You are on page 1of 13

STRATEGI

BIMBINGAN
BELAJAR BAGI
SISWADI SEKOLAH

• • • • • • • Oleh : Kelompok II Ari Sisca ADA 115 082 Vinni Alpionita ADA 115 055 Aang Kunaef ADA 115 169 Abdul Wahid ADA 115 040 Astri Okwindari ADA 115 143 Litha Marliani ADA 115 114 .

*STRATEGI BIMBINGA N Pengertian Strategi Bimbingan Belajar BELAJAR Tujuan Strategi Bimbingan Belajar Permasalahan Belajar Bagi Siswa Macam-macam Bimbingan Belajar Pendekatan Bimbingan Belajar .

bimbingan adalah proses membantu individu untuk mencapai pemahaman diri dan arah diri terutama untuk membuat penyesuaian tehadap sekolah. Strategi Bimbing an Blajar Bimbingan adalah: menurut Frank Miller (1961). . menganggu. sehingga sehingga prestasi prestasi belajarnya belajarnya meningkat meningkat dan dan optimal optimal (sukses (sukses akademik). Back Strategi Strategi bimbingan bimbingan belajar belajar adalah: adalah: suatu suatu upaya upaya berencana berencana yang yang cermat cermat dalam dalam kegiatan kegiatan bimbingan bimbingan belajar belajar untuk untuk meningkatkan meningkatkan aktivitas aktivitas belajar belajar dan dan mengentas mengentas permasalahan permasalahan yang yang menganggu. keluarga dan masyarakat umum Bimbingan belajar adalah: proses membantu kegiatan belajar kepada siswa baik secara individu atau kelompok untuk mencapai tujuan (prestasi belajar) secara optimal. akademik).Strategi adalah: rencana yang cermat menyangkut kegiatan untuk mencapai sasaran.

* Tujuan Strategi Bimbingan Belajar Siswa dapat memahami tentang dirinya sendiri. kebiasaan. Siswa dapat memperbaiki cara belajarnya kearah yang lebih efektif dan efisien. dapat tampil dalam melaksanakan kegiatan belajar dan dapat mencapai prestasi belajar yang optimal. dan tingkah laku yang lebih baik khususnya yang berkaitan tentang belajarnya. Siswa dapat mengatasi berbagai macam kesulitan belajarnya. khususnya pada kemampuan belajarnya. Back . Siswa dapat mengembangkan sikap.

*Permasalahan Belajar Bagi Siswa Siswa mengalami kesulitan dalam mempersiapkan kondisi fisik dan psikisnya. Siswa tidak dapat mempersiapkan bahan dan peralatan sekolahnya. . Sarana dan prasarana di perpustakaan kurang memadai. dsb. Peralatan dilaboratorium kurang lengkap. sehingga tidak dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan pelajaran Back Siswa tidak mempunyai keberanian untuk menyampaikan pertanyaan atauy pernyataan dalam proses pembelajaran.

*MACAM-MACAM BIMBINGAN BELAJAR Bimbingan belajar dengan cara yang efisien Bimbingan belajar dengan cara mmbaca buku. Bimbingan belajar dengan cara mengikuti pelajaran. Bimbingan belajar dengan cara menyiapkan diri untuk ujian Back .

e. Bimbingan Bimbingan Secara Secara Kelompok Kelompok a. Papan Papan Bimbingan Bimbingan h. 2. Bimbingan Bimbingan Secara Secara Klasikal Klasikal 1. Exlective counseling Back . d.*PENDEKATAN BIMBINGAN BELAJAR 2. Sosiodarma Sosiodarma g. g. f. c. Bimbingan Secara Individu a. Organisasi Organisasi Murid Murid f. Home Home Room Room Program Program b. a. Kegiatan Kegiatan Bersama Bersama e. b. Field Field Trip Trip c. Directvie counseling b. Non-directive counseling c. Diskusi Diskusi Kelompok Kelompok d. h.

hendaknya hendaknya guru guru memberikan memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang materi yang kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum belum dipahaminya.Jadi belajar. kelompok. 8.* METODE YANG DIGUNAKAN DALAM BIMBINGAN KELOMPOK 1. 3. 1. 4. Belajar Belajar kooperatif kooperatif Dengan Dengan belajar belajar kooperatif kooperatif iswa iswa dapatmenggunakan dapatmenggunakan lembar lembar kegiatan kegiatan dan dan saling saling membantu untuk menuntaskan materi belajarnya. berlangsung. 5. dipahaminya. diberikan. 7. Ceramah Ceramah atau atau pemberian pemberian informasi informasi Disini siswa diberi pengetahuan Disini siswa diberi pengetahuan mengenai mengenai pentingnya pentingnya belajar. pemantauan. membantu untuk menuntaskan materi belajarnya.Jadi dengan dengan adanya adanya pemberian pemberian informasi informasi itu itu siswa siswa diharaokan diharaokan dapat dapat termotivasi termotivasi dalam dalam belajarnya. 4. siswa. belajar. 6. Konseling Konseling inidividu inidividu atau atau kelompok. Jadi secara tidak lang sung dengan dengan sendirinya sendirinya siswa siswa akan akan termotivasi termotivasi untuk untuk belajar. . 8. Diskusi Diskusi Metode Metode ini ini digunakan digunakan dengan dengan memanfaatkan memanfaatkan interaki interaki anar anar individu individu dalam dalam kelompok untuk mempebaiki kesulitan belajar yang dialami oleh kelompok kelompok untuk mempebaiki kesulitan belajar yang dialami oleh kelompok siswa. 7. 6. belajarnya. Jadi secara tidak lang sung jawab untuk menyelesaikan tugas tersebut. 2. Observasi Observasi atau atau pemantauan. 5. Bimbingan kelompok belajar. siswa siswa akan akan mempunyai mempunyai rasa rasa tanggung tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas tersebut. 3. Pemberian Pemberian tugas tugas Dengan adanya Dengan adanya tugas tugas yang yang diberikan. Bimbingan kelompok belajar. Tanya jawab Tanya jawab Setelah Setelah proses proses pembelajar pembelajar berlangsung. 2.

Guru Bidang Studi * SASARAN YANG MENDAPATKAN BIMBINGAN BELAJAR Wali Kelas Kepala Sekolah .

Prognosis Prognosis -.Identifikasi Identifikasi Kasus Kasus -.Diagnosis Diagnosis -. 2. Learning disfunction c.* 1.kedudukan dalam kelompok .Identifikasi Identifikasi Masalah Masalah -. Slow learner f. Bimbingan Bimbingan Belajar Belajar -. Underarchivier d.Evaluasi Evaluasi dan dan Follow Up Follow Up . MEMBIMBING KESULITAN BELAJAR Kesulitan Belajar a. Learning disorder b.tujuan pendidikan .tingkat pencapaian hasil belajar dibandingkan dengan potensi .kepribadian 2. Learning disabilities terdapat empat ukuran yang dapat menentukan kegagalan atau kemajuan belajar siswa yaitu : .Remedial Remedial atau atau Referal ( Alih Referal ( Alih Tangan Tangan Kasus ) Kasus ) -.

* PROSEDUR PELAKSANAAN BIMBINGAN BELAJAR Identifikas i Diagnosa Prognosis .