You are on page 1of 14

G ELO M BAN G CAH AYA

 M Akbar Agung Triputra
 XII MIA 2
 SMAN1 PEKANBARU

1

2 .

Descartes pasti menolak kemungkinan bahwa “suatu materi berpindah dari benda ke mata kita untuk membuat kita melihat warna dan cahaya. 1) 3 . antarmuka antara dua medium seperti air dan kaca) dengan sebuah bola tenis." Dalam rangka untuk menjelaskan sifat-sifat cahaya. Jika bola tenis pemogokan permukaan yang keras datar sempurna itu tercermin elastis sedemikian rupa sehingga sudut datang sama dengan sudut refleksi (Gambar 11. seperti refleksi dan refraksi. TeoriPem biasan dan K ecepatan Cahaya Descartes memulai teori optiknya (1637) dengan menegaskan bahwa penjalaran cahaya mirip dengan transmisi impuls mekanis melalui tongkat yang orang buta menggunakannya untuk membimbing dirinya sendiri. dengan menusukannya ke berbagai objek.1. Descartes mengusulkan apa yang sekarang tampaknya menjadi model mekanik yang agak artifisial. Ia membandingkan perilaku cahaya ketika mengenai permukaan (misalnya.

menunjukkan sudut datang sama dengan sudut pantul 4 .Gambar 1 Pantulan bola.

2). sedangkan kerugian hanya dibagian dari kecepatannya. "yang kain itu tenunannya begitu lemah dan longgar sehingga bola tersebut memiliki kekuatan untuk merobek dan untuk lolos sepenuhnya melalui kain itu. bola dibelokkan jauh dari normal (lihat Gambar. Jika komponen tegak lurus kecepatan bola terhadap kain berkurang tetapi komponen yang paralelnya tetap tidak berubah. 11. Descartes memodelkan kasus bola tenis mengenai kain..Untuk menjelaskan pembiasan cahaya. Gambar 2 Pembiasan (bola dibelokan menjauh normal) 5 . "Jika komponen kecepatan tegak lurus bola ke kain berkurang tetapi paralel komponen untuk kain tetap tidak berubah. bola dibelokkan menjauh dari normal.

3 Pembiasan (bola dibelokkan mendekati normal) 6 .Gambar 11.

Gambar 3 a) Pembiasan menuju medium dengan kecepatan melemah. 7 . b) pembiasan menuju medium dengan kecapatan meninggi.

Penjalaran G elom bang Periodik Gambar 4 Penjalaran gelombang transversal sepanjang tali 8 .2.

Gambar 5 Penjalaran gelombang bunyui di udara. 9 .

10 .

11 .TeoriG elom bang Young dan Fresnel Gambar 6 Gambar asli Tomas Young.3. menunjukkan efek interferensi ketika gelombang dari celah A dan B bertumpang tindih.

penampakan titik cerah diprediksi oleh Poisson dari teori gelombang Fresnel’s 12 . foto pola difraksi dari hambatan lingkaran kecil.Gambar 7 Titik cerah Poisson.

13 . dan hanya meninggalkan komponen vertikalnya. yang menghilangkan komponen horisontal getaran.Gambar 8 Seberkas cahaya tak terpolarisasi lewat melalui sebuah kristal seperti tourmaline.

14 .4. W arna Gambar 9 Satu ekperimen penting Newton menunjukkan bahwa cahaya putih teridiri dari sinar-sinar berwarna.