You are on page 1of 24

P

.B

IO

2

0

1

6

RP
O SM
L
A
A
K
I
K

F
N
A
A
DL E K T

U
E
S
H

SUA P I T
K

A

IS

KELOMPOK 3
1. Faridlotur Rifqiyah
1113016100020
2. Santi Berlina
1113016100025
3. Sa’datul Ummah
1113016100030
4. Fitri Rizkiyah
1113016100058

18 joule 1kilokalori setara dengan 4180 joule 1 joule setara dengan0. James Presscot Joule mempelajari hubungan antara timbul dan hilangnya kalor terhadap perubahan energi mekanik.24 kalori . akhirnya diperoleh hubungan: 1 kalori setara 4. Melalui percobaan berulang kali.PENGERTIAN SUHU DAN KALOR Suhu adalah ukuran panas dinginnya suatu benda sedangkan kalor adalah energi yang berpindah dari benda yang memiliki suhu lebih tinggi ke benda yang memiliki suhu rendah.

Besarnya kalor jenis dapat kita ukur dengan menggunakan kalorimeter. besar kalor suatu zat dinyatakan : Q = mcT .Kalor Jenis Dan Kalorimetri   Kalor Jenis adalah banyaknya kalor yang dibutuhkan oleh 1 kg zat untuk menaikkan 10C (atau 1 K). Secara matematis.

.

. = 2 kg x 1 kkal/J 0C x 85 0C = 170 kkal Jadi. Penyelesaian Diketahui : M = 2 kg T1 = 150C = T1 – T2 = 1000C . Jika kalor jenis 1 kkal/kg0C. Contoh soal : Air sebanyak 2 kg dipanaskan dari suhu 150C sampai dengan 1000C. kalor yang diperlukan untuk memanaskan air tersebut adalah . ..c.150C = 850C c = 1kkal/kg0C T2 = 1000C Ditanyakan : Q = ?   Jawab: Q = m. besar kalor yang diperlukan untuk memanaskan air tersebut adalah 170 kkal..

kekekalan energi memainkan peranan penting untuk kehilangan kalor sebanyak satu bagian sistem sama dengan kalor yang didapat oleh bagian yang lain: Kalor yang hilang = Kalor yang didapat . tidak ada energi yang bisa mengalir ke dalam atau keluar.Ketika bagian-bagian yang berbeda dari sistem yang terisolasi berada pada temperatur yang berbeda. Jika sistem terisolasi seluruhnya. Jadi. kalor akan mengalir dari bagian dengan temperatur yang lebih tinggi ke bagian dengan temperatur lebih rendah.

Konveksi 3.Konduksi 2.PERPINDAHAN KALOR 1. Radiasi .

Contoh : Memanaskan logam .KONDUKSI perpindahan kalor melalui suatu zat tanpa disertai perpindahan partikelpartikel zat tersebut.

dan aluminium (jenis logam) besi baja kuningan tembaga . baja. seng.Penghantar kalor yang baik disebut konduktor Contoh : besi. tembaga.

Penghantar kalor yang kurang baik/buruk disebut isolator Contoh : kayu. dan plastik (jenis bukan logam) . kertas. wol. kaca.

KONVEKSI perpindahan kalor melalui zat disertai perpindahan partikel-partikel zat tersebut. • terjadi karena perbedaan massa jenis zat • terjadi dalam zat cair dan gas .

Terjadinya angin laut pada siang hari 2. Terjadinya angin darat pada malam hari .Contoh : 1.

RADIASI perpindahan kalor tanpa zat perantara (medium) Contoh : sinar matahari sampai ke bumi melalui radiasi .

Permukaan hitam dan kusam merupakan penyerap dan pemancar radiasi yang baik Permukaan putih dan mengkilap merupakan Penyerap dan pemancar radiasi yang buruk Termoskop adalah alat yang digunakan untuk mengetahui adanya pemancaran kalor .

Setrikaan . Panci masak dari bahan konduktor mengkilap dari bahan isolator 2.PEMANFAATAN KALOR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI 1.

ALAT UKUR SUHU Termometer Thermometer dibuat berdasarkan sifat termometrik suatu zat. Yang dimaksud dengan sifat termometrik adalah sifat-sifat yang dapat berubah akibat terjadinya perubahan suhu pada benda tersebut. .

yaitu sebagai berikut:  Skala celcius  Skala fahrenheit  Skala reamur  Skala kelvin .SKALA PADA TERMOMETER Skala thermometer dibuat berdasarkan dua titik acuan. Ada empat macam skala thermometer. yaitu titik tetap bawah dan titik tetap atas.

JENIS-JENIS TERMOMETER Berdasarkan bahannya thermometer dibagi menjadi 4 yaitu:  Thermometer dengan bahan zat cair  Termometer dengan bahan zat padat  Termometer dengan bahan gas  Termometer optis .

Thermometer dengan bahan zat cair Termometer dengan bahan zat padat Thermometer laboratorium Termometer Bimetal Thermometer Ruang Termometer Hambatan Thermometer klinis Termokopel Thermometer SixBellani .

Termometer yang tekanan gasnya dijaga tetap dan volume gas tersebut dijadikan sifat termometrik dari termometer. Ada dua macam termometer gas: Termometer yang volume gasnya dijaga tetap dan tekanan gas tersebut dijadikan sifat termometrik dari termometer. Termometer optis Pirometer Termometer inframerah .Termometer dengan bahan gas Termometer gas adalah jenis termometer yang memanfaatkan sifat-sifat termal gas.

PERBANDINGAN SKALA TERMOMETER Perbandingan derajat Celcius. Kelvin dan Reamur yaitu C:F:K:R = 100:180:100:80= 5:4:5:9 . Fahrenheit.

maka hubungan tersebut menjadi: Tk = (Tc + 273) K atau Tc = (Tk -273) °C . perbandingan skala celcius dan Fahrenheit adalah : Fahrenheit = 180 5 9   Dengan demikian C = 5/9 F atau F=9/5 C Karena suhu terendah pada skala Fahrenheit adalah 32°F hubungan tersebut menjadi : Tc = 5/9 (Tf – 32)°C 5/9 (Tc + 32)°F Celcius 5 Kelvin 5 = 100 = 100 Dengan demikian C=K   Celcius = 100 PERBANDINGAN SKALA C E L C I U S D E N G A N K E LV I N atau Tf = Karena suhu terendah pada skala Kelvin adalah 273 K.PERBANDINGAN SKALA C E L C I U S D E N G A N FA H R E N H E I T Skala celcius terbagi atas 100 bagian dan skala Fahrenheit terbagi atas 180 bagian. Dengan demikian.

SOAL Contoh soal: Suhu suatu benda diukur dengan thermometer Fahrenheit menunjukkan skala 77°F. berapakah suhu benda itu jika diukur dengan thermometer Celcius? Berapakah suhu benda yang terukur oleh thermometer Celcius bila diukur dengan thermometer kelvin menunjukkan skala 281 K?   .