You are on page 1of 16

KONSEP DAN SIKLUS

AKUNTANSI

.

.

dicatat. dan disajikan dalam laporan keuangan pada saat terjadinya transaksi tersebut. tanpa memperhatikan waktu kas diterima atau dibayarkan • Pendapatan diakui pada saat hak telah diperoleh (earned) dan beban diakui pada saat kewajiban timbul atau sumber daya dikonsumsi .BASIS AKUNTANSI • Basis akrual adalah suatu basis akuntansi di mana transaksi ekonomi atau peristiwa akuntansi diakui.

MANFAAT BASIS AKRUAL Memberikan gambaran yang lengkap atas posisi keuangan pemerintah  Menyajikan informasi yang sebenarnya mengenai hak dan kewajiban pemerintah  Bermanfaat dalam mengevaluasi kinerja pemerintah terkait biaya jasa layanan. efisiensi. dan pencapaian tujuan .

Laporan Operasional 6. Laporan Perubahan Ekuitas 7. Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih Laporan Keuangan 3. Neraca 4. Catatan atas Laporan Keuangan . Laporan Arus Kas 5. Laporan Realisasi Anggaran 2.KOMPONEN LAPORAN KEUANGAN Laporan Penganggaran 1.

.

Sehingga persamaan yg digunakan untuk dasar pencatatan sbb : • Aset = Kewajiban + Ekuitas + (Pendapatan LO – Beban) . namun hanya 1 persamaan akuntansi yang digunakan.PERSAMAAN AKUNTANSI • Meskipun ada dua basis akuntansi yaitu kas (LRA) dan akrual (LO dan Neraca). Karena unsur ekuitas terbentuk dari transaksi kas (realisasi anggaran) dan transaksi yg bersifat akrual.

.

.

.

.

.

.

.

“ Cuci tangan sampai bersih ” Sekian dan Terimakasih .