambah jika pendapatan berkurang.b. 2.) Barang esensial adalah barang yang penting untuk memenuhi kebutuhan dan permintaannya tidak signifikan dipengaruhi oleh tingkat pendapatan. . barang dibedakan menjadi : 1. 3.) Barang normal adalah barang yang permintaannya bertambah pada saat pendapatan meningkat dan sebaliknya. Pembelian barang-barang ini akan dikurangi jika pendapatan bertambah. 4. Berdasarkan kepentingan.) Barang mewah adalah barang yang berharga mahal dan dapat menaikkan status sosial penggunanya.) Barang inferior adalah barang yang pemakaiannya dikurangi bila pendapatan bertambah dan sebaliknya.

2.c.) Barang subtitusi adalah barang yang dapat menggantikan barang lain.) Barang publik adalah barang yang digunakan untuk kepentingan banyak orang atau masyarakat umum.) Barang pribadi adalah barang yang dimiliki dan digunakan oleh individu atau perorangan. barang dapat dibedakan menjadi : 1. Berdasarkan hubungan pemakaian barang dapat dibedakan menjadi : 1. . d. 2.) Barang komplementer adalah barang yang kegunaannya bertambah jika digunakan dengan barang lain . Berdasarkan cara penggunaan.

dan komputer . tetapi belum menjadi barang siap pakai. dan tepung beras 3. 2. tas. kopra.e.) Barang mentah atau bahan mentah adalah barang yang belum mengalami pengolahan. kentang.Contohnya adalah sepatu. Contohnya benang. kemeja . Berdasarkan cara pengerjaan atau proses pengolahan .) Barang setengah jadi adalah bahan yang telah diproses pada tahap tertentu. Contohnya adalah kelapa. dan ubi kayu. barang dapat dibedakan menjadi : 1.) Barang jadi adalah barang yang telah diproses hingga siap untuk digunakan.

barang dapat dibedakan menjadi : 1.) Barang bergerak adalah barang yang bersifat tidak tetap dan masa pakainya pendek.Contohnya adalah buah.beras.f.sayur. Berdasarkan bentuk dan sifat. mesin pabrik.) Barang tetap adalah barang yang bersifat tidak tetap dan tahan lama. dan tanah 2. dan bahan bakar .Contohnya adalah gedung .

. Sebagai contoh : )Kulit sapi akan berguna setelah berubah bentuk menjadi tas. dan sebagainya. dompet. a) Kegunaan Bentuk (Form Utility) Suatu barang akan mempunyai kegunaan bila telah mengalami perubahan bentuk. dan sebagainya. lemari. sepatu.kursi.C. )Kayu akan lebih berguna jika sudah diubah menjadi meja. jaket. Kegunaan Suatu Barang Seperti yang kita tahu bahwa barang diperlukan oleh manusia untuk memenuhi segala macam kebutuhan. pintu. Selain itu juga barang tersebut digunakan karena memiliki kegunaan atau nilai guna.

c) Kegunaan Waktu (Time Utility) Suatu benda akan mempunyai nilai guna apabila digunakan pada waktu yang tepat. . )Selimut tebal akan berguna pada saat berada di daerah yang bersuhu tinggi. Sebagai contoh : )Pasir di sungai akan mempunyai nilai guna lebih setelah dipindah ke toko bahan bangunan untuk digunakan membangun rumah. )Tabungan akan berguna pada saat memiliki kebutuhan yang besar. Sebagai contoh : )Jas hujan dan payung akan mempunyai nilai guna lebih ketika digunakan saat musim hujan.b) Kegunaan Tempat (Place Utility) Suatu barang akan mempunyai kegunaan bila barang tersebut telah berpindah tempat.

d) Kegunaan Milik (Ownership Utility) Suatu barang atau benda akan mempunyai kegunaan bila telah dimiliki secara sah. Sebagai contoh : )Buku pelajaran di toko buku akan lebih berguna bila dipakai oleh siswa. Sebagai contoh : )Radio yang kita punya akan berguna bila ada siaran dari stasiun radio. e) Kegunaan Pelayanan (Service Utility) Suatu barang atau benda akan lebih berguna apabila ada pelayanan dari pihak lain. .

f) Kegunaan Dasar (Element Utility) Suatu barang akan memiliki nilai guna apabila telah mengalami proses produksi untuk dijadikan bahan dasar dalam proses produksi berikutnya. Sebagai contoh : )Kapas dipintal akan menjadi benang dan benang akan dijadikan bahan baku pembuatan tekstil. .