You are on page 1of 16

KONSEP DAN SIKLUS

AKUNTANSI

.

.

dicatat.BASIS AKUNTANSI • Basis akrual adalah suatu basis akuntansi di mana transaksi ekonomi atau peristiwa akuntansi diakui. dan disajikan dalam laporan keuangan pada saat terjadinya transaksi tersebut. tanpa memperhatikan waktu kas diterima atau dibayarkan • Pendapatan diakui pada saat hak telah diperoleh (earned) dan beban diakui pada saat kewajiban timbul atau sumber daya dikonsumsi .

efisiensi. dan pencapaian tujuan .MANFAAT BASIS AKRUAL Memberikan gambaran yang lengkap atas posisi keuangan pemerintah  Menyajikan informasi yang sebenarnya mengenai hak dan kewajiban pemerintah  Bermanfaat dalam mengevaluasi kinerja pemerintah terkait biaya jasa layanan.

Neraca 4. Laporan Operasional 6. Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih Laporan Keuangan 3. Laporan Perubahan Ekuitas 7. Laporan Arus Kas 5. Laporan Realisasi Anggaran 2. Catatan atas Laporan Keuangan .KOMPONEN LAPORAN KEUANGAN Laporan Penganggaran 1.

.

Sehingga persamaan yg digunakan untuk dasar pencatatan sbb : • Aset = Kewajiban + Ekuitas + (Pendapatan LO – Beban) . Karena unsur ekuitas terbentuk dari transaksi kas (realisasi anggaran) dan transaksi yg bersifat akrual.PERSAMAAN AKUNTANSI • Meskipun ada dua basis akuntansi yaitu kas (LRA) dan akrual (LO dan Neraca). namun hanya 1 persamaan akuntansi yang digunakan.

.

.

.

.

.

.

.

“ Cuci tangan sampai bersih ” Sekian dan Terimakasih .